fbpx
Topik / Artikel
Tips June 22, 2020

Tips Pilih Hostel untuk Solo Traveler, Bikin Liburan Anti Was-Was

Bagikan

Singapura merupakan negara yang aman untuk solo traveler. Tingkat kejahatan rendah dan mudah menemukan tempat nyaman untuk bermalam. Termasuk pula di hostel yang merupakan penginapan berkonsep sharing. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih hostel untuk solo traveler. Sebaiknya perhatikan tips berikut agar liburan #SGB_Family anti was-was meskipun sendirian.

Quarters Capsule Hostel
Quarters Capsule Hostel (IG : stayquarters)

Sebagaimana liburan pada umumnya, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah budget atau anggaran selama perjalanan. Anggaran tersebut meliputi tiket pulang pergi, uang makan, biaya menginap, transportasi selama perjalanan, serta biaya tak terduga lainnya. Memilih tempat bermalam tidak harus mewah, tapi sesuai dengan anggaran yang disiapkan.

Hotel di Singapura termasuk aman, termasuk bagi solo traveler. Hampir semua hostel dilengkapi oleh alat keamanan 24 jam. Apalagi fakta menyebutkan jika Singapura merupakan negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia. Pastinya rasa was-was bakalan sirna.

MRT Chinatown
MRT Chinatown (IG : raramarcha)

Tidak hanya soal budget saja, tips pilih hostel untuk solo traveler juga perlu memperhatikan lokasi. Pilihlah yang berada di kawasan strategis atau sesuai dengan tujuan awal rencana perjalanan #SGB_Family. Alasan memilih lokasi strategis ini tidak hanya menghemat waktu, tapi juga bisa menekan pengeluaran sehingga simpanan biaya tak terduga lebih banyak.

Adler Hostel, di Chinatown
Adler Hostel, di Chinatown (IG : adlerhostels)

Sebagai contoh berencana untuk menjelajah seluruh sudut Bugis. Bond Boutique Capsule bisa menjadi pilihan. Tempat bermalam ini berada di dekat destinasi Masjid Sultan, bisa ditempuh sekitar 5 menit dari Stasiun Bugis dan berada di kawasan pusat kuliner halal di Bugis. Atau juga Adler Singapore yang berada di tengah-tengah Chinatown.

Dorm Sesuai dengan Jenis Kelamin
Dorm Sesuai dengan Jenis Kelamin (IG: hanlihoefer)

Liburan sendiri ke negara orang butuh tekat yang tinggi, apalagi bagi traveler wanita. Beruntungnya, Singapura sangat ramah kepada wisatawan wanita. Bahkan, angka pelecehan seksual di negara ini cukup rendah. Namun, untuk berjaga-jaga dan membuat nyaman selama tinggal di hostel, pilihlah ruang tidur sesuai dengan jenis kelamin dan hindari mengambil kamar campur.

Loker di Hostel untuk Solo Traveler
Loker di Hostel untuk Solo Traveler (IG : beatsportshostel)

Hindari pula meletakkan barang berharga di tempat yang tidak aman. #SGB_Family sebaiknya menyimpan barang berharga di loker berkunci yang disediakan oleh hostel. Hal tersebut menghindari tindak kejahatan yang bisa saja dilakukan oleh wisatawan lain.

Fasilitas Hostel untuk Solo Traveler
Fasilitas Hostel untuk Solo Traveler (IG : stayquarters)

Tips berikut memilih hostel untuk solo traveler adalah memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh pemilik hostel. Beberapa fasilitas ada yang disediakan gratis, tapi ada yang berbayar. Fasilitas gratis yang biasa disediakan oleh hostel adalah kamar mandi sharing, AC, ruang bersantai, dapur, air mineral, serta WiFi.

Sarapan ala Hostel
Sarapan ala Hostel (IG :monigallery)

Ada pula hostel yang menyediakan sarapan gratis, dan sebagian lainnya tidak. Sementara fasilitas berbayar hostel biasanya meliputi handuk dan sandal. Beberapa di antaranya juga memiliki area parkir berbayar dengan hitungan harian. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik sebelum memilih. Liburan senang, kantong pasti aman.

5footway.inn Project Boat Quay
5footway.inn Project Boat Quay (IG : iamsophiasanchez)

Tips terakhir agar liburan sendiri anti was-was adalah membaca semua review pengunjung lain yang telah bermalam di hostel pilihan #SGB_Family. Semakin banyak ulasan, hal tersebut juga semakin memudahkan untuk menentukan pilihan. Pastikan ulasan didapatkan dari situs terpercaya. Ulasan tidak hanya soal harga dan fasilitas saja. Perhatikan kebersihan hostel pilihan serta keramahan dari para staf.

Itulah dia tips memilih hostel untuk solo traveler. Kendati liburan sendiri, #SGB_Family bisa merasakan pengalaman seru. Seperti bertemu dengan teman baru di hostel pilihan. Bagaimana, sudah siap untuk jelajah Singapura sendirian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial