fbpx

Tips Liburan Naik MRT Singapura, Traveling Singkat Tetap Seru!

  • June 21, 2020
  • Dibaca 26 kali
MRT di Singapura

Singapura bukanlah negara yang luas, tapi semua hal tersedia di sini. #SGB_Family bisa menemukan banyak destinasi cantik, objek wisata gratis, kuliner enak, area belanja murah, tempat bermalam nyaman serta alat transportasi ramah kantong. Saat berbicara alat transportasi, MRT Singapura paling pas digunakan. Selain murah, juga mudah digunakan.

Nah, agar liburan yang telah direncanakan tidak mengecewakan. #SGB_Family wajib tahu beberapa tips naik MRT Singapura berikut ini. Pastinya liburan singkat tetap seru dan menyenangkan.

Peta MRT sebagai acuan liburan
Peta MRT sebagai acuan liburan (IG : singaporemalaysia_)

Transportasi di Singapura sebenarnya banyak. Namun, MRT Singapura merupakan transportasi utama yang lebih banyak digunakan. Meski mudah diakses, perlu pemahaman terlebih dahulu sebelum naik MRT. Salah satunya dengan belajar mengenal peta MRT Singapura. Di dalam peta tersebut berisikan jalur-jalur mana saja yang dilewati oleh kereta.

Redhill Stasiun
Redhill Stasiun (IG : nandaarsynt)

Setiap warna di peta menunjukkan jalur kereta. Seperti di ujung jalur warna hijau nomor 3 adalah Bandara Changi atau pertemuan warna kuning dan ungu di nomor 6 yaitu HarbourFront sebagai pintu menuju Pulau Sentosa. Ada pula lingkaran putih sebagai simbol stasiun transit untuk pindah jalur ke warna lain. Tak perlu khawatir, peta MRT Singapura dilengkapi dengan nama stasiun loh. Ada pula tanda stasiun yang terintegrasi dengan bus.

MRT Singapura
MRT Singapura (IG : zokyzoker)

Setelah mengenal betul letak stasiun dan jalurnya, baru kemudian menentukan destinasi tujuan. Agar liburan naik MRT Singapura lebih menyenangkan, sebaiknya pilih tempat wisata dekat dengan stasiun. Sebagai contoh Masjid Sultan yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Bugis.

Queenstown Station
Queenstown Station (IG : malanita7)

Perlu diingat, setiap daerah memiliki beberapa stasiun. #SGB_Family harus jeli untuk menghitung seberapa jauh lokasi destinasi tujuan dengan stasiun. Seperti berburu souvenir di Mustafa Centre yang berlokasi di Little India. #SGB_Family sebaiknya turun di Ferrer Park karena lokasinya lebih dekat dibandingkan turun di stasiun Little India. Begitu pula menentukan tempat bermalam. Usahakan cari yang juga dekat dengan pusat kuliner.

Standart Ticket
Standart Ticket (IG : anna_travelnail)

Sebelum naik MRT Singapura, penumpang harus memiliki tiket terlebih dahulu. Ada beberapa cara membeli tiket, yaitu secara manual atau membeli kartu langganan seperti EZ-Link atau Singapore Tourist Pass.

Untuk pembelian secara manual bisa dilakukan di mesin ticketing yang tersedia di semua stasiun. Bentuk tiket berupa kartu. Harga tiket sudah termasuk deposit $10 yang nantinya dikembalikan setelah mengembalikan kartu.

Singapore Tourist Pass
Singapore Tourist Pass (IG : techitadeb)

Sementara kartu EZ-Link dan Singapore Tourist Pass merupakan kartu prabayar atau e-money. Singapore Tourist Pass (STP) lebih diperuntukkan untuk turis dan ada pemberlakuan waktu pemakaian selama 1-3 hari. Pembelian STP ini bisa lewat online atau counter. Salah satunya counternya ada di Changi Airport. Harga STP yaitu 1 Day Pass ($10), 2 Day Pass($16), dan 3 Day Pass ($20). Saat memakai kartu ini, #SGB_Family tinggal memastikan uang cukup untuk membayar tiket.

Cara Penggunaan kartu
Cara Penggunaan kartu(IG : anna_travelnail)

Setelah tahu jalur dan cara membeli tiket MRT Singapura, berikutnya #SGB_Family harus tahu tata cara naik MRT. Dengan bermodalkan tiket, masuklah ke gerbang stasiun. Cari pintu masuk dengan tanda panah hijau. Kemudian, letakkan kartu pada bagian gambar kartu yang berada di tiang pintu sampai berbunyi beep. Tinggal masuk setelah pintu terbuka.

#SGB_Family bisa melanjutkan mencari jalur kereta sesuai tujuan dengan melihat warna setiap jalur. Kemudian mengantre dengan tertib di samping pintu sesuai dengan petunjuk anak panah. Setelah kereta sampai, biarkan penumpang di dalam kereta keluar terlebih dahulu. Kemudian masuk dengan tertib dan mencari kursi kosong. Hindari menduduki kursi reserved karena bangku tersebut dikhususkan untuk ibu hamil, orang tua, serta penyandang disabilitas.

Naik kereta dengan Tertib
Naik kereta dengan Tertib (IG : naifanny)

Semua MRT memiliki peraturan tersendiri. Seperti dilarang makan dan minum, serta merokok. Nah, jika was-was stasiun tujuan terlewati, perhatikan pengumuman stasiun dengan baik. Sebelum kereta berhenti, akan diumumkan nama stasiun pemberhentian. Pastikan turun dengan hati-hati dan cari pintu keluar. Jangan lupa tap kartu di pintu tersebut dan kembalikan jika membeli tiket secara manual.

Bagaimana, sudah siap untuk naik MRT di Singapura sekaligus jelajah tempat wisatanya? Pastikan rencana perjalanan #SGB_Family sesuai dengan budget ya! Ajak pula orang tersayang agar liburan makin menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×