fbpx

Peraturan F&B Terbaru di Fase 2 Singapura, No Music No Tester!

  • June 17, 2020
  • Dibaca 171 kali

Singapura akan memulai Fase 2 dalam dua hari lagi. Ada beberapa perubahan, dari tempat ibadah, sekolah, hingga bisnis bisa kembali beroperasi. Tentunya dengan beberapa syarat agar keadaan tetap terkendali. Salah satu yang bisa kembali dinikmati adalah makan di luar. Namun ada peraturan F&B terbaru, nih. Perhatikan, ya.


Fase 2 Singapura

Circuit Breaker Singapura

Seperti yang diketahui, Fase 2 Singapura akan dimulai pada tanggal 19 Juni 2020. Pada tahap ini, pertemuan sosial hingga lima orang sudah diperbolehkan. Bisnis retail sudah buka dan lima orang bisa duduk bersama. #SGB_Family juga bisa berkunjung ke rumah keluarga.

Perubahan lainnya, seperti taman bermain, pantai, gym, studio kebukaran juga sudah bisa beroperasi kembali. Berikut juga pusat perbelanjaan, namun tetap harus pada batas kapasitas. Pesannya, pemerintah tetap membutuhkan usaha kolektif setiap warga Singapura untuk terus bertanggung jawab secara social.

www.channelnewsasia.com

Hand Sanitizer

Hand Sanitizer yang benar (unsplash)

Selama Circuit Breaker, F&B hanya boleh menjual makanan atau minuman untuk dibawa pulang. Peraturan F&B terbaru saat pembukaan Fase 2 ini, retail sudah bisa mengizinkan pelanggan makan di tempat. Namun, tetap wajib menghindari tempat duduk yang ditandai untuk menjaga jarak.

Dilansir dari channelnewsasia.com, F&B juga akan dilengkapi dengan dispenser yang berisi hand sanitizer, ditempatkan di pintu masuk, pintu keluar dan lift lobby. Jumlah dispenser ini akan bergantung pada luas tempat makan. Jangan lupa, menggunakan masker tetap wajib saat keluar rumah, ya.

Tidak Ada Buffet (Prasmanan)

Buffet masih dilarang (unsplash)

Dilansir dari channelnewsasia.com, Singapore Tourism Board dan Singapore Food Agency memberikan panduan. Di antaranya adalah nggak boleh ada buffet atau prasmanan. Termasuk penggunaan fasilitas umum seperti dispenser umum atau bumbu, tidak boleh digunakan.

Hal ini juga berlaku untuk perusahaan katering yang menyediakan makanan. Solusinya adalah menyiapkan kemasan untuk perorangan. Cara ini dinilai lebih aman. Gerai yang memberlakukan konsep self service juga tidak diperbolehkan.

Tidak Ada Tester

Tidak boleh ada tester (Photo by Shane Rounce on Unsplash)

Peraturan F&B terbaru lainnya adalah tidak ada makanan tester. Meskipun gerai ritel fisik akan dibuka, namun sampel makanan atau minuman sudah tidak diperbolehkan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kontak fisik antara penjual dan pembeli.

Tidak ada Musik dan Pertunjukan

Konser di Singapura

Ada lagi yang perlu diperhatikan, tidak boleh ada musik dan pertunjukan. Hal ini dikarenakan pertunjukan hiburan bisa menarik kerumunan orang untuk berkumpul. Sehingga pasti lebih sulit untuk menjaga jarak aman dari orang lain.


Hal serupa berlaku untuk retail minuman seperti buble tea. Outlet minuman seperti ini sudah diperbolehkan beroperasi, namun pemerintah menghimbau lebih baik memesan untuk dibawa pulang. Lebih baik lagi jika memesan lewat delivery dan tetap di rumah saja.

Aturan ke Pasar

Antrian di Geylang Serai Market (IG:fatimulous16)

Beberapa waktu yang lalu, terbit peraturan untuk masuk ke pasar. Di antaranya Pasar Geylang Serai, Pasar Chong Pang, Pasar Blk Marsiling Lane, dan Jurong West di Street 52. Di Fase 2 Singapura, peraturan ini tetap sama.

Warga yang masuk empat pasar besar tersebut akan terus dibatasi beradasarkan angka terakhir dari nomor kartu identifikasi pelanggan. Yang perlu diingat, pelanggan juga dihimbau untuk menghindari kerumunan dan menjaga jarak aman saat melakukan transaksi di kios-kios pasar.

Peningkatan Standar Kebersihan

Peningkatan Standar Kebersihan Toilet (IPhoto by Twitter: @jankolario on Unsplash)

Peraturan F&B terbaru lainnya adalah peningkatan standar kebersihan. Semua pusat jajanan dan pasar akan terus memastikan semuanya bersih dengan standar yang leboh tinggi. Langkah-langkah pembersihan toilet dan area yang sering disentuh akan sangat diperhatikan.

Bakalan ada petugas penegakan jaga jarak yang aman dan duta besar akan terus dikerahkan di pusat jajanan dan pasar untuk memastikan siapapun tetap mematuhi peraturan baru ini.

Itulah beberapa peraturan F&B terbaru yang disesuaikan dengan Fase 2 Singapura. Diharapkan semua bisa patuh sehingga keadaan bisa tetap terkendali dan lebih cepat memulai Fase 3 new normal, ya. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial