fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 17, 2020

Air Asia Terbang Mulai 19 Juni, Ada Aturan Bagasi Baru!

Bagikan

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa Lion Air berhenti terbang hingga batas waktu yang nggak ditentukan. Berbeda dengan itu, maskapai budget dari Malaysia ini memutuskan terus mengudara. Air Asia terbang mulai 19 Juni 2020. Namun ada aturan baru mengenai bagasinya. Baca terus untuk keterangan lebih lanjut, ya.

Aturan Bagasi Saat Air Asia Terbang Lagi

Air Asia Terbang Lagi (IG:airasia)

Dilansir dari thejakartapost.com, maskapai Air Asia akan melanjutkan operasinya mulai 19 Juni 2020. Namun, maskapai beriaya rendah ini membatasi penumpang hanya dengan satu tas jinjing kecil sebagai bagian dari peraturan kesehatan dan keselamatan yang baru.

Tas tersebut harus berupa tas laptop atau tas tangan. Berat dari bawaan tersebut juga sudah ditentukan, yaitu maksimal seberat 7 kilogram saja. Ukurannya pun nggak boleh lebih dari 40x30x10 sentimeter. Kalau nggak sesuai, siap-siap saja barang bawaanmu bakalan masuk ke bagasi terdaftar.

Air Asia Terbang dengan Protokol Covid-19

Protokol Covid-19 (IG:airasia)

Seperti penerbangan lainnya, protokol Covid-19 juga dilaksankan oleh maskapai Air Asia. Penumpang harus memeriksa suhunya, menjaga jarak dengan penumpang lainnya. Siap sedia hadn sanitizer dan meminimalisir kontak fisik.

Selama terbang, penumpang diwajibkan menggunakan masker. Jangan lepaskan masker sebelum #SGB_Family sampai di tempat tujuan. Dianjurkan juga agar penumpang menyiapkan masker cadangan. Lebih baik bawa semua new normal starter pack untuk perlindungan lebih maksimal, ya.

Bagaimana dengan Makanan Pesawat?

Siap melayanai dengan protokol abru (IG:airasia)

Sempat diberitakan bahwa banyak maskapai yang menghilangkan fasilitas demi menghemat biaya operasional. Termasuk makanan dan minuman yang biasa menemanimu selama penerbangan.

Namun, nggak perlu khawatir. Air Asia masih tetap bisa menyediakan makanan dan minuman untukmu. Hanya saja, penumpang diharuskan memesan makanan dan minuman mereka melalui situs web maskapai atau aplikasi seluler setidaknya 24 jam sebelum terbang.

Prosedur Keselamatan Diperbarui

Protokol Keselamatan Air Asia (IG:airasia)

Meski Air Asia terbang di tengah pandemi seperti ini, perusahaan telah menyesuaikan protokol keselamatan dan kesehatan untuk menyelaraskan dengan peraturan terbaru pemerintah. Hal ini digodok selama Air Asia istirahat beberapa waktu lalu.

Protokol Air Asia (IG:airasia)

Disampaikan bahwa seluruh staf Air Asia, awak kabin, pilot diwajibkan menjalani pelatihan prosedur keselamatan intensif yang akan diperbarui tergantung pada kebijakan terbaru. Sehingga, saat Air Asia kembali mengudara, semua sudah siap dan aman.

Kembali Secara Bertahap

Kembali secara bertahap (IG:airasia)

Maskapai berbiaya rendah ini memustuskan kembali mengudara mulai 19 juni 2020 esok dengan beberapa rute domestik. Dijadwalkan hanya pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Tujuannya pun Jakarta – Bali – Jakarta dan Jakarta – Medan – Jakarta.


Penumpang bisa tenang karena maskapai ini telah mengeluarkan pedoman terbaru untuk penerbangan domestik dan internasional selama pandemi seperti sekarang ini. Syarat-syarat yang harus disiapkan oleh calon penumpang adalah:

  • Kartu Pengenal
  • Hasil tes PCR Covid-19 NEGATIF yang berlaku selama 7 hari
  • Atau hasi Rapid Tes Non Reaktif yang berlaku selama 3 hari
  • Penumpang menginstal aplikasi PeduliLindungi

Pengurusan Penerbangan yang Batal

Apakah #SGB_Family salah satu yang harus rela batal pergi karena penerbangan yang dicancel? Tenang saja, uang tiket nggak akan hilang, kok. Ada dua jenis kompensasi yang ditawarkan pada penumpang, yaitu akun kredit atau perubahan jadwal. Ini bisa dilakukan bagi pemegang tiket penerbangan 23 Maret hingga 31 Agustus 2020.

Perubahan jadwal terbang bisa diubah hingga tanggal 31 Oktober 2020 dengan rute yang sama. Pengubahan jadwal nggak terbatas dan gratis. Namun, harus sesuai dengan ketersediaan tempat duduk, ya.

Sedang, kompensasi akun kredit senilai dengan harga tiket bisa digunakan untuk pembelian tiket penerbangan lain dengan tanggal kapan pun, selama dua tahun dari tanggal pada tiket.

Perlu dicatat, kompensasi ini hanya untuk penumpang yang melakukan pembelian melalui airasia.com atau aplikasi resmi Air Asia. Jika #SGB_Family beli dari pihak ketiga atau OTA, maka bisa langsung menghubungi agennya.

Nah itulah informasi singkat tentang tanggal Air Asia terbang lagi dan aturan baru mengenai bagasinya. Nggak lelah SGB menyarankan agar #SGB_Family tetap di rumah saja jika nggak ada keperluan sangat mendesak. Sabar ya biar pandemi ini cepat selesai dan semua kembali normal. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×