fbpx

Fase 2 Singapura Dimulai Beberapa Hari Lagi, Sudah Siap?

  • June 15, 2020
  • Dibaca 193 kali

Siapa yang menunggu kabar gembira dari Singapura? Penantian #SGB_Family sudah berakhir nih. Fase 2 Singapura sudah didepan mata. Dalam tahap ini, bakalan lebih banyak pembatasan yang dibuka. Seperti boleh berkunjung, bisa makan di tempat. Apa lagi, ya? Baca terus untuk keterangan lebih lanjut, ya.

Fase 2 Singapura Dimulai Beberapa Hari Lagi

Flag of Singapore (unsplash.com)

Dilansir dari channelnewsasia.com disampaikan bahwa, gugus tugas telah menilai situasi terkini dan akhirnya mengambil keputusan. Singapura mengakhiri Circuit Breaker dan memulai Fase 1 yang disebut SAFE REOPENING.


Departemen kesehatan menyatakan, “Tingkat infeksi masyarakat secara umum tetap stabil meskipun ada peningkatan aktivitas di tempat kerja pada fase pertama pembukaan kembali. Kejadian kasus di asrama pekerja migran juga menurun, dan tidak ada kelompok besar baru yang muncul.”

Fase 2 Singapura, yaitu pembukaan kembali negara akan dimulai setelah 18 Juni 2020, 11.59 malam. Hal ini diumumkan oleh saturan tugas multi-kementerian pada Senin, 15 Juni 2020.

Perkembangan Insiden Pekerja Migran

Pekerja Asing

Menteri Kesehatan, Gan Kim Yong juga memberikan kepastian bahwa sebagian besar kasur terdeteksi sebagai hasil skrining aktif pekerja, serta kontak. Insiden kasus di asrama pekerja migran juga telah menurun dan di bawah kendali. Nggak ada lagi indikasi cluster besar baru yang muncul. Namun Mr Yong juga memperingatkan agar tetap waspada.

Fase 2 Singapura segera dilaksanakan ini juga demi warga Singapura. Pemerintah ingin memungkinkan kegiatan ekonomi dan masyarakat tetap berlanjut, namun tetap berharap keadaan bisa terkendali.

Disampaikan juga bahwa keputusan ini merupakan keseimbangan yang sangat halus, dan untuk berhasil, pemerintah tetap membutuhkan upaya kolektif setiap warga Singapura untuk terus bertanggung jawab secara sosial.

Apa yang Terjadi Saat Fase 2 Singapura

Budaya Hawker Center Singapura

Lalu apa aja yang berubah saat Fase 2 Singapura dimulai? Ini daftarnya:

  • Pertemuan sosial kecil hingga lima orang dapat dilanjutkan. Rumah tangga bisa menerima lima tamu sekaligus
  • Bisnis ritel dapat buka lagi, lima orang bisa duduk bersama dengan meja terpisah 1 meter. Musik dan live music tidak diizinkan
  • Kuliah dan kelas pengayaan pribadi bisa dilanjutkan. Kecuali kelas menyanyi.
  • Semua layanan kesehatan, perawatan orang tua dan individu akan dilanjutkan
  • Layanan estika bisa dibuka
  • Kunjungan ke panti jompo bisa dilakukan
  • Taman bermain, pantai, lapangan, gym, studio kebugaran, bowling, bisa dibuka
  • Tempat publik lebih besar seperti pusat perbelanjaan, outlet akan tunduk pada batas kapasitas. Pengelola akan diminta untuk mencegah kerumunan atau antrian panjang.

Fase 2 Singapura: Peraturan Baru

Hawker Centre (IG:travelweefme)

Nggak cuma individu, langkah-langkah manahemen aman lainnya juga harus dilakukan oleh pelaku bisnis. Daftar lengkap bisnis yang diizinkan untuk beroperasi lagi dapat ditemukan di situs web Departemen Perdagangan dan Industri. Nggak perlu mengajukan permohonan, ya.

Syarat lainnya, pelaku bisnis harus menyerahkan jumlah pekerja yang bekerja di lokasi melalui portal Gobusiness dalam waktu dua minggu sejak tanggal buka. Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol kontak fisik antar individu. Telecommuting harus tetap menjadi standar untuk semua bisnis yang memungkinkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Kelas (unsplash)

Salah satu hal yang harus dipatuhi secara kolektif, yaitu pelaku bisnis dan warga Singapura adalah menjaga jarak. Terlebih dalam acara makan-makan di hawker centre, kelas, atau di manapun tempat berkumpul.

Namun syarat menjaga jarak sejauh satu meter bisa dicabut jika yang berkumpul nggak lebih dari lima orang, dan tunduk pada keamanan keseluruhan. Himbauan selanjutnya bakalan diberikan dalam beberapa hari mendatang, sebelum Fase 2 Singapura dimulai.

Tetap Waspada

Tetap pakai masker (unsplash)

Lawrence Wong menyatakan, Fase 2 Singapura tidak boleh diperlakukan sebagai tanda bahwa kita semua bisa santai, dan membiarkan pertahanan turun.

“Saya pikir jika kita mengambil pola pikir dan sikap seperti itu, akan sangat mudah bagi Fase 2 untuk berakhir dengan lonjakan kasus dan berpotensi menurun, kemungkinan harus memperkenalkan kembali pembatasan.”

Pembukaan Fase 2 sangat luas, sehingga sangat sulit mencoba membuat aturan untuk semuanya. Sedang, jika ada aturan, orang akan cenderung mencari celah dan melanggarnya.

“Anda bisa mengelabui aturan tetapi Anda tidak bisa menipu virus. Jika Anda melanggar aturan, virus akan sampai ke Anda. Maksud dan tujuan dari aturan dan peraturan adalah untuk melindungi Anda dan tidak hanya untuk menghukum Anda,” katanya Mr Wong.

Nah, benar-benar kabar yang ditunggu-tunggu, kan? #SGB_Family yang berada di Negeri Singa, bisa kembali beraktivitas lebih luas dengan dibukanya Fase 2 Singapura ini. Semoga tetap tertib dan lanjut ke Fase 3 secepatnya, ya. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial