fbpx
Topik / Artikel
Kuliner June 14, 2020

Kenalan dengan Teh Tertua di Chinatown, Ada Sejak Tahun 1925

Bagikan

Trend kopi kekinian yang dikemas dalam gelas bahkan botol kini menjadi favorit. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba meminum teh tertua di Chinatown yang sudah puluhan tahun berjualan. Apalagi kalau bukan Pek Sin Choon yang ternyata masih ramai dikunjungi pelanggannya. Seperti apa bentuk dari teh bernilai sejarah tinggi ini? Dan bagaimana rasanya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kedai Teh tertua di Chinatown
Kedai Teh di Chinatwon (IG : doreen.lim.15)

Pek Sin Choon merupakan kedai teh tertua di Chinatown yang menggunakan daun dari China. Didirikan pada tahun 1925 oleh Pek Kim Aw, dan kini dikelola oleh generasi ketiganya, yaitu Kenry Peh. Meski telah berganti tangan, rasa teh racikannya dinilai tak berubah. Hal ini tidak lain karena proses pembuatan racikan masih sama seperti resep turunan dari tetuanya. Tidak heran jika pelanggan setia masih datang ke sini.


Teh Pek Sin Choon
Teh Pek Sin Choon (IG : banbi4649)

Hampir satu abad berdiri, Pek Sin Choon telah mengalami pasang surut keadaan, seperti Perang Dunia, kemerosotan ekonomi, dan beberapa penggusuran. Namun, hingga saat ini tetap berdiri bahkan menjadi pemasok teh ke restoran serta hotel ternama di Singapura. Beberapa di antaranya merupakan restoran Bak Kut Teh. Hal ini karena teh sangat sempurna diseruput usai menyantap sup daging babi berkaldu tersebut.

Nah, untuk varian teh yang tersedia di sini, antara lain Bi Luo Chun Green Tea ($49.80), Su Xin Lan ($99.80), Lang He Cooked Puer Cake ($88.00), Feng Huang Dan Cong ($49.80), dan masih banyak lagi lainnya. Semua varian memiliki warna, aroma dan rasa berbeda.

Proses pembuatan teh
Proses pembuatan teh (IG : chinatowncrossings)

Teh di Pek Sin Choon diracik oleh beberapa pegawai yang sudah berumur. Mereka meramu setiap helai daun tanpa menggunakan mesin untuk membuat teh berkualitas. Racikan tersebut dikemas dalam kertas merah mudah tradisional. Sementara bahannya diambil dari beberapa petani yang telah puluhan tahun bermitra dengan kedai ini. Beberapa di antaranya merupakan petani teh di Fujian dan Yunnan.

Racikan Membuat Teh
Racikan Membuat Teh (IG : sweetmantalking)

Lokasi kedai teh tertua di Chinatown ini berada di 36 Mosque Street. #SGB_Family bisa naik MRT dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Nah, untuk stasiun terdekat dengan Pek Sin Choon ini adalah Chinatown. Dari pintu keluar stasiun, butuh waktu sekitar 5 menit dengan berjalan kaki untuk sampai di kedai.

Pek Sin Choon
36 Mosque Street, Singapore
8.00am - 7.00pm (Libur Hari Minggu)
Chinatown
http://peksinchoon.com/

Selain bisa menyeruput langsung di lokasi, #SGB_Family juga bisa membawa Pek Sin Choon sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Nah, saat traveling ke Singapura, jangan lupa mampir ke kedai teh tertua di Chinatown ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial