fbpx

11 Tempat Rawan Terinfeksi Covid-19, Wajib Ekstra Waspada!

  • June 12, 2020
  • Dibaca 148 kali

Beberapa batasan sudah dibuka. Perlahan, #SGB_Family bisa kembali beraktivitas. Namun yang perlu diingat, virus masih berada di luaran sana. Masing-masing bertanggungjawab atas diri sendiri. Jika harus berada di 11 tempat rawan terinfeksi Covid-19, wajib lebih waspada. Di mana saja?

Salah satu tempat rawan terinfeksi Covid-19 adalah konser musik. Dilansir dari mlive.com, para ahli memberi skor 9 pada tempat ini. Khususnya konser besar dengan banyak orang. Meskipun diadakan di luar ruangan, risiko menularkan sangat tinggi.

Seperti berada di bar, mereka yang menonton konser musik biasanya ditemani dengan alkohol. Tingkat kewaspadaan akan menurun jika mabuk. Namun yang paling berbahaya adalah bernyanyi. Mereka yang berteriak atau bernyanyi berpotensi memancarkan virus ke sekitar.

Gym mendapat skor 8 sebagai tempat umum yang rawan terinfeksi virus. Mirip dengan bernyanyi, orang mengeluarkan napas berat saat berolahraga. Dan sangat sulit jika harus tetap mengenakan masker saat olahraga.

Gym (Photo by Risen Wang on Unsplash)

Jika #SGB_Family merasa harus berolahraga di Gym, para ahli menyarankan agar menggunakan peralatan individu. Jangan lupa untuk menyekanya dengan disenfektan terlebih dahulu. Hindari berolahraga berkelompok sepertu zumba, dan lain-lain.

Tempat Ibadah (Photo by Akira Hojo on Unsplash)

Seperti yang diketahui, banyak kasus awal yang terinfeksi saat sedang berada di tempat ibadah. Risiko bisa dikurangai jika kursi di dalam gereja diatur. Dan nggak lupa semua mengenakan masker. Jika bernyanyi bersama, maka risiko meningkat menjadi lebih tinggi.

Untuk masjid, mungkin himbauan untuk tidak bersalaman dan membawa alat ibadah sendiri. Mungkin banyak orang akan keberatan, namun para ahli menyatakan bahwa ini adalah kebenaran.

Buffet (Photo by Asiya Kiev on Unsplash)

Kalau #SGB_Family menginap di hotel, wajib waspada lebih saat menikmati sarapan ala buffet, ya. Konsep makanan prasmanan lebih berbahaya dari pada restoran biasa.

Banyak orang akan berkeliling dan berbicara di depan makanan. Peralatan makan pun digunakan bergantian. Jika pihak hotel memberlakukan pergantian alur dan aturan jumlah tamu yang masuk, mungkin risiko bisa diperkecil.

Kolam renang umum (Photo by Etienne Girardet on Unsplash)

Masih ingat kan berita tentang expat Singapura yang membayar ratusan juta rupiah untuk sewa kolam renang khusus untuk keluarganya karena public pool telah ditutup? Karena tentu nggak bisa berenang dengan menggunakan masker.

Para dokter menyatakan, nggak ada cara membuat kolam renang umum menjadi tempat yang lebih aman. Ditambah lagi, belum adanya data bagaimana virus berperilaku di dalam air.

Kelas dalam sekolah (Photo by NeONBRAND on Unsplash)

Sekolah mendapat skor 7 sebagai tempat rawan terinfeksi Covid-19. Ada banyak faktor di sekolah yang mengakibatkan risiko menjadi lebih tinggi. Para murid sering berkumpul dalam waktu yang lama.

Ditambah lagi, rasanya cukup sulit mengatur anak-anak agar patuh pada semua himbauan, seperti terus menggunakan masker, jaga jarak, atau mencuci tangan dengan benar.

Indoor Cafe (Photo by Toa Heftiba on Unsplash)

Tempat rawan terinfeksi Covid-19 lainnya adalah restoran indoor. Hal ini dikarenakan udara di dalam ruangan tidak berganti, seperti halnya outdoor. Ditambah lagi, orang biasanya melepas masker ketika berada di dalam ruangan. Memudahkan virus untuk menyebar.

Jika harus pergi ke restoran, para ahli menyarankan untuk milih meja yang tidak ramai dilewati orang lain. Pastikan juga mejamu dekat dengan pintu masuk atau kamar mandi.

Salon (Photo by Aw Creative on Unsplash)

Salon atau barbershop adalah tempat di mana sangat sulit melakukan jaga jarak. Staff akan berada sangat dekat dengan customer. Tidak ada cara untuk mengurangi risiko.

Kalau memang harus potong rambut, pastikan kamu memesan janji temu paling awal, di mana belum ada tamu lainnya. Dan lupakan menggunakan pengering rambut di salon, ya. Lakukan sendiri di rumah agar lebih aman.

Bioskop (Photo by Krists Luhaers on Unsplash)

Para ahli memberi skor 6 pada tinggak kerawanan bioskop. Sangat susah membuat bioskop menjadi lebih aman. Harus ada jarak pada setiap orang, harus tetap menggunakan masker saat menonton, dan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Untuk sementara, #SGB_Family bisa nonton film dari rumah saja agar terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan, ya. Ada banyak hal seru di rumah yang bisa dilakukan juga bareng keluarga.

pesawat
pesawat (unsplash)

Ada banyak hal yang bisa terjadi di udara. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko adalah menghilangkan bangku tengah, sehingga tercipta social distancing. Juga menyeka permukaan tempat duduk penumpang. Udara pun disaring dengan baik di dalam pesawat.

Namun banyak penumpang yang masih abai dan tidak mengenakan masker saat terbang. Terlebih jika ada penumpang yang sedang sakit.

Mall (Photo by Marcin Kempa on Unsplash)

Tempat rawan terinfeksi Covid-19 lainnya adalah mall atau pusat perbelanjaan. Skor dari risikonya adalah 5. Para ahli menyatakan jika pihak pengelola disiplin tentang permberlakukan protokol masuk, seperti cek suhu, penggunaan masker dan membatasi jumlah orang yang masuk, maka risiko bisa jadi lebih rendah.

Itulah beberapa tempat rawan terinfeksi Covid-19 karena banyaknya orang yang berkunjung dan hampir mustahil melakukan pencegahan. Jika harus berkunjung, pastikan melakukan perlindungan ekstra, ya. Stay safe, #SGB_Family!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial