fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 12, 2020

Singapura Siap Buka Pintu untuk Semua, Kapan Nih?

Bagikan

Ada banyak kabar baik datang di bulan ini. Semuanya tampak membaik. Setelah Circuit Breaker Singapura, Fase 2 pun kabarnya bakalan dimulai lebih cepat. Kabar terbaru, Singapura siap buka untuk semua. Kapan nih bakalan terjadi? Baca keterangan lengkapnya, ya.

Singapura Siap Buka Pintu

Flag of Singapore (unsplash)

Dilansir dari bloomberg.com, Lawrence Wong menyatakan bahwa Singapura berada di jalur yang tepat untuk membuka lebih banyak batasan. Termasuk pada perusahaan dan masyarakat pada akhir Juni. Diharapkan bahwa seluruh perekonomian juga akan dibuka kembali pada fase tersebut.


Lawrence Wong menyatakan,”Dengan dimulainya fase dua, kami berharap hampir seluruh perekonomian akan dibuka kembali – toko, F&B, makan malam, interaksi sosial, tetapi akan ada batasan jumlah orang yang dapat berkumpul.”

Singapura Berhasil Mengendalikan Covid-19

Update Covid-19 di Singapura (CNA)

Saat berita ini ditulis, kasus Covid-19 di Singapura mencapai hampir 40 ribu jiwa. Sebelas ribu di antaranya masih berada di dalam isolasi, dan 227 orang yang berada dalam perawatan rumah sakit. Sedang, ada 25 kematian karena virus ini.

Meski menjadi salah satu negara ASIA dengan kasus positif terbanyak, Singapura dianggap berhasil mengendalikan Covid-19. WHO pun sempat memuji bagaimana Negeri Singa menanangani wabah ini.

Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura

Pekerja Asing (CNA)

Banyaknya pertambahan kasus Covid-19 di Singapura berasal dari pengujian agresif di asrama pekerja migran. Langkah-langkah yang ketat pun terus dilakukan, termasuk menjaga jarak. Dengan kesehatan yang lebih memadai, maka ada banyak ruang untuk pekerja kembali ke negaranya.

Salah satu caranya dengan pengujian berkonsep drive thru. Sehingga, petugas kesehatan tidak perlu berdekatan dengan mereka yang sedang diuji. Hal ini diharapkan bisa menghindari penularan.

Jalur Cepat

Jalur Cepat Singapore – China (unsplash)

Seperti yang diketahui, banyak ekspatriat (pemegang izin kerja) sedang berada di luar negara atau kota karena Singapura memberlakukan Circuit Breaker beberapa waktu lalu. Namun tak perlu khawatir, karena kini sudah ada jalur cepat antara Singapura – China.

Pemerintah sudah menyediakan lebih banyak ruang karantina. “Dengan semua itu ada, kami pikir ada ruang bagi kami untuk dapat memungkinkan pemegang izin jangka panjang – pemegang izin kerja yang berakar dalam di Singapura – untuk kembali selama periode waktu tertentu.” jelas Lawrence Wong.

Pemulihan Ekonomi di Singapura

Class (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)

Singapura siap buka untuk semua. Ketika ekonomi mulai membaik, sekolah dan tempat kerja juga lebih banyak yang dibuka kembali secara bertahap. Meski begitu, Mr Wong menyampaikan bahwa warga Singapura harus bersiap dengan perubahan besar.

Di antaranya adalah norma-norma sosial untuk segara sesuatu, seperti jaga jarak, kebersihan, kehidupan di kantor dan tempat bermain. Sementara itu, pariwisata dinilai akan lebih memakan waktu untuk kembali pulih.

Fase 2 Pasca Circuit Breaker

Circuit Breaker SG (IG:@j.osh)

Pada Fase 2, bakalan lebih banyak bisnis seperti gerai ritel dan pusat kebigaran yang bisa melanjutkan beroperasi. Rumah mungkin bisa menerima kunjungan hingga lima orang per harinya. Hawker center dan restoran bakalan buka lagi. Namun perlu diperhatikan, meja terpisah, paling tidak satu meter dan tidak lebih dari lima orang.

Pemerintah memperkirakan konstraksi ekonomi setahun sebanyak 7%. Telah diumumkan juga empat paket stimulus, dengan total bantuan S$ 92, 2 miliar untuk warga Singapura. Dukungan tersebut untuk rumah tangga dan perusahaan.

Kontak Pelacak

Aplikasi ( (apk.support)

Selain kabar Singapura siap buka untuk semua negara, ada perkembangan lain yang nggak kalah penting. Akhir bukan Juni 2020, Singapura bakalan memberikan bacth pertama alat pelacak kontak portable, sebagai ganti dari aplikasi yang dinilai tidak akurat.

Alat ini memiliki kemampuan memantau penyebaran virus. Hal ini disampaikan oleh Mr Wong. Masih belum ada peraturan bahwa alat ini akan diwajibkan. Namun akan disampaikan betapa alat ini sangat penting. Sehingga tak perlu hukum wajib agar masyrakat menggunakannya.

Itulah beberapa update terbaru. Singapura siap buka pintu untuk semua, nih. Waktunya rencanakan perjalanan dari sekarang, nih. Jangan lupa ya untuk praktekkin travel hacks biar liburanmu nggak menghabiskan tabungan. Sudah siap jelajah Singapura lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial