fbpx

8 Travel Hacks, Anti Bayar Saat Traveling karena Bisa Dapat Gratis!

  • June 11, 2020
  • Dibaca 77 kali

Sudah baca tips traveling low budget antimainstream versi SGB? Mulai kapan harus liburan, menginap di mana bisa diatur sedemikian rupa agar low budget. Namun, semuanya percuma saja kalau ternyata #SGB_Family tetap boros saat berada di negara atau kota tujuan. Padahal, ada banyak hal yang nggak perlu kamu bayar, lho. Kamu bisa dapat 8 travel hacks. Pokoknya anti bayar saat traveling! Apa saja?

Morning Coffee

Bawa kopi sendiri (IG;Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash)

Siapa nih yang nggak bisa memulai hari tanpa kopi? Sama! Pasti ada cafe atau kopi enak di negara tujuan liburanmu. Namun, kamu bisa bangkrut kalau harus ngopi tiap hari. Travel hacks yang pertama: bawa kopi sendiri.

Beruntung kalau hotel atau hostelmu menyediakan kopi gratis. Kalau tidak? Nah, daripada mood jelek karena kurang kopi, bawa sendiri kopi favoritmu. Tinggal cari air panas deh. Bahkan ada banyak minimarket yang menyediakan air panas gratis, lho. Jangan lupa bawa juga tumbler kesayanganmu, ya.

Laundry

Cuci baju sendiri (Photo by Dan Gold on Unsplash)

Anti bayar laundry saat traveling! Kecuali kamu harus menghadiri pertemuan atau pesta maha penting, nggak perlu laundry, kok. Jangan malas dan tergiur meski hotel atau hostel tempatmu menginap menawarkan potongan harga untuk laundry. Kamu bisa mencuci sendiri baju dan pakaian dalammu setiap hari.

Pastikan nggak lupa membawa deterjen sendiri dalam botol kecil. Hindara membawa sabun cuci berbentuk cair, karena lebih mudah tumpah atau bocor saat berada di dalam tas. Manfaatkan kamar mandi untuk menjemur, ya.

Makan Siang

HIndari makan di cafe (Photo by Gardie Design & Social Media Marketing on Unsplash)

Travel hacks lainnya adalah hindari makan siang di cafe. Selain wajib memilih kamar dengan sarapan, pastikan juga #SGB_Family mempertimbangkan masalah makan siang. Kamu bisa membawa bekal roti atau sandwich di dalam tas. Kelaparan yang datang saat keliling kota, nggak harus mampir dan keluar uang di cafe, kan?

Cari tahu apakah hotel tempatmu menginap menyediakan dapur. Biasanya hostel yang menyediakan fasilitas ini. Kamu bakalan jauh lebih hemat, deh!

Air Minum

Tumbler ((IG:lavvcreations)

Jangan lupa bawa tumbler kesayanganmu! Penuhi dengan air yang disediakan di hotel atau hostel tempatmu menginap sebelum jalan-jalan. Kamu bisa mengisi ulang juga, kok. Di negara-negara tertentu, banyak tempat yang menyediakan air minum gratis.

Transportasi

Utamakan jalan kaki (Photo by Tyler Nix on Unsplash)

Kamu juga bisa menghemat saat traveling dengan tidak naik kendaraan sama sekali, meski sarana umum. Kuncinya, #SGB_Family wajib memilih tempat menginap yang dekat dengan wisata yang ingin dikunjungi.

Pastikan jaraknya bisa ditempuh dengan jalan kaki dan aman. Cek juga jarak dari tempat wisata satu ke yang lainnya. Kamu bisa merangkai itinerary-mu saat perencanaan liburan. Nah, jangan lupa mengenakan alas kaki super nyaman, ya. Travel hacks satu ini juga bikin kamu sehat!

Handuk dan Selimut

Hindari sewa handuk (unsplash)

Hostel memang lebih murah daripada hotel. Namun, ada juga kekurangannya. Tempat menginap jenis ini biasanya nggak menyediakan handuk, ataupun selimut secara gratis. Tapi, kamu bisa menyewanya.

Nah, geng anti bayar saat traveling juga bisa kok mengakali hal ini. #SGB_Family bisa membawa handuk kecil. Jangan lupa untuk selalu menjemur setiap selesai digunakan. Untuk mengganti selimut, siapkan baju lengan panjang dan celana tidur. Pernah terpikir travel hacks yang satu ini?

Tempat Wisata dan Hiburan

Cari tahu jadwal acara tahunan (Photo by Debashis Biswas on Unsplash)

Travel hacks selanjutnya yang nggak kalah penting adalah mencari tempat wisata gratis! Jangan malas riset, ya. Di setiap negara, ada banyak tempat wisata gratis. Kalaupun ada satu tempat wisata impian yang ingin dikunjungi namun berbayar, #SGB_Family bisa mengalokasikan dana tertentu. Namun, pastikan hiburan lainnya gratis.

Rajin cek dari website resmi masing-masing tempat wisata yang ingin dikunjungi. Biasanya ada hari-hari khusus untuk promo, bahkan gratis. Mau liburan lebih berkesan? Cari tahu kapan upacara atau kegiatan tradisi dilaksanakan. Itu akan menjadi hiburan yang nggak akan terlupakan.

Bagasi

Bawa barang seperlunya (Photo by Alice Donovan Rouse on Unsplash)

Kenapa harus bayar bagasi kalau bisa gratis? Kuncinya adalah hanya membawa barang penting dan bisa dipakai berkali-kali. Sebagai contoh, pilih celana paling nyaman dengan warna netral. Sehingga kamu bisa memadukannya dengan atasan warna apapun. Begitupun dengan jilbab bagi traveler muslim, ya.

Perlu diingat, biasanya maskapai hanya menyediakan bawaaan kabin seberat 7kg. Pastikan kamu cek dulu sebelum berangkat, ya. Kamu bisa membagi bawaanmu dengan tas tangan. Backpack pun jadi lebih ringan.

Nah itulah 8 travel hacks yang bisa langsung dicoba. Mana suara geng anti bayar saat traveling? Kalau bisa gratis, kenapa nggak? Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×