fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 11, 2020

Area Transit Changi Airport Dibuka, Untuk Siapa Saja?

Bagikan

Seperti yang sudah diketahui, setelah Circuit Breaker berakhir, Singapura membuka batasannya secara perlahan. Setelah mengumumkan jalur hijau Singapura – China, kini ada kabar bagus lainnya. Area transit Changi Airport telah dibuka. Namun, siapa saja nih yang bisa masuk? Apakah bebas? Baca untuk keterangan lebih lanjut yuk.

Area Transit Changi Airport Sudah Dibuka

Area transit Changi yang baru (straitstimes.com)

Dilansir dari straitstimes.com, Changi Airport telah menyiapkan Transit Holding Areas (THA) baru di Terminal 1 dan 3. Saat ini, Changi telah bersiap untuk menyambut kembali penumpang secara bertahap. Dimulai dari penumpang transit. Seperti yang diberitakan, area ini ditutup untuk meminimalisir penularan Covid-19.


Siapa Saja yang Diperbolehkan Transit?

Changi Airport (unsplash.com)

Melalui update di website resminya pada tanggal 10 Juni 2020 kemarin, Singapore Airlines menyatakan bahwa penumpang bisa mulai area transit Changi Airport dibuka, hanya dari kota-kota tertentu. Saat ini hanya dari Australia dan New Zealand, menuju kota apapun yang ada di dalam jaringan Singapore Airline atau yang dioperasikan oleh SIA, Silk Air, atau Scoot.

Perlu dicatat, penerbangan transit hanya untuk perjalanan ke Austalia, Adelaide, Brisbane, Melbourne, Perth, Sydney, serta kota-kota di New Zealand, Auckland, dan Christchurch. Peraturan ini akan berlaku mulai hari ini, 11 Juni 2020.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Menggunakan masker selalu (unsplash.com)

Area transit Changi Airport telah dibuka, namun bukan berarti siapa saja bisa memasukinya. Penumpang harus memastikan mereka telah memenuhi persyaratan masuk ke kota atau negara tujuan akhir mereka.

Perlu dicatat juga, transfer ke dan dari penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai lain saat ini tidak diizinkan. “Sejalan dengan persyaratan peraturan, penumpang transit dan non-transit akan dipisahkan di Bandara Changi. Ini untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan dan staf kami,” kata operator.

Protokol Masuk Area Transit Changi Airport

Cek suhu (Photo by Anton on Unsplash)

Changi Airport Group memberitahu bahwa pada saat kedatangan, penumpang yang terbang melalui Changi bakal dipandu ke terminal transit. Area ini hanya dibuka untuk penumpang transit dan staf resmi bandara.

Penumpang tetap harus melewat serangkaian protokol. Seperti pengecekan suhu yang dilakukan di pintu masuk. Penumpang menggunakan masker, sedang staf lengkap dari makser, pelindung wajah, dan sarung tangan.

Fasilitas di Area Transit

Selalu dibersihkan secara berkala (ST)

Fasilitas yang disediakan di area transit Changi Airport meliputi tempat duduk yang nyaman, area delay, hiburan ringan dan tempat bermain. Tenang saja, area-area di kawasan ini akan dibersihkan dan disinfektan secara teratur.

Penumpang juga bisa membeli makanan ringan, camilan, dan minuman di tempat. Mereka juga bisa melakukan belanja bebas pajak dengan bantuan staf. Barang belanjaan pun akan dikirimkan dengan aman.

Maskapai Selain Singapore Airlines

Singapore Airlines (unsplash.com)

Memang untuk saat ini, Area transit hanya dibuka untuk penerbangan dengan Singapore Airlines, Silk Air, Scoot. Itupun dengan tujuan dan asal dari negara dan kota-kota tertentu.

Namun, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura telah mengunang maskapai penerbangan untuk mengajukan proposal mereka. Kemudian akan dilakukan evaluasi berdasarkan keselamatan penerbangan, pertimbangan kesehatan masyarakat, serta kesehatan penumpang dan awak pesawat.

Kemerosotan Operasional Changi

Changi Airport (unsplash.com)

Menteri Transportasi, Khaw Boon Wan menyatakan bahwa Changi Airport kini hanya menangani 100 kedatangan dan 700 penumpang keberangkatan per hari. Sedang, biasanya ada 170.000 penumpang dan 7.400 penerbangan per harinya.

Namun sudah ada tanda-tanda pemulihan. Beberapa negara mulai membuka batasannya, Changi Aiport pun dibuka. Salah satunya untuk penumpang jalur cepat antara Singapura dan China. Untuk sementara, hal ini hanya diterapkan ke Singapura dan enam prvisi di bawah China, yaitu Shanghai, Tianjin, Chongqing, Guangdong, Jiangsu, dan Zhejiang.

Itulah update terbaru tentang Singapura. Area transit Changi Airport yang telah dibuka ini semoga menjadi awal baik ya. Siapa nih yang udah kangen sama Singapura? Mau ke mana dulu nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial