fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 10, 2020

Percobaan Obat Covid-19 pada Manusia di Singapura, Kapan Bisa Dibeli?

Bagikan

Seperti yang diketahui, hampir seluruh negara di dunia sedang berperang melawan Covid-19. Ada negara bebas Covid-19 seperti Taiwan, disusul oleh New Zealand. Ada pula yang masih berusaha mencari vaksinnya. Kabar terbaru, percobaan obat Covid-19 pada manusia pertama sedang dilakukan Singapura. Bagaimana hasilnya?

Puluhan Sukarelawan

Percobaan obat (Photo by Sara Bakhshi on Unsplash)

Dilansir dari mothership.sg, ada sebanyak 23 sukarelawan sehat terpilih untuk bergabung dalam uji keamanan klinis untuk obat antibodi. Obat inilah yang nantinya akan berpotensi menjadi pengobatan yang layak untuk pasien Covid-19.

Ini merupakan pertama kalinya percobaan obat Covid-19 pada manusia untuk perawatan Covid-19 yang disetujui di Singapura. Uji coba keamanan klinis Fase 1 akan dimulai minggu depan dan akan berlangsung secara enam minggu lamanya.

Berapa Lama Antibodi Akan Aktif?

Obat Covid-19 (IG;Photo by CDC on Unsplash)

Tychan, sebuah perusahaan biotek yang berada di belakang perawatan ini. Dinyatakan juga dalam konferensi video pada 10 Juni 2020, bahwa jika percobaan obat Covid-19 pada manusia ini terbukti berhasil, maka bisa untuk perlindungan sementara terhadap Covid-19.

Hal ini juga diamini oleh ahli penyakit menular, Ooi Eng Eong, yang juga pendiri Tychan. Ooi Eng Eong juga menyatakan bahwa obat antibodi cenderung efektif sekitar dua hingga tiga minggu per dosis.

Apa Nama Obatnya?

Obat Covid-19 (Photo by pina messina on Unsplash)

Tychan menyatakan bahwa mereka mulai memproduksi obat ini sejak 25 Februari 2020 lalu. Bahkan sudah ada namanya, yaitu TY027. Obat ini diharapkan bisa menguragi banyak masalah yang dihadapi saat ini. Salah satunya adalah rumah sakit yang memiliki ventilator terbatas.

Seperti yang diketahui, virus Covid-19 menyerang paru-paru. Beberapa pasien yang sembuh dalam waktu lama pasti memerlukan ventilator. Tanpa alat tersebut, pasien bisa meninggal. Begitu yang disampaikan oleh Ooi, yang juga seorang profesor dan wakil direktur program penyakit menular yang sedang berkembang di Duke-NUS Medical School.

Kapan Obat Bisa Didapatkan?

Percobaan vaksin (Photo by Chang Duong on Unsplash)

Meski percobaan obat Covid-19 pada manusia sudah dicoba di Singapura, namun #SGB_Family masih harus terus bersabar. Ooi menyatakan bahwa hasil uji coba klinis Fase 1 akan menentukan kapan obat tersebut dapat diberikan. Akan ada lebih banyak tes yang dilakukan oleh unit kedokteran investigasi SingHealth.

Proses ini masih bisa memakan waktu berbulan-bulan. Fokus percobaan obat Covid-19 pada manusia ini adalah evaluasi keamanan obat dan bagaimana tubuh bereaksi terhadapnya.

Lebih Cepat Daripada Umumnya

Percobaan obat Covid-19 pada manusia (Photo by Hyttalo Souza on Unsplash)

Namun #SGB_Family bisa sedikit lebih tenang. Ternyata perkembangan obat ini termasuk lebih cepat dari yang lainnya. Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Dewan Pengembangan Ekonomi dan lembaga pemerintah lainnya juga terlibat dalam percobaan obat Covid-19 ini.

Obat yang telah terpilih ini diidentifikasi sebagai yang paling menjanjikan di antara beberapa antibodi yang menujukkan 100% netralisasi terhadap SARS-Cov-2. Dan Tychan menyampaikan bahwa perkembangannya sangat cepat.

Perawatan ini memakan waktu sembilan bulan dan tujuh bulan masing-masing, dari desain hingga infus pertama pada manusia. Perkembangan seperti itu biasanya memakan waktu 12 hingga 18 bulan.

Jangan Sembarangan Percaya Obat Covid-19

Obat (Photo by freestocks on Unsplash)

Sudah berkali-kali disampaikan, bahwa hingga berita ini ditulis, masih belum ditemukan vaksin resmi untuk wabah yang sedang menyerang ini. Pastikan #SGB_Family tidak mencoba obat Covid-19 sembarang yang beredar di pasaran.

Yang penting, #SGB_Family masih disiplin mempraktekkan protokol keluar masuk rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan new normal starter pack juga bagi yang sudah beraktivitas di luar rumah. Stay safe, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial