fbpx
Topik / Artikel
Tips June 06, 2020

Tips Merawat Kamera, Liburan Akan Segera Datang!

Bagikan

Masih semangat, kan? Meski perlahan, dunia akan membaik. Mungkin nggak lama lagi, sudah boleh traveling bebas ke mana saja. Sebelum terjadi, wajib nih menjaga senjata traveling biar nggak rusak karena lama nggak dipake. Setelah merawat koper, SGB bakalan bagi tips merawat kamera. Siap-siap, ya.

Lepas Beterai

Lepas baterai (IG:borneodigital.id)

Tips merawat kamera yang pertama dan umum dilakukan adalah melepas baterai saat tidak digunakan. Masalah paling umum terjadi pada baterai kamera adalah bocor asam. Namun, banyak kamera baru yang menggunakan baterai basa atau lithium. Terlalu lama berada di dalam kamera, baterai bakalan mengalami korosif.

Hal lain yang perlu dipehatikan adalah jangan pernah meninggalkan baterai kosong tetap di dalam kamera. Baterai bisa tetap bocor meski sedang dalam keadaan kosong, lho.

Bersihkann LCD dan Lensa

Lensa Kamera (Photo by ali nafezarefi on Unsplash)

Meski jarang dipake, #SGB_Family wajib mengecek kamera secara berkala. Kalau salah simpan, layar atau bahkan lensanya bisa berjamur. Ini akan berakibat foto yang dihasilkan tidak lagi jernih.

Namun perlu diingat, #SGB_Family memerlukan alat khusus untuk membersihkan layar dan lensa. Jangan sembarangan, ya. Ada peralatan pembersih khusus kamera yang biasanya mencakup kain microfiber yang nggak akan menggores, juga sikat khusus.

Memory Card

Memory Card (Photo by Tom Pumford on Unsplash)

Selain kamera, hal penting lainnya adalah kartu memori di mana semua foto tersimpan. Ada banyak yang belum paham bagaimana memperlakukan kartu ini dengan benar. Padahal, salah sedikit saja, kamu bisa kehilangan semua usaha.

Di antaranya adalah tidak mengeluarkan kartu saat berada di luar ruangan atau tempat yang penuh dengan debu. Pastikan menyimpan kartu di tempat yang dingin. Jangan lupa untuk tetap menjauhkan memory card dari sumber magnetic, seperti speakers, televisi, dan lain-lain.

Gunakan Dry Box

Dry Box (alfafoto_semarang)

Untuk tetap menjaga kameramu, #SGB_Family perlu dry box. Lemari ini khusus menyimpang barang elektronik. Kamu bisa mengatur suhu yang diinginkan.

Kalau nggak ada budget untuk ini, #SGB_Family bisa menggantinya dnegan kotak kedap udara dan silica gel di dalamnya. Akan ada warna untuk mendekteksi kadar air. Tetap wajib untuk cek berkala, ya.

Cari Asuransi yang Tepat

Asuransi untuk kamera yang rusak (Photo by Christian Bolt on Unsplash)

Tips merawat kamera yang nggak kalah penting dari lainnya adalah asuransi. Khususnya bagi #SGB_Family yang bekerja sebagai photografer dan memiliki serangkaian kamera sebagai penunjuang.

Meski beberapa merk kamera menyediakan garansi, namun nggak ada salahnya mencari asuransi tambahan untuk mengatasi kerusakan nggak disengaja, atau bahkan kehilangan.

Anjuran Saat Penggunaan

Penggunaan Kamera (Photo by Yang Deng on Unsplash)

Kamera bukan lagi barang hanya dimiliki oleh fotografer profesional. Hampir semua orang memilikinya, khususnya mereka yang suka traveling. Namun, sayangnya nggak semua paham bagaimana menggunakan kamera agar tetap awet. Ini tips merawat kamera saat digunakan:

  1. Jangan lupa tetap menggunakan strap/talinya. Kalungkan di leher atau kaitkan di tangan.
  2. Pastikan juga nggak lupa membawa tas kamera. Tas khusus kamera akan tetap menjaga kamera dari goresan benda lainnya. Sudah ada banyak tas kamera yang keren, kok.
  3. Tetap menutup lensa. Ya, bisa dipahami akan sangat merepotkan. Tapi, lensa yang tergores debu dan menghasilkan foto yang jelek, tentu akan lebih menjengkelkan.
  4. Hindari hujan atau salju. Jika ingin tetap memotret outdoor saat cuaca sedang buruk, siapkan pelindung kamera yang bagus.

Itulah beberapa tips merawat kamera sederhana yang bisa dilakukan siapa saja. Semua orang punya kamera, dan semua harus belajar bagaimana menjaga barang mahal ini. Gimana, sudah siap jelajah spot instagenic Singapura lagi, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial