fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 04, 2020

Traveler Bebas Masuk China-Singapura, Apa Syaratnya?

Bagikan

Nggak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 ini melumpuhkan hampir semua bisnis. Nggak ada lagi perjalanan bisnis, apalagi liburan. Namun, dengan berakhirnya Circuit Breaker Singapura, batasan untuk bisa keluar masuk Singapura mulai dibuka. Kabarnya, traveler bebas masuk China-Singapura. Kira-kira apa syaratnya?

Nggak Perlu Karantina 14 Hari?

Dilansir dari mothership.sg, mulai 8 Juni 2020, pelancong yang disetujui untuk masuk Singapura dan China. Mereka nggak perlu lagi menjalani karantina selama 14 hari.

Stay at home (freepikc.com)

Sebelumnya, siapapun yang masuk ke Singapura, wajib menjalani karantina mandiri selama 14 hari. Hal ini untuk meminimalisir penularan yang dibawa dari negara lain. Namun, seiring dengan dibukanya Circuit Breaker, batasannya pun ikut melunak.

Wisatawan yang melakukan perjalanan bisnis secara resmi dan penting antara Singapura dan China dibebaskan dari karantina mandiri selama 14 hari. Sebagai gantinya, mereka harus menjalani tes swab sebelum keberangkatan dan pada saat kedatangan.

Singapura dan China Telah Sepakat

Flag of Singapore

Pekerja dan traveler bebas masuk China-Singapura ini bukan tanpa alasan. Keputusan ini diambil setelah terjadi kesepakatan antara Singapura dan Cina tentang jalur cepat untuk memfasilitasi bisnis penting dan perjalanan resmi antara kedua negara ini.

Yap, ini hanya berlaku bagi mereka yang melakukan perjalanan dari Singapura menuju China, juga sebaliknya, dari China menuju Singapura. Ada beberapa yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Bagaimana Caranya?

Facebook Chan Chun Sing

Pelaku bisnis resmi yang disponsori oleh lembaga pemerintah dan perlu melakukan perjalanan antara Tiongkok dan Singapura bisa mendaftarkan diri mulai 8 Juni 2020 dan seterusnya. Sedang aplikasi untuk traveler yang disponsori oleh perusahaan dapat dilakukan setelahnya.

Penting nih: Perjalanan harus disponsori oleh perusahaan atau agen pemerintahan. Ini berlaku untuk penduduk Singapura yang berkepentingan ke China, akan melalui jalur cepat dan harus disponsori oleh perusahaan atau pemerintah China. Aplikasi diajukan oleh pemohon. Dan sebaliknya.

Alur Pengajuan Aplikasi Singapura – China

Urus Surat Kesehatan (freepik.com)

Jika #SGB_Family adalah salah satu yang berkepentingan bisnis atau mendapat dari Singapura ke China atau sebaliknya, perhatikan alur pengajuan aplikasi ini, ya:

  1. Pemohon mengajukan aplikasi
  2. Jika aplikasi disetuju, undangan akan dikeluarkan untuk pemohon
  3. Pemohon kemudian harus mengajukan visa dari Kedutaan Besar Tiongkok di Singapura
  4. Pemohon menyerahkan deklarasi kesehatan pada pihak berwenang China

Aplikasi China – Singapura

Demikian pula bagi penduduk China yang akan melakukan perjalanan penting ke Singapura melalui jalur cepat, perjalanan harus disponsori oleh perusahaan atau pemerintah Singapura. Begini alurnya pengajuannya:

  1. Pemohon mengajukan aplikasi untuk SafeTravel Pass
  2. Ketika SafeTravel Pass disetujui, surat akan dikeluarkan untuk pemohon
  3. Pemohon mengajukan visa untuk perjalanan ke Singapura
  4. Jika pemohon masih memiliki visa berlaku, tidak perlu visa baru untuk jalur cepat.

Penting nih: Pemohon yang disetujui berpergian antara China-Singapura, harus mengikuti tes PCR dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan dan mendapat sertifikat NEGATIF untuk Covid-19.

Jalur Cepat China-Singapura

Meski traveler bebas masuk China-Singapura, namun harus tetap berada di wilayah jalur cepat. Sebagai contoh, pemohon yang bepergian dari Tiongkok ke Singapura harus tetap berada di salah satu wilayah jalur cepat Tiongkok selama tujuh haru terakhir sebelum keberangkatan ke Singapura.

Wilayah jalur cepat yang dimaksud adalah Shanghai, Tianjin, Chongqing, Guangdong, Jiangsu, dan Zhejiang.

Dokumen yang Disiapkan

Saat berangkat, pemohon harus sudah memiliki SafeTravel Pass yang valid, hasil tes PCR Negatif, tiket pesawat pulang dan pergi, dan visa yang valid. Mereka yang nggak memiliki dokumen ini secara lengkap, bisa ditolak naik.

Wajib diperhatikan, pengguna jalur cepat China-Singapura ini harus menanggung sendiri biaya tes PCR sebelum keberangkatan. Kalau setelah tes hasilnya POSITIF, maka pelamar harus menanggung sendiri biaya perawatan.

Sesampainya di China

Tiongkok (Photo by Satria Perkasa on Unsplash)

Setelah tiba di China, pelamar harus menjalani tes PCR dan tes serologi dengan biaya sendiri dan tetap berada di lokasi yang ditentukan oleh pemerintah provinsi atau kota setempat selama satu hingga dua haru, sampai hasil tes diterima.

Jika hasil tes adalah NEGATIF, perusahaan atau lembaga pemerintah akan menjemput langsung dari lokasi untuk dibawa ke tempat kerja atau tempat tinggal. Jika POSITIF, mereka harus menjalani perawatan medis di China dengan biaya sendiri.

Sesampainya di Singapura

Changi Airport (unsplash)

Pelamar yang sampai di Singapura harus menjalani tes PCR pada saat kedatangan dan akan diminta menyerahkan SafeTravel yang valid. Hasio tes PCR Negatif juga harus diserahkan ke bagian imigrasi kedatangan.

Perlu diperhatikan, mereka yang nggak membawa salah satu dokumen yang diminta, bakalang langsung ditolak masuk Singapura, lho.

Meski bisa masuk ke Singapura, pemohon harus tetap berada di akomodasi yang disediakan pengundang, dapat beripa tempat tinggal, dalam jangka waktu satu hingga dua hari sampai hasil tes keluar. Baru pemohon bisa dijemput langsung di bandara.

Jika hasil POSITIF, pengunjung harus tinggal di Singapura untuk perawatan dengan biata sendiri. Dan terpenting, harus tetap menggunakan aplikasi TraceTogether untuk meng-track aktivitas.

Itulah beberapa hal mengenai traveler bebas masuk China-Singapura. Selanjutnya, kesepakatan ini juga akan menyangkut negara lain, seperti New Zaeland dan Vietnam. Akan ada jalur cepat yang tetap aman untuk berkegiatan dan melanjutkan bisnis.

Semoga ini menjadi awal yang baik dan bisa menjadi acuan untuk negara lain yang akan membuka batasan. Nggak sabar kan untuk bisa berkunjung ke Singapura juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial