fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 03, 2020

Nggak Jaga Jarak: TIDAK DENDA, Hanya di Tempat-tempat Ini

Bagikan

Berakhirnya Circuit Breaker di Singapura, maka dimulailah juga aktivitas masyarakat di Negeri Singa ini. Meski nggak semua pekerja memulai pergi bekerja di FASE 1 ini, namun sekolah, tempat belajar pun mulai dibuka, termasuk aktifnya kendaraan umum. Terbaru, nggak jaga jarak: TIDAK DENDA, lho. Baca ini, ya.

Safe Reopening

Pembukaan batasan-batasan di Singapura dimulai dari Fase 1: SAFE REOPENING. Tahap ini akan berlangsung selama kurang lebih beberapa minggu. Namun Fase 2 dimulai lebih cepat kalau keadaan terus membaik dan bisa dijaga.

Tahap-tahap (straitstimes.com)

Pada fase SAFE REOPENING, mereka yang bekerja di sektor penting dan bisnis yang beroperasi dengan risiko penularan rendah bisa dibuka. Masjid di Singapura pun dibuka pada tahap ini. #SGB_Family pun bisa berkunjung ke rumah orang tua, maksimal dua orang.

Penggunaan Transportasi Umum

Pada tahap ini pun transportasi umum bisa digunakan secara lebih luas. Namun tentunya dengan berbabagai peraturan baru yang bertujuan meminimalisir risiko penularan pada antar penumpang.

Stiker di MRT dicopot (mothership)

Apa perbedaannya dengan Circuit Breaker?

Stiker-stiker di tempat duduk MRT sudah dihilangkan. Dilansir dari mothership.sg, jarak aman pada transportasi umum nggak akan kena tindakan hukum jika dilanggar. Namun, penumpang wajib menjaga jarak dengan orang lain.

Berikut adalah bagian 7 dari peraturan yang mengharuskan orang-orang-orang setidaknya satu meter setiap kali mereka berada di luar rumah. Nggak jaga jarak: NGGAK DENDA kecuali di tempat-tempat ini:

  • Di Lift, meski nggak akan didenda, hendaknya tetap tidak berkumpul dan lebih baik menunggu lift selanjutnya, ya. Setuju, kan?
  • Di dalam kendaraan
  • Di tempat-tempat yang berhubungan dengan kendaraan umum, seperti Stasiun MRT atau halte bus.
  • Nggak ada persyaratan untuk jarak satu meter atau jarak aman antara sesama penumpang di kereta dan bus.

Hal ini sesuai dengan hal yang disampaikan oleh Menteri Transportasi, Khaw Boon Wan, “Akan ada saat-saat ketika jarak yang aman tidak akan mungkin” karena penggunaan angkutan umum meningkat. Seiring dengan berakhirnya Circuit Breaker Singapura.

Perhatian: PERATURAN DIPERPANJANG

Berkumpul dengan keluarga (unsplash.com)

Sebelumnya, peraturan diberikan dengan kekuatan hukum. Siapapun yang melanggar bisa kena denda. Namun, peraturan diperbarui dan diperpanjang.

Setelah pembaruan, peraturan berlaku mulai 7 April 2020 akan berlaku selama SATU TAHUN. Meskipun regulasi belum menentukan tanggal akhir, Undang-undang Covid-19 ini pun merupakan Tindakan Sementara.

Bisnis Mulai Diizinkan

Barbershop (Photo by Jan Kopřiva on Unsplash)

Peraturan lain yang harus diperhatikan adalah Mengizinkan lebih banyak bisnis dibuka kembali dengan menunjuknya sebagai “bisnis yang diizinkan”, sebagai ganti label sebelumnya, yaitu “Layanan Esensial”.

Lainnya, peraturan izin dua anggota rumah tangga mengunjungi rumah orang tua atau kakek nenek tetap diizinkan. Serunya, ini bisa dilakukan setiap hari. Yang kangen sama kakek nenek, bisa langsung berkunjung, ya. Namun ada baiknya tetap praktekin protokol masuk rumah agar tetap aman, ya.

Tetap Aman di Tempat Bekerja

Protokol kembali bekerja (unsplash)

Pekerja di berbagai sektor penting sudah mulai beraktivitas. Protokol kembali kerja penting untuk terus dipraktekkan. Di antaranya tetap dirumah jika terasa nggak fit atau demam, batuk, dan pilek. Mengenakan pakaian lengan panjang.

Masker wajib digunakan terus, meski pekerjaanmu tak mengharuskan bertemu dengan costumer. Kalau bisa, tidak menggunakan kendaraan umum. Jika harus, jaga jarak dan hindari menyentuh apapun, ya. Siapkan juga pembayaran non tunai agar nggak perlu bertukar barang dengan orang lain.

Selama di tempat kerja pun harus membiasakan banyak hal baru. Di antaranya adalah dengan rajin mencuci tangan. Jangan lupa untuk membuka pintu dan menekan tombol lift dengan siku, bukan tangan atau jarimu.

Meski nggak jaga jarak: tidak denda di lift, ada baiknya tetap nggak bergerombol. Jangan lupa juga menyediakan desinfektan sendiri untuk meja kerjamu. Pastikan, lewatkan dulu kebiasaan berjabat tangan atau menyapa dengan sentuhan fisik. Nggak akan mengurangi rasa pedulimu, kok.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diketahui. Selamat bekerja dan stay safe, ya. Jangan lupa untuk terus bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×