fbpx

Melahirkan di Singapura, Ini Serba-Serbi yang Perlu Diketahui

  • June 3, 2020
  • Dibaca 274 kali

Seperti yang diketahui, Singapura adalah salah satu dari Top 5 Negara dengan Sistem Kesehatan terbaik di dunia, versi Medical Toursim Index 2019. Hal ini dipengaruhi oleh tenaga kesehatan dan fasilitas yang baik. Berencana melahirkan di Singapura? Baca ini ya untuk tahu lebih lanjut.


Pilih Jenis Kelahiran

Jenis kelahiran (Photo by Jonathan Borba on Unsplash)

Untuk melahirkan di Singapura, #SGB_Family wajib lebih dulu menentukan jenis kelahiran yang diinginkan, lalu dokter yang dipercaya dan membuat nyaman. Setelahnya, baru bisa memilih rumah sakit. Penting nih, beberapa dokter punya hak istimewa untuk praktek di rumah sakit lainnya.

Pilih Rumah Sakit

Beberapa rumah sakit yang direkomendasikan untuk melahirkan di Singapura. #SGB_Family bisa memilih berdasarkan dokter yang merawat atau budget. Di antaranya adalah:

1. Thomson Medical Centre

Jika melahirkan di Singapura dan memilih Thomson Medical Centre, setiap orang tua baru akan dilengkapi dengan keterampilan praktis agar bisa memulai peran barunya di rumah. Layanan ini disebut Progam Ante-Natal dan Pasca-Natal.

Kamar di Thomson Medical (IG:@moomookow.co)

Fasilitas bersalin di rumah sakit satu ini diciptakan agar tetap terasa seperti rumah. Namun, kamar tetap dilengkapi dengan peralatan untuk persalinan normal dan caesar.

Ada juga layanan unik yang disediakan Thomson Medical Centre, yaitu Hidroterapi untuk memberikan pereda nyeri selama persalinan dan kelahiran alami dibantu oleh perencana kelahiran.

THOMSON MEDICAL CENTRE
Kisaran mulai S$5.000-S$7.055 (Melahirkan Normal,Kelas Private)
339 Thomson Rd, Singapore 307677
Tel (65) 6250 2222/6256 9494 International Patient Centre (65) 6250 1965
Novena, Toa Payoh
www.thomsonmedical.com

2. Gleneagles Hospital

Pilihan rumah sakit lainnya untuk melahirkan di Singapura adalah Gleneagles Hospital. Setiap pasangan akan mendapat kelas gratis untuk menyusui, mandi, dan mempersiapkan formula.

Ada 10 suite untuk melahirkan di rumah sakit ini. Kelas 1 diisi oleh empat pasien. Setiap kamar sudah dilengkapi dengan TV, radio, telepon, juga kursi malas untuk sang suami.

Gleneagles Hospital (IG:gleneagleshospitalsg)

Ada juga Monitor pusat (termasuk resusitasi bayi). Unit perawatan intensif neonatal 18 tempat tidur (NICU) dari level 2A hingga level 3 NICU. NICU berada di ujung lorong dari ruang kerja. Perawat di sini sangat ramah dan cekatan, juga sabar.

Perlu diketahui juga, rumah sakit ini dilengkapi dengan peralatan medis canggih seperti rumah sakit negara barat. Banyak dokternya yang juga dilatih di sana.

GLENEAGLES HOSPITAL
Mulai S$1.600 (Melahirkan Normal, Menginap 2 malam)
6A Napier Rd, Singapore 258500
(65) 473-7222/470-5715
Orchard
www.gleneagles.com.sg

3. Kandang Kerbau Women & Children’s Hospital Branch

Kandang Kerbau Woman & Children’s Hospital adalah rumah sakit umum di Singapura. Program yang ada terdiri dari 8 sesi mingguan yang membahas topik kehamilan dan tips perawatan bayi. Kelas ini bisa diikuti oleh orang tua baru dengan biaya S$123,6.

Kandang Kerbau Women & childrens (IGLcristinaleontyeva)

Estimasi biaya melahirkan normal di rumah sakit ini, di antaranya adalah S$600 dengan enam pasien dalam satu kamar, menginap selama 3 hari. Ada juga 2 kamar tidur dengan harga S$1.950, dan S$1.300 dengan 4 kamar tidur.

KANDANG KERBAU WOMEN & CHILDREN'S HOSPITAL
Kisaran S$600 - S$1.950 (Melahirkan Normal)
Bukit Timah Rd, 100, Singapore 229899
(65) 293-4044
Little India
www.kkh.com.sg

4. Mount Elizabeth Hospital

Pilihan lain untuk melahirkan di Singapura bisa dilakukan di Mount Elizabeth Hospital. Ada program enam sesi mingguan yang bisa diikuti dengan harga S$240. Tenang, ada diskon khusus kalau kamu juga mendaftar akan melahirkan di rumah sakit ini.

Mount Elizabeth (IG:mountelizabethhospitals)

Mount Elizabeth menyediakan 8 ruang persalinan. Setiap kamar dilengkapi TV, radio, dan kursi malas. Unit perawatan intensif neonatal 26 tempat tidur, tersedia dari kelas 1 hingga 3.

Siapkan dana yang cukup, ya. Estimasi harga melahirkan di rumah sakit ini mencapai S$2000-S$4000 untuk kelahiran normal, tergantung berapa kama menginap. Biaya ini nggak termasuk dokter spesialis, ya.

MOUNT ELIZABETH HOSPITAL
Kisaran S$2000-S$4000 (Melahirkan normal)
3 Mount Elizabeth, Singapore 228510
(65) 737-2666
Orchard
www.mountelizabeth.com.s

Surat-surat yang Harus Diurus

Langkah Mengurus Surat Keterangan (kemlu.go.id)

Selain memilih dokter dan rumah sakit, ada beberapa hal juga harus dilengkapi saat memutuskan akan melahirkan di Singapura. Bagi #SGB_Family yang nggak berdomisili di Singapura, wajib menyertakan Surat Pengantar Kelahiran. Caranya adalah:

  1. WNI yang ingin melahirkan di Singapura mengajukan permohonan surat keterangan yang akan menyatakan bahwa anak akan menjadi WNI
  2. Datang ke KBRI Singapura dengan membawa dokumen asli dari: 1. Surat Keterangan dari Dokter Singapura yang menunjukkan tanggal lahir, 2. Fotokopi paspor suami dan istri, 3. Fotokopi buku nikah

Pengurusan berkas di atas gratis, kok. Biasanya membutuhkan waktu hingga dua hari. Cek di website ini untuk keterangan lebih lanjut.

Setelah Bayi Lahir

Photo by Aditya Romansa on Unsplash

Proses melahirkan di Singapura tidak lantas selesai setelah bayi lahir. #SGB_Family harus mendaftarkan kelahiran di Daftar Kelahiran dan Kematian di Imigrasi Singapura. Di sini kamu akan mendapat akta kelahiran Singapura. Namun perlu diingat, ini nggak menjadikan bayi sebagai Warga Negara Singapura, ya.

Itulah beberapa hal yang harus perhatikan dan disiapkan bagi #SGB_Family yang berencana melahirkan di Singapura. Siap menyambut anggota keluarga terbaru yang gemesin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial