fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 02, 2020

Face Shield Dilarang di Singapura, Kecuali Orang-orang Ini

Bagikan

Circuit Breaker resmi berakhir di Singapura. Siap-siap memasuki Fase 1 yaitu SAFE REOPENING dan membiasakan diri dengan keadaan yang terjadi. Kalau dulunya menggunakan pelindung wajah diperbolehkan, kali ini berbeda. Face Shield Dilarang di Singapura. Ini hal-hal yang perlu diperhatikan.

Face Shield, Amankah?

Face Shield (IG:IGplastictransparentfaceshield)

Masker sudah menjadi senjata utama melawan Covid-19. Namun, beberapa pihak berinovasi, salah satunya dengan menciptakan Face Shield. Namun, apakah jenis pelindung wajah ini aman?

Sempat dibahas di SGB, Departemen Kesehatan menganjurkan bahwa penggunaan pelindung wajah plasik dapat digunakan sebagai perlindungan dasar. Tidak lebih baik dari masker, namun tetap lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

Face Shield Dilarang di Singapura

Pelindung wajah plastik ((IG: kondmedica ))

Penggunakan pelindung wajah dari plastik ini sempat diperbolehkan di Singapura. Pelindung ini bertujuan untuk meminimalkan tetesan mengenai mata atau bagian wajah lainnya. Namun, untuk fungsi sempurna, hendaknya menggunakan face shield ini dibarengi dengan masker.

Namun kabar terbarunya, kini Face Shield dilarang di Singapura. Dilansir dari channelnewsasia.com, pedoman baru telah disampaikan. Ada aturan khusus untuk penggunakan pelindung wajah plastik ini.


Pada tanggal 1 Juni 2020, Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa pelindung wajah tidak lagi dapat menggantikan fungsi masker, kecuali dalam pengaturan atau kelompok tertentu, seperi anak-anak berusia 12 tahun ke bawah.

Face Shield Dilarang di Singapura, Kecuali untuk Mereka

Aturan baru masker di Singapura (Photo by Mladen Borisov on Unsplash)

Face shield dilarang di Singapura juga nggak berlaku untuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Khususnya bila mengalami gangguan pernapasan atau kesulitan medis lainnya ketika menggunakan masker terlalu lama. Orang-orang dengan kondisi ini tetap boleh menggunakan pelindung wajah.

Pekerjaan tertentu juga tetap mengganti masker dengan pelindung wajah. Misalnya orang-orang yang berbicara untuk kelompok atau ruang kuliah. Namun tetap, wajib hukumnya menjaga jarak dengan orang lain. Khususnya jika harus menghadapi sekelompok orang.

Profesi lain yang dibebaskan dari penggunaan masker adalah penyiar televisi. Mereka tidak harus terus menggunakan masker atau pelindung wajah.

Alasan Face Shield Dilarang di Singapura

Aturan Menggunakan Masker di Singapura (Photo by Pille-Riin Priske on Unsplash0

Aturan tentang masker yang diperbolehkan di Singapura diperbarui ketika Singapura bersipa untuk kembali membuka ekonominya. Dengan aturan baru seperti face shield dilarang ini diharapkan bahwa saat interaksi dan kontak masyarakat mulai meninggi, termasuk pada transportasi imum, penularan bisa diminimalisir.

Departemen Kesehatan menyampaikan bahwa pelindung wajah tersebut biasanya memiliki celah antara pelindung dan wajah. Dikhawatirkan, tetesan droplet masih bisa masuk dan menembus pelindung.

Disampaikan juga, masker yang digunakan harus ketat dan sepenuhnya menutupi hidung dan mulut. Namun, pelindung tetap bisa digunakan di atas masker. Ini bisa menjadi perlindungan ganda.

“Misalnya, mengenakan pelindung dapat membantu melindungi mata seseorang dari tetesan yang mungkin mengandung partikel virus, dan juga dapat mencegah masker dari basah. Ini juga dapat membantu orang berhenti menyesuaikan topeng mereka atau menyentuh wajah mereka,” jelas Departemen Kesehatan.

Pemerintah menyatakan bahwa akan terus melakukan fleksibilitas dalam penegakan kelompok yang mungkin mengalami kesulitan menggunakan masker. Dihimbau juga pada semua orang untuk tetap di rumah saja. Nggak keluar rumah tanpa kepentingan yang mendesak.

Aturan Tentang Masker di Singapura

Face Shiled dilarang di Singapura (Photo by engin akyurt on Unsplash

Aturan penggunaan masker termasuk salah satu yang wajib. Kalau dilanggar, #SGB_Family akan kena denda, lho. Agar nggak salah, perhatikan beberapa aturan tentang masker di Singapura ini, ya.

Pertama, masker wajib digunakan saat ke luar rumah. Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa kamu harus terus menggunakan masker saat berada di kantor, naik kendaraan umum, bahkan saat berjalan kaki di luar.

Kedua, Face Shield dilarang di Singapura kecuali anak-anak di bawah 12 tahun dan mereke dengan profesi tertentu, juga orang yang memiliki kondisi medis khusus. Masker yang menutupi hidung dan mulut dengan sempurnalah yang boleh digunakan.

Masker tetap digunakan saat bekerja, baik mereka yang menghadapi customer langsung, atau hanya bekerja di mejanya. Dan mereka yang berolahraga boleh melepas maskernya, lalu segera menggunakannya lagi setelah olahraga selesai.

Masker nggak wajib untuk mereka yang sedang mengendarai motor. Jika menggunakan mobil sendiri, masker bisa dilepas. Termasuk jika mengangkut penumpang yang serumah dengan sopir. Mereka yang makan atau minum boleh melepas masker, namun harus segera memakainya lagi setelah selesai.

Itulah beberapa aturan baru tentang masker. Face Shield dilarang, namun dengan beberapa kondisi tertentu. Jangan lupa juga untuk mengecek maskermu, pastikan masih sesuai dengan fungsinya, Stay safe, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial