fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru May 29, 2020

Fase 2 Akan Dimulai Lebih Cepat, Singapura Sudah Membaik?

Bagikan

Circuit Breaker Singapura berakhir dalam waktu dekat. Seperti yang telah banyak diberitakan, pembukaan batasan Singapura akan dilakukan bertahap dan dibagi dalam 3 Fase. Kabar baiknya, Fase 2 akan dimulai lebih awal. Apakah ini artinya Singapura sudah membaik? Baca terus, ya.

Fase 1 Setelah Circuit Breaker Berakhir

Circuit Breaker Singapura (IG: @mamonn)

Percobaan pembukaan batas akan dimulai pada 1 Juni 2020. Nggak sabar banget, ya. Berakhirnya Circuit Breaker akan ditandai dengan dimulainya Fase 1 yang disebut SAFE REOPENING. Dalam fase ini memang nggak banyak berubah. Yang diperbolehkan kembali bekerja adalah mereka yang berada di sektor penting.

Selain itu, pra sekolah juga bakalan dibuka secara bertahap. Hampir semua masjid Singapura bakalan dibuka lagi. Namun, tetap ada pembatasan agar tidak terjadi hal tak diinginkan. Pastikan #SGB_Family selalu mematuhi anjuran pemerintah dan di setiap tempat, ya.

Fase 2 Akan Dimulai Lebih Cepat

Bisa makan di tempat (Photo by Sarthak Navjivan on Unsplash)

Kabar terbaru dan jadi awalan yang baik, Fase 2 akan dimulai lebih cepat. Dilansir dari channelnewsasia.com, Lawrence Wong menyatakan bahwa Fase 2 dapat dimulai sebelum akhir Juni. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pembangunan pada 28 Mei kemarin.

Disampaikan juga, perpindahan Fase 1 ke tahap selanjutnya bakalan tergantung pada jumlah transmiri Covid-19 dalam dua minggiu pertama bulan Juni.


“Jika tingkat infeksi tetap rendah dan stabil, maka kami akan memutuskan pada pertengahan Juni apakah kami ingin mengambil langkah berikutnya ke Fase 2. Ini berarti Fase 2 dapat terjadi sebelum akhir Juni”.

Pembukaan Tempat Makan dan Gym

Gym boleh buka (Photo by Danielle Cerullo on Unsplash)

Boleh happy, nih. Pada Fase 2, pertokoan, layanan konsumen, gym, juga kolam renang bakalan boleh dibuka kembali. #SGB_Family yang udah kangen makan bareng sahabat, bisa nih.

Orang-orang akan diizinkan untuk makan di tempat, maksimal 5 orang. Pertemuan sosial juga boleh. Rumah dapat menerima kunjungan hingga lima orang per hari. Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan.

Kenapa Maksimal 5 Orang?

Berkumpul di Museum (Photo by David Kubovsky on Unsplash

Meski Fase 2 akan dimulai lebih cepat, diharapkan orang-orang bisa tetap tertib. Menteri Wong menyatakan, “Lima berarti bahwa jika suatu infeksi terjadi, maka Anda membatasi kelompok itu untuk kelompok lima orang yang bersama-sama dengan orang yang terinfeksi itu pada suatu waktu.”

Jika ada 10 orang maka cluster baru dapat terbentuk dan tentunya akan berkembang biak menjadi lebih besar. Jika kurang dari itu, maka banyak orang nggak bisa berkumpul dengan keluarganya.

Bahkan, kegiatan dengan kelompok besar bisa dilakukan di ruang tertutup, seperti perpustakaan, museum, bar, klub, dan bioskop. Pemerintah akan tetap waspada dan melakukan pembukaan batasan dengan sangat hati-hati.

Tetap Menggunakan Masker

Gunakan Masker Selalu (unsplash)

Yang perlu diperhatikan, Fase 2 akan dimulai lebih cepat dan pada tahap ini tetap wajib menggunakan masker, ya. Disampaikan juga bahwa mereka yang sudah lanjut usia harus berhati-hati dan di rumah saja.

Nah, agar Fase 2 akan dimulai lebih cepat lagi, hendaknya kita semua bisa patuh dan sama-sama menjaga diri. Pastikan mengenakan masker, menjaga jarak, dan tetap rajin mencuci tangan. Nggak sabar nih bisa beraktivitas seperti biasa. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial