fbpx
Topik / Artikel
Tips May 28, 2020

Tips Traveling Low Budget Antimainstream, Catat Dulu Lalu Praktekkan!

Bagikan

Perlahan tapi pasti, dunia mulai membaik. Beberapa negara sudah membuka lockdown-nya. Bahkan sudah ada negara bebas Covid-19, seperti Taiwan dan disusul oleh New Zaeland. Waktunya merencanakan liburan selanjutnya. Nggak perlu buru-buru, yang penting aman dan murah. Cek tips traveling low budget antimainstream ini, ya.

Terbang Hari Selasa

Pilih saat yang tepat (unsplash.com)

Tahu nggak kalau harga tiket pesawat untuk hari Selasa biasanya lebih murah dari hari lainnya? Nah, tips traveling low budget yang pertama ada pintar-pintar memilih hari. Sudah jelas kalau weekend harganya bisa jauh lebih mahal. Mending #SGB_Family ambil cuti dan traveling di weekday.

Selain lebih murah, #SGB_Family nggak bakalan menemukan antrean mengular saat check in dan security check di bandara. Pastikan juga nggak tergiur pesawat kelas bisnis, khususnya kalau penerbangannmu cukup singkat, ya.

Manfaatkan Miles atau Point

Manfaatkan point terbang (unsplash.com)

Mau yang lebih murah lagi? Manfaatkan flier miles atau point terbang dari maskapai. Kamu bahkan bisa terbang gratis, lho. Pastikan punya akun di masing-masing maskapai, jadi setiap penerbanganmu akan tercatat. Untuk jumlah tertentu, bisa ditukar dengan terbang. Seru banget, kan?

Waktunya Ketemu teman Lama

bertemu teman lama (Photo by Helena Lopes on Unsplash)

Tips traveling low budget selanjutnya adalah tentang tempat menginap. Saran untuk mengganti hotel berbintang dengan hostel sudah terlalu mainstream. Gimana kalau menumpang di teman lama atau saudara? Mereka bisa menjadi guide yang keren selaku orang lokal. Siap-siap mendatangi tempat-tempat yang nggak diulas di manapun.


Namun jangan lupa menjaga perilaku dan kebersihan rumah saat menginap, ya. Nggak ada salahnya kamu mengabarinya jauh-jauh hari dan menyiapkan oleh-oleh dari tempat asalmu. Kalau #SGB_Family malas berbasa-basi, lebih baik tetap memilih hostel.

Hindari High Season

Sakura Time (Photo by Agathe Marty on Unsplash)

Tips yang nggak kalah penting adalah menghindari high season. Selain lebih murah, tentunya destinasimu nggak akan terlalu ramai. Jika mengejar summer atau musim tertentu, sakura misalnya, #SGB_Family bisa mengambil waktu sesaat sebelum atau ketika musim hampir berakhir. Biasanya, harganya lebih murah.

Financial Plan

Perencanaan yang oke (Photo by Chris Lawton on Unsplash)

Penting dan wajib dilakukan adalah perencanaan budget. #SGB_Family disarankan untuk mencatat semua pengeluaran, termasuk budget untuk ngopi cantik atau beli oleh-oleh. Yang nggak kalah penting adalah tetap patuh pada perencanaan yang dibuat.

Mau lebih hemat lagi? #SGB_Family bisa mengajak teman untuk liburan bareng. Beberapa biaya bisa dibagi dua, misalnya taksi atau tempat menginap. Juga makan yang porsinya jumbo. Ya, kan?

Sambil Bikin Konten

Tips traveling low budget: Sambil bikin konten (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Jangan biarkan liburanmu hanya berakhir sebagai kenangan. Bagi #SGB_Family yang hobi foto-foto dan bikin video, bisa nih sekalian bikin konten. Upload di social mediamu atau Youtube channel. Percaya nggak, kadang bisa dapat hotel atau makan gratis lho.

Beberapa tips traveling low budget antimainstream di atas bisa langsung dicoba untuk liburan selanjutnya. Jangan lupa untuk terus mempraktekkan new normal, seperti mengenakan masker dan tetap menjaga jarak dengan orang lain, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial