fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru May 28, 2020

Semua Masjid Singapura Mulai Dibuka, Baca Syarat Masuknya!

Bagikan

Circuit Breaker Singapura berakhir. Ada banyak kabar baik yang mengikuti langkah ini. Salah satunya adalah semua masjid Singapura mulai dibuka. Bagi #SGB_Family yang sudah kangen Singapura, boleh nih segera rencanakan liburan selanjutnya. Baca yuk informasi lengkap tentang kabar terbaru Singapura.

Masjid Singapura Mulai Dibuka

Masjid Singapura (Photo by Raveen Wijetilleke on Unsplash)

Dilansir dari mothership.sg, masjid Singapura mulai dibuka secara progressif pada 2 Juni 2020. Seperti yang diketahui, banyak tempat ibadah yang ditutup sejak tanggal 12 Maret 2020. Hal ini untuk bertujuan untuk membatasi penyebaran Covid-19.

Pada tangga 1 Juni 2020, Fase 1 setelah Circuit Breaker akan dimulai dan berjalan minimal selama empat minggu. Hanya pekerja penting yang mulai bekerja. Jangan lupa mempraktekkan protokol pekerja, ya.

Ruang Terbatas Masjid

Masjid Sultan (Photo by Siti Rahmanah Mat Daud on Unsplash)

Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) pada 27 Mei lalu menyatakan bahwa meski masjid Singapura mulai dibuka, hanya akan ada ruang terbatas untuk sholat individu. Termasuk untuk memenuhi kebutujan pekerja yang berpindah-pindah.

Untuk sementara, sholat berjamaan dan ibadah Jumat bakalan tetap ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut. Perlu diperhatikan, dari 2-7 Juni 2020, masjid bakalan buka untuk jam operasional terbatas, yaitu mulai 13.00-18.00.

Penerapan Langkah-langkah Pencegahan

Sultan Mosque (Photo by Wengang Zhai on Unsplash)

Meski sudah bisa beribadah di masjid, namun penerapan langkah-langkah pencegahan penyebaran infeksi tetap dilakukan. Selain desinfektan rutin di ruang umum, masjid juga bakalan melakukan pemeriksaan fisik dan suhu.

“Masjid-masjid juga akan menerapkan langkah-langkah menjaga jarak yang aman dalam hal zona yang berbeda atau ruang yang ditandai untuk jamaah dari rumah tangga yang berbeda. Masjid akan membatasi jumlah orang yang dapat melakukan ibadah, sesuai dengan pedoman nasional.”

Siapkan Dokumenmu

Sultan Mosque (Photo by Charles Postiaux on Unsplash)

Happy dengar masjid Singapura mulai dibuka? Ternyata ada syarat khususnya untuk bisa ibadah di masjid. Dalam fase awal berakhirnya Circuit Breaker ini, ruang doa akan terbatas. Setiap zona hanya menampung lima orang dari rumah yang sama.

Nggak cuma itu, Dewan Agama Islam Singapura juga mendesak agar jamaah membawa NIRC atau dokumen yang bisa di-scan saat masuk masjid. Penting juga untuk membawa sendiri sajadah dan menghindari berjabat tangan.

Masjid yang Akan Dibuka

Daftar Masjid Singapura yang akan Dibuka

Seperti yang telah dijelaskan, Singapura menghapuskan batasan secara perlahan. Namun, jika langkah-langkah yang telah dilakukan bisa jadi akan diperketat kembali jika keadaan memburuk. Ini dia daftar masjid yang akan dibuka.

Nah itulah beberapa syarat jika ingin beribadah di masjid. Meski masjid Singapura akan dibuka, jika #SGB_Family merasa nggak enak badan, flu, demam, lebih baik beribadah di rumah saja, ya. Semoga semua tetap sehat dan keadaan cepat membaik. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial