fbpx

Tips Merawat Koper Kesayangan, Mumpung Absen Liburan Nih!

  • May 22, 2020
  • Dibaca 36 kali

Circuit Breaker Singapura akan berakhir. Tinggal nunggu sedikit lagi untuk bisa ke Singapura. Mumpung belum bisa liburan, coba deh cek-cek alat perang travelingmu. Hanya karena lama nggak dipake, jangan sampai malah rusak. Sayang, dong. Nah berikut adalah tips merawat koper kesayanganmu agar awet dan siap menemani jelajah tempat-tempat indah di dunia. Catat, ya.

Langsung Unpacking

Langsung bongkar kopermu (Photo by Annie Spratt on Unsplash_

Tips merawat koper kesayangan yang pertama adalah jangan malas unpacking. Ngaku deh, pasti ada yang malas bongkar koper setelah liburan. Bahkan nggak jarang baru bongkar setelah akan bepergian selanjutnya. Ya, kan?

Kopermu telah menjadi tempat dari segala barang kotor. Baju kotor, pakaian dalam, bahkan oleh-oleh makanan menjadi satu di dalamnya. Keluarkan semuanya dan vakum bagian dalamnya. Jangan lupa membersihkan bagian luar, termasuk roda dengan lap dan sabun.

Lepas Semua Tali dan Hemat Ruang

Jadikan tempat penyimpanan (Photo by Elaine Tu on Unsplash)

Tips merawat koper kesayanganmu selanjutnya adalah melepas tali. Jika ada, lepaskan tali dan simpan di bagian dalam koper. Untuk menghemat ruang, #SGB_Family bisa menyimpan koper kecil di dalam koper yang lebih besar.

Koper juga bisa menjadi tempat penyimpanan, lho. Jika ada tumpukin sprei dan selimut tambahan yang jarang digunakan, kamu tentu bisa menyimpannya di dalam koper. Jangan lupa untuk memasukkan silika gel juga, ya. Hal ini untuk menghindari rayap dan semacamnya.

Simpan di tempat Sejuk

Simpan di tempat sejuk (Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash)

Setelah bersih dan menjadi tempat penyimpanan, #SGB_Family bisa meletakkan koper kesayangan di tempat yang sejuk dan kering. Hati-hati, karena sinar matahari langsung bisa membuat warna koper pudar. Namun, tempat yang terlalu lembab juga nggak bagus. Pastikan juga tidak menumpuk koper dengan yang lainnya, ya.

Perawatan Saat Digunakan

Nggak semuanya bisa bepergian hanya dengan ransel. Ada banyak yang lebih nyaman membawa koper. Ya, kan? Apa saja bisa muat di dalamnya. Namun jangan sampai over lalu merusak barang kesayanganmu ini. Tips merawat koper juga bisa dilakukan saat menggunakannya.

Tahukah bahwa koper lunak lebih baik daripada yang berbahan kaku? Koper lunak bisa bertahan saat dibanting-banting. Lain cerita kalau kopermu seharga puluhan juta, ya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membungkus koper.

Wrapping biasanya disediakan di bandara. Kamu juga bisa membungkusnya dengan cover koper yang dijual di pasaran. Bisa pilih sesuai selera dan pastinya melindungi kopermu agar tak tergores.

Jangan menariknya di tempat kasar (Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash)

Tips merawat koper lainnya adalah jangan menariknya di jalanan yang kasar. Hal ini tentu akan dapat merusak roda, semahal apapun kopermu. Jika sudah terlanjur terjadi, kamu bisa mengganti roda kopermu. Beberapa merek koper bisa melakukkannya.

Pastikan juga hati-hati saat mengepak barang-barang yang mungkin bocor, seperti sampo, lotion, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan plastik lagi. Agar nggak over pack, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengirim sebagian barang yang sudah dipake, oleh-oleh dan lainnya ke rumah lebih dulu.

Nah, itulah beberapa tips merawat koper kesayanganmu. Meski lagi absen liburan, menjaga perlengkapan travelingmu tetap wajib, ya. Nggak mau kan batal liburan lagi hanya karena rusak koper. Gimana, udah ada rencana untuk memulai perjalanan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial