fbpx

Changi Airport Dibuka, Siapa Saja yang Bisa Masuk?

  • May 21, 2020
  • Dibaca 291 kali

Changi Airport akan dibuka! Wah berita bagus yang ditunggu-tunggu #SGB_Family yang udah kangen banget sama Singapura, ya. Langkah ini merupakan salah satu tahapan pemerintah yang akan membuka batasan secara perlahan. Lantas, siapa saja yang bisa masuk saat Changi Airport dibuka? Baca terus informasi ini, ya.

Penutupan Changi Airport

Jewel Changi (Photo by Felix Fuchs on Unsplash)

Awal 1 Mei 2020, Changi Airport Group memutuskan untuk menutup Terminal 2 selama 18 bulan ke depan. Penutupan ini adalah salah efek dari wabah Covid-19 yang membuat jumlah penumpang menurun tajam. Langkah ini diambil untuk menghemat biasa operasional.

Diikuti Oleh Penutupan Terminal Lainnya

Changi Airport (IG:Photo by Shawn Ang on Unsplash)

Sayangnya, keadaan Singapura tak juga membaik. Setiap harinya terjadi peningkatan jumlah pasien yang sangat tinggi. Hal ini terjadi di asrama pekerja asing yang padat dihuni. Dalam masa ini keputusan penting lainnya diambil oleh Changi Airport Group.

Pada 12 Mei 2020, Changi Airport Group menyatakan bahwa Terminal 4 juga ditutup. Dalam pernyataannya disampaokan bahwa operasi terminal akan dikonsolidasi lebih lanjut untuk mengoptimalkan sumber daya seiring dengan penurunan tajam dalam pergerakan penerbangan karena pandemi global.

Kabar Terbaru: Changi Airport Dibuka!

Changi Airport Dibuka (IG:Photo by Shawn Ang on Unsplash)

Lalu kabar baik muncul. Seiring dengan circuit breaker Singapura berakhir, langkah yang termasuk di dalamnya adalah Changi Airport dibuka. Serunya, turis asing akan diizinkan untuk transit.

Dilansir dari mothership.sg, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura menyampaikan bahwa langkah ini adalah strategi Singapura untuk secara bertahan kembali membuka transportasi udara untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Tentunya nggak melupakan perlindungan yang memadai.

Changi Airport akan dibuka untuk penumpang transit dimulai 2 Juni 2020. Penumpang hanya boleh transit jika mereka berada di penerbangan repatriasi yang diatur oleh pemerintah mereka. Nggak perlu khawatir, karena ada protokol yang melengkapi langkah ini.

Penumpang akan tetap berada di fasilitas yang ditunjuk di area transit. Hal ini dilakukan agar tidak berbaur dengan penumpang lainnya. Staf bandara juga akan menggunakan alat pelindung diri saat akan berinteraksi dengan penumpang.

Protokol dasar seperti jaga jarak yang aman, pengecekan suhu untuk penumpang dan staff juga akan terus dilakukan. Perlu diingat, maskapai penerbangan harus mengajukan proposal untuk jalur transfer melalui Bandara Changi yang nantinya akan dipertimbangkan.

Well, keputusan Changi Airport dibuka ini semoga menjadi langkah awal untuk membaiknya dunia, ya. Rasanya jika harus sedikit lebih repot dengan patuh terhadap himbauan, menjaga diri dan kesehatan dan terus menggunakan masker, nggak jadi masalah. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial