fbpx

Circuit Breaker Berakhir, Sudah Bisa Berkunjung ke Singapura?

  • May 20, 2020
  • Dibaca 13 kali

Siapa yang menanti berita ini? Yap, Curcuit Breaker Singapura akan berakhir pada tanggal 1 Juni 2020!! Yeay!! Pelan tapi pasti, Singapura akan membuka batasan-batasan. Kabar baik, kan. Apalagi sudah kangen banget sama Es Cream Sandwich dan jajanan lainya. Lalu, apakah sudah bisa berkunjung ke Singapura? Baca terus update Circuit Breaker berakhir ini, ya.

Percobaan Pembukaan Batas

Circuit Breaker berakhir dan mulai new normal (Photo by Annie Spratt on Unsplash)

Circuit Breaker berakhir, artinya akan dibuka kembali batasan-batasan. Dilansir dari straitstimes.com, Singapura bakalan secara bertahap memberlakukan periode langkah new normal hingga vaksin atau pengobatan untuk Covid-19 dikembangkan.

Gan Kim Yong, Menteri Kesehatan juga menyatakan bahwa pembukaan ini bisa juga dibatalkan kalau ternyata wabah meluas. Meski, peningkatan kasus mungkin terjadi sebagai efek dibukanya batasan-batasan di Singapura.

“Ketika kita mulai melanjutkan lebih banyak kegiatan, kita berharap untuk melihat peningkatan dalam kasus hariaan. Jika kita dapat terus menjaga situasi di bawah kendali, maka kita dapat membuka kembali secara progresif,” jelasnya.

Dibagi Menjadi Tiga Fase

Fase setelah Circuit Breaker berakhir (straitstimes.com)

Pembukaan batasan sebagai aksi setelah Circuit Breaker berakhir ini dibagi menjadi tiga fase. Fase pertama adalah SAFE REOPENING. Di mana banyak yang bisa kembali bekerja. Khususnya untuk mereka yang bekerja di sektor yang penting dan bisnis yang beroperasi dalam pengaturan dengan risiko penularan rendah.

Pra sekolah juga akan dibuka secara bertahap. Termasuk tembat ibadah yang sempat ditutup selama Circuit Breaker. Namun, hanya boleh digunakan untuk ibadah pribadi. #SGB_Family juga bisa bepergian mengunjungi orang tua, namun jumlahnya dibatasi satu orang, atau maksimal dua orang.


Fase kedua disebut SAFE TRANSITION di mana orang kembali berkegiatan sosial secara bertahap. Lebih banyak bisnis diizinkan buka lagi, termasuk tempat kursus dan gym. Namun, dipastikan pengelola menerapkan langkah-langkah jaga jarak aman. Fase ini akan berlangsung beberapa bulan.

Fase ketiga adalah di mana Singapura akan memasuki NEW NORMAL hingga vaksin ditemukan. Di waktu ini, pertemuan sosial budaya, agama dan bisnis diharapkan bisa berjalan seperti biasanya, namun tetap diberlakukan jumlah peserta.

Hal serupa juga diberlakukan pada transportasi umum, di mana pasti susah untuk menjaga jarak. Karenanya, penumpang harus mengenakan masker dan nggak ngobrol dengan penumpang lainnya.

Sepertinya masih harus bersabar, nih. Mennteri Lawrence Wong menyatakan bahwa mungkin beberapa akan kecewa karena meski Circuit Breaker berakhir, tetap belum bisa beraktivitas secara bebas. Pembukaan kembali ini harus dilakukan dengan hati-hati.

“Kita harus melakukan ini dengan hati-hati dan dikalibrasi karena kita tidak ingin mengambil risiko penyebaran virus. Dan yang penting, kita tidak ingin mengorbankan upaya yang kita semua telah lakukan dalam mengendalikan wabah,” jelasnya.

Untuk sementara, kita harus membiasakan diri melakukan penjagaan yang ketat untuk diri sendiri, ya. Pergi menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan wajib sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang benar. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×