fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru May 08, 2020

Negara Bebas Covid-19 Pertama, Intip Rahasianya!

Bagikan

Seperti yang diketahui, serangan wabah Covid-19 terlihat belum menuju akhir. Hingga kini, kasus baru masih terus ditemukan. Dunia pun sedang berusaha membuat obat Covid-19.Di antara semua perjuangan berperang melawan virus ini, harus diakui ada yang berhasil menang. Ada negara bebas Covid-19 pertama, bagaimana caranya menang?

Sigap dari Awal

Kasus Covid-19 Terbanyak di Dunia – USA (Photo by Nik Shuliahin on Unsplash_

Amerika Serikat masih berperang melawan Covid-19. Bahkan negara besar lainnya seperti Italia memberlakukan lockdown setelah virus ini pecah dan menyebar dengan sangat cepat. Namun negara bebas Covid-19 ini berhasil membuktikan bahwa langkah yang diambilnya sangat tepat.

Taiwan mulai perangnya pada tanggal 31 Desember 2019. Dilansir dari straitstimes.com, Philip Lo, seorang pejabat kesehatan senior pemerintah menyatakan, “Kami memperlakukan virus sebagai epidemi serius sejak hari pertama. Kami tidak menunggu sampai parah untuk mengambil tindakan.”

Kewaspadaan Tingkat Tinggi

Sigap dari awal (Photo by Dimitri Houtteman on Unsplash)

Taiwan menjadi negara bebas Covid-19 pertama di dunia bukanlah hal yang remeh. Sejarah memotivasi kewaspaan Taiwan. Pada wabah SARS di tahun 2003, negra ini memiliki infeksi ketiga terbanyak di dunia. Hal ini membuat Taiwan memperkuat persiapannya untuk epidemi berikutnya, termasuk mendirikan jaringan pencegahan penyakit menular dan mengadakan latihan tahunan dengan rumah sakit.

Philip Lo menyatakan bahwa Taiwan telah bersiap untuk perang melawan epidemi selama 17 tahun. Negara bebas Covid-19 pertama di dunia ini menyediakan teknolog untuk melacak kasus yang diduga dan menyiapkan diri seperti hotel karantina. Persediaan masker wajah, petugas medis, juga laboratorium telah disiapkan.

Langsung Menutup Pintu

Melarang masuk Wuhan dan Cina (Photo by KOBU Agency on Unsplash)

Taiwan berlokasi hanya berlokasi 100 mil dari China, lokasi di mana virus pertama ditemukan. Pada 12 Januari 2020, pejabat kesehatan Taiwan terbang ke Wuhan untuk mendapatkan pengarahan dari rekan di badan pengendalian penyakit. Dilaporkan ada 41 kasus dan 13 menandakan penularan manusia ke manusia.


Pada 20 Januari 2020, CDC Taiwan mendirikan pusat komando darurat dan memantai wabah regional. Dengan Tahun Baru Imlek yang akan dimulai, Taiwan langsung menutup semua penerbangan dengan Wuhan. Disusul larangan masuk bagi semua penduduk Cina pada awal Februari. Taiwan merupakan negara pertama dunia yang memberlakukan hal ini.

Tidak Ada Kasus Baru

Taiwan (Photo by Remi Yuan on Unsplash0

Dilansir dari channelnewsasia.com, per 8 Mei 2020, masih ada 768 kasus baru di Singapura. Hal ini membuat total Covid-19 di Singapura mencapai 21.707 kasus. Di antaranya ada 20 kematian yang tercatat.

Taiwan muncul sebagai negara bebas Covid-19 pertama yang berhasil menang melawan pandemi ini. Dilansir dari straitstimes.com, negara ini memiliki 24 juta penduduk dan hingga 7 Mei 2020, hanya ada 440 kasus yang ditemukan, dan 6 kematian. Angka kematian ini paling rendah di dunia.

Semua yang dilakukan Taiwan tak luput dari kerja sama yang dilakukan oleh semua masyarakatnya. Sehingga Covid-19 bisa diperangi lebih cepat. Semoga negara lain bisa segera menyusul dan dinyatakan sebagai negara bebas Covid-19 secepatnya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×