fbpx

Mulai Besok: Transportasi Beroperasi, Garuda Indonesia Siap Terbang!

  • May 6, 2020
  • Dibaca 103 kali

Beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia memberlakukan peraturan larangan terbang untuk pesawat komersil. Termasuk transportasi lain seperti kereta api jarak jauh. Setelah Lion Air, berita terbaru menyatakan transportasi mulai besok transportasi beroperasi, termasuk Garuda Indonesia. Baca terus untuk keterangan lebih lanjut, ya.

Sebelumnya Hanya Lion Air

Lion Air (IG:lionairgroup)

Setelah larangan terbang, Lion Air muncul sebagai maskapai pertama yang beroperasi kembali mulai 3 Mei 2020 lalu. Hal ini dibarengi dengan beberapa peraturan, yaitu menyertakan surat tanda sehat dan keterangan dinas dari perusahaan. Selain itu, calon penumpang wajib menjalankan protokol, seperti pengecekan suhu dan sebagainya.

Mulai Besok Transportasi Beroperasi

Kereta Api Indonesia (IG:@spoorryo)

Berita terbaru, mulai besok transportasi beroperasi kembali. Dilansir dari tempo.com, Menteri Perhubungan, Budi Karya menyatakan bahwa seluruh moda transportasi komersial untuk angkutan penumpang, baik darat, laut, maupun udara akan mulai dioperasikan kembali pada tanggal 7 Mei 2020.

Budi Karya juga menekankan bahwa transportasi ini dibuka bagi mereka yang berkepentingan khusus. Pemerintah tetap melarang untuk mudik.

Penumpang yang Diizinkan

Kriteria penumpang (Photo by yousef alfuhigi on Unsplash)

Beberapa kriteria yang diperbolehkan adalah pegawai dalam bidang pelayanan pertahanan, keamanan, ketertiban umum, kesehatan, kebutuhan dasar, fungsi ekonomi dan percepatan penanganan Covid-19.

Menteri Perhubungan juga menambahkan, kebijakan ini berlaku pula untuk mereka yang membutuhkan pengobatan medis, atau dengan keperluan yang sangat mendesak, misalkan keluarga meninggal dunia. Kebijakan ini juga berlaku untuk pemulangan WNI, termasuk pelajar yang mengenyam pendidikan di luar negeri.

Garuda Mulai Beroperasi

Garuda Indonesia (IG: @ihikhi)

Mulai besok transportasi beroperasi ini, termasuk maskapai Garuda Indonesia. Dilansir dari kompas.com, maskapai ini akan terbang mulai 7 Mei 2020. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, “Reservasi layanan penerbangan tersebut dapat diakses mulai sore hari ini melalui seluruh kanal penjualan owned channel tiket Garuda Indonesia,”.

Ada syarat yang cukup ketat jika ingin ikut terbang. Penumpang wajib menunjukkan Kartu Identitas Kantor, juga surat dinas dari perusahaan. Disertai keterangan bahwa perjalanan tersebut bukan mudik. Selain itu, penumpang diwajibkan memenuhi kelengkapan dokumen kesehatan yang dipersyaratkan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya juga menyampaikan bahwa keputusan pemberlakukan mulai besok transportasi beroperasi ini bertujuan agar perekonomian Indonesia tetap bisa berjalan.

Itulah beberapa update tentang Indonesia. Meskipun mulai besok sudah ada pesawat dan kereta api, namun pastikan #SGB_Family tidak memanfaatkan ini untuk mudik dan membahayakan keluarga di rumah, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial