fbpx

Apakah Hand Sanitizer Berguna? Cek Milikmu Sekarang Juga!

  • May 5, 2020
  • Dibaca 9 kali

Seperti yang diketahui, keadaan tak juga membaik. Dilansir dari channelnewsasia.com, per tanggal 4 Mei 2020, total kasus positif Covid-19 di Singapura mencapai 18.778. Nggak ada yang bisa kita lakukan selain menjaga diri sendiri dan patuh pada peraturan. Salah satu senjata melawan Covid-19 adalah cairan pembersih tangan. Namun apakah hand sanitizer milikmu sudah benar? Cek di sini, ya.


Bukan Pembersih Tangan

Bukan membersihkan tangan yang kotot (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Hand sanitizer adalah cairan pembersih tangan. Produk ini lebih praktis karena tidak memerlukan sabun dan air. Biasanya terbuat dari alkohol dan triklosan yang berguna untuk membunuh virus dan bakteri. Namun yang perlu diketahui, hand sanitizer bukan pembersih tangan dari kotoran yang tampak. Untuk ini, tetap harus menggunakan sabun dan air.

Hand Sanitizer yang Benar

Cek kandungan pembersih tanganmu (Photo by Noah on Unsplash)

Ternyata, nggak semua hand sanitizer berguna dan ampuh melindungi #SGB_Family agar tak terinfeksi virus Covid-19. Pembersih tangan ada yang mengandung alkohol, ada juga yang bebas alkohol. Nah, hand sanitizer yang berguna untuk membunuh sebagian besar kuman adalah yang mengandung alkohol.

Pembersih tangan beralkohol pun juga bervariasi. Biasanya mengandung antara 60%-95% isopropil alkohol, etanol, atau n-propanol. Hand sanitizer berbahan alkohol terbukti mampu membunuh banyak jenis bakteri, termasuk MRSA dan E-Coli. Juga virus influenza A, rhinovirus, virus hepatitis A, HIV, dan Middle Koronavirus sindrom pernafasan timur (MERS-CoV).

Bagaimana Cara Kerja Hand Sanitizer Beralkohol?

Pembersih tangan yang benar (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Penasaran nggak bagaimana cara kerja pembersih tangan berbasis alkohol ini? Alkohol akan menyerang dan menghancurkan protein yang mengelilingi beberapa virus, termasuk Covid-19. Protein inilah yang menjadi pelindung kelangsungan hidup dari virus.

Namun perlu dicatat, pembersih tanganmu paling tidak harus mengandung alkohol lebih dari 60% untuk membunuh sebagian besar virus. Kurang dari itu akan kurang efektif, hanya akan mengurangi pertumbuhan kuman.

Apakah 60% Alkohol Sudah Efektif?

Mencuci tangan dengan sabun dan air (Photo by Mélissa Jeanty on Unsplash)

Dilansir dari jakartapost.com, bahkan pembersih tangan dengan kandungan 60% alkohol tidak dapat menghilangkan semua kuman. Sebuah penelitian menemukan bahwa mencuci tangan lebih efektif untuk menghilangkan norovirus, Cryptosporidium (parasit yang dapat menyebabkan diare), dan Clostridium difficile (bakteri yang menyebabkan masalah usus dan diare).

Hand sanitizer dengan kandungan 60% alkohol memang bisa menjadi alternatif yang praktis saat tidak menemukan sabun dan air. Pastikan menyeka semua bagian dari tangan, ya. Dan tentu saja hindari menyentuh wajah, terutama hidung. Segera mencuci tangan saat tiba di rumah atau memungkinkan melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×