fbpx
Topik / Artikel
Kesehatan dan Kecantikan April 30, 2020

Hamil Saat Pandemi Covid-19, Ini yang Harus Diketahui!

Bagikan

Serangan wabah Covid-19 ini mengkhawatirkan bagi semua orang. Nggak jarang berita yang menyampaikan bahwa beberapa kasus positif Covid-19 tidak menunjukkan gejala apapun. Serta, belum ditemukannya obat untuk virus ini semakin membuat siapapun tidak bisa tidur tenang. Lalu apa yang harus dilakukan bagi yang hamil saat pandemi Covid-19? Baca ini biar nggak makin stress, ya.

Belum Ada Bukti Penularan Langsung

Tidak akan menular ke bayi ( Photo by freestocks on Unsplash )

Dilansir dari consultqd.clevelandclinic.org, tidak ada bukti yang menunjukkan transmisi secara langsung dari ibu ke bayiberdasarkan kasus SARS dan MERS. Namun, masih sangat dini untuk menyampaikan hal serupa untuk kasus Covid-19.Seperti yang diketahui, penularan virus Covid-19 lalui droplets atau tetesan dari pernapasan.

Apakah Hamil Saat Pandemi Covid-19 Lebih Berisiko Terinfeksi?

Hamil saat pandemi ( Photo by Suhyeon Choi on Unsplash )

Dilansir dari washingtonpost.com, disampaikan bahwa wanita hamil tidak mungkin menderita gejala Covid-19 yang lebih parah dari orang lain. Hal ini juga disampaikan pada studi di American Journal of Obstetrics & Gynecology MFM.

Tenang saja, karena studi ini melibatkan 43 wanita hamil yang didiagnosa positif Covid-19 di dua rumah sakit New York. Rincian tingkat keparahan kasus sangat mirip dengan pasien yang tidak hamil., dengan 86% kasus ringan, sedang hanya 14% persen parah atau kritis.

Bayi Sehat dari Ibu yang Terinfeksi

Bayi tetap sehat ( Photo by Aditya Romansa on Unsplash )

Belum lama ini ada sekitar sembilan bayi sehat yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi Covid-19. Mereka melahirkan melalui operasi caesar. Para penelitu menguji cairan ketuban, darah tali pusar, tenggorokan, ASI, dan semuanya negatif.

Yang perlu diperhatikan, pasien hamil di saat pandemi Covid-19 yang positif mulai menunjukkan gejala pada trisemester kedia atau ketiga. Jarang yang langsung merasakan gejala pada awal kehamilan.

Jika melihat virus lain dan fisiologi kehamilan, diketahui bahwa pasien yang mengalami demam tinggi di awal kehamilan, dapat meningkatkan risiko cacat lahir tertentu. Namun, hal tersebut belum terlihat terjadi pada pasien yang hamil saat pandemi Covid-19.

Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Tetap lakukan pencegahan ( Photo by Andrea Bertozzini on Unsplash )

Karena hamil saat pandemi Covid-19 ini tidak membedakan tingkat penularan, maka pencegahan penularan virus yang bisa dilakukan adalah sama. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun, tetap tinggal di rumah, kamu bisa melakukan konsultasi dlewat telepon dan hanya untuk mendapatkan perawatan medis yang penting. Pastikan juga menghindari transportasi dan tempat umum, kalau bisa beri jarak meski dengan orang-orang serumah.

Saat Melahirkan

Protokol melahirkan ( Photo by Jonathan Borba on Unsplash )

Di Cleveland Clinic, mereka merawat wanita hamil saat pandemi Covid-19 ini dibedakan menjadi dua, yaitu asimtomatik (yang tidka menunjukkan gejala) dan simtomatik (menunjukkan gejala). Mereka juga mempertahankan kontrol infeksi melalui masker dan rajin mencuci tangan.

Jika seorang ingin menyusui dan telah dipastikan ia memiliki Covid-19 atau mereka yang sedang dalam pantauan, maka ia harus melakukan semua tindakan pencegahan kebersihan, tak lupa menggunakan masker. Mereka juga menyediakan pompa ASI untuk si ibu.

Pemisahan Ibu dan Anak

Dipisahkan sementara ( Photo by 🇸🇮 Janko Ferlič on Unsplash )

Jika seorang ibu baru dipastikan positif Covid-19, maka akan didiskusikan kemungkinan memisahkan ibu dari bayinya sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga membiarkan ibu berbagi kamar dengan bayi, namun dilengkapi dengan layar atau tirai yang memisahkan mereka. Tempat tidur bayi pun ditempatkan paling tidak 3 meter dari ibunya. Meski ini tentu akan menyiksa sang ibu, namun untuk meminimalisir risiko, maka harus dilakukan.

Itulah beberapa hal yang wajib diketahui calon ibu yang hamil saat pandemi Covid-19. Tetap tenang dan diam di rumah, ya. Tetap sehat sampai melahirkan! Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial