fbpx

Ganti Masker dengan Pelindung Wajah Plastik, Amankah?

  • April 28, 2020
  • Dibaca 233 kali

Salah satu aturan Circuit Breaker Singapura adalah wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Bagi siapapun yang melanggar, tentu akan didenda. Langkah ini untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19 di Singapura yang terus meningkat. Belakangan muncullah pelindung wajah plastik sebagai pengganti masker. Apakah ini aman? Baca keterangannya di bawah ini, ya.

Apakah Pelindung Wajah Plastik Sudah Cukup?

Pelindung wajah (IG: look_at_me1 )

Dilansir dari channelnewsasia.com, Departemen Kesehatan dalam situsnya menjelaskan bahwa menggunakan pelindung wajah plastik dapat digunakan sebagai perlindungan dasar bagi mereka yang meninggalkan rumah selama Circuit Breaker. Tentunya, lebih baik daripada tidak menggunakan pelindung apapun, bukan?

Disampaikan juga oleh Badan Sains dan Teknologi Pertahanan Singapura bahwa beberapa waktu lalu telah diproduksi massal pelindung wajah berbahan plastik untuk mendukung mereka yang masih pekerja. Bahkan dipasok juga untuk Angkatan Bersenjata Singapura dan Otoritas Transportasi Darat.

Apakah Efektif?

Face Shields (IG: kondmedica )

Namun ternyata para penyakit menular memberikan catatan khusus tentang menggunakan pelindung wajah plastik. Profesor Teo Yik Ying, dekan dari Universitas Nasional Singapura menyatakan bahwa pelindung seperti ini ditujukan untuk meminimalkan tetesan mengenai mata atau bagain wajah lain yang tidak tertutup masker. Hal ini bisa terjadi saat berhadapan dengan seseorang yang batuk atau bersin, bahkan kalau lagi ngobrol biasa.

Namun disampaikan juga bahwa pelindung wajah ini hanya memberikan perlindungan terbatas. Untuk menjadikannya efektif, #SGB_Family harus menggunakannya bersama dengan masker lain.

Bisakah Mengganti Fungsi Masker?

Face Shields (IG: lively_touch )

Dr Leong Hoe Nam, seorang spesialis penyakit menular dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena menyatakan bahwa pelindung wajah plastik tidak bisa menggantikan fungsi masker bedah atau bahkan masker kain yang bisa digunakan kembali.

Pelindung wajah seperti ini biasanya berfungsi sebagai pengganti kaca mata yang akan tidak nyaman jika digunakan dalam waktu yang lama. Nah, jadi hendaknya menggunakan pelindung ini sebagai pelengkap. Tetap gunakan masker saat keluar rumah.


Pastikan langsung membuang maskermu jika itu adalah sekali pakai. Jangan lupa untuk merusaknya biar nggak digunakan lagi oleh orang tak bertanggung jawab. Kalau #SGB_Family menggunakan reusable masker, perhatikan cara perawatannya, ya. Semoga wabah ini cepat berlalu, sehingga kita semua bisa beraktivitas dengan normal. Ada amin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial