fbpx

Pesawat dan Kereta Dilarang Beroperasi Mulai Hari Ini, Sampai Kapan?

  • April 24, 2020
  • Dibaca 86 kali

Singapura telah memberlakukan aturan baru Circuit Breaker yang jauh lebih ketat. Hal ini dikarenakan jumlah covid-19 di Singapura semakin tajam, bahkan terbanyak di ASEAN. Langkah serupa rupanya diambil oleh pemerintah Indonesia. Mulai hari ini, pesawat dan kereta dilarang beroperasi. Kira-kira sampai kapan, ya? Baca informasi singkatnya di bawah ini, ya.

Larangan Terbang Pesawat Komersil

Larangan terbang mulai 24 April 2020 ( Photo by Ken Yam on Unsplash )

Dilansir dari cnbcindonesia.com, disampaikan bahwa pemerintah akhirnya memberlakukan larangan terbang sementara. Transportasi udara penumpang komersil tidak diperbolehkan mulai 24 April 2020 hingga 1 Juni 2020.

Hal ini disampaikan oleh Novie Riyanto, selaku Direktur Jenderal Perhubungan, larangan terbang ini berlaku baik untuk perjalanan luar negeri (internasional), maupun domestik (dalam negeri). Termasuk untuk carter.

Pengecualian Izin Terbang

Pesawat dan Kereta dilarang beroperasi pengecualian (IG: rensylatuheru)

Namun, langkah pesawat dan kereta dilarang beroperasi ini tidak berlaku untuk semuanya. Ada pengecualian untuk pimpinan lembaga tinggi negara, maupun wakil kenegaraan, hingga organisasi internasional. Hal ini terkait pemulangan WNI, WNA, juga agenda urgent (darurat), masih bisa terbang atas seizin menteri.

Pesawat dan kereta dilarang beroperasi ini juga tidak berlaku untuk pengangkutan layanan medis dan logistik, termasuk kargo. Jadi, #SGB_Family yang berencana mudik dadakan, sudah pasti harus dibatalkan, ya.

Larangan Berangkat Bagi Kereta Api

Kereta Dilarang Beroperasi (IG: @kurniawan_dony )

Pesawat dan kereta dilarang beroperasi. Seperti yang diberitakan, pemerintah memberlakukan larangan mudik. Dilansir dari liputan6.com, hal tersebut dibarengi dengan larangan berangkat bagi segala transportasi, termasuk kereta. Mulai 24 April 2020, semua perjalanan kereta api jarak jauh dari dan menuju Jakarta dan Bandung dibatalkan oleh KAI (Kereta Api Indonesia).

Perjalanan jarak jauh dibatalkan KAI (IG: keretaapikita )

Dengan begitu, tidak akan ada lagi kereta dari Jakarta dan Bandung yang menuju kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, juga Jawa Timur. Tenang saja, karena penumpang yang batal berangkat akan mendapat pengembalian 100%. Pembatalan dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Dana akan diterima paling lambat 45 hari setelah pengajuan. Penumpang akan dihubungi oleh call center. Bisa juga membatalkan sendiri di stasiun atau melalui aplikasi KAI Access.

Pesawat dan kereta dilarang beroperasi ini untuk mendukung aturan dilarang mudik oleh pemerintah. Semoga langkah ini bisa menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia dan wabah ini segera reda, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial