fbpx

Sistem Pendidikan Singapura, Baca Ini Sebelum Pindah Kewarganegaraan!

  • April 20, 2020
  • Dibaca 686 kali

Nggak bisa dipungkiri, Singapura adalah salah satu negeri idaman. Selain banyaknya wisata yang keren seperti Sentosa Island, Bugis, dan lain-lain, sistem pendidikan Singapura juga nggak kalah oke. Sebelum memutuskan untuk sekolah atau berburu beasiswa di Singapura, baca keterangan di bawah ini, ya.

Pra-sekolah dan Sekolah Dasar di Singapura

Pre School di Singapura (IG: samericanschool )

Sama seperti di Indonesia, sistem pendidikan Singapura sudah dimulai dengan pra-sekolah atau playgroup. Anak yang berusia 3-6 tahun bisa bersekolah di sini. Biasanya, pra-sekolah Singapura juga dilengkapi dengan penitipan anak. Dalam jenjang ini wajib belajar dua bahasa utama, yaitu Inggris dan Mandarin.

Pendidikan Singapura jenjang selanjutnya adalah sekolah dasar. Sama seperti di Indonesia, SD di Singapura juga ditempuh dalam enam tahun. Dalam tingkat ini, murid wajib menguasai tiga bahasa, yaitu Inggris, Mandarin, dan Melayu. Pengetahuan lain, seperti matematika, musik, kesenian, olahraga, juga IPS dibuat sesuai dengan standar internasional.

Tingkat Sekolah Menengah

Sistem Pendidikan Singapura – SMP (IG: tanglintrust)

Singapura juga punya tingkat sekolah menengah (SMP). Dalam jenjang ini, murid akan dibagi dalam dua kelompok, yaitu GCE O (Ordinary) untuk mereka yang sangat berprestasi, dan sisanya adalah di kelompok GCE N (Normal). SMP di Singapura ditempuh dalam waktu empat tahun. Sedang, kelompok GCE N bisa mendapat sertifikat seperti GCE O jika melakukan ujian di tahun ke lima.

Serunya, sistem pendidikan Singapura nggak termasuk sekolah menengah atas seperti yang ada di Indonesia. Setelah lulus dari Sekolah menengah pertama, murid bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi

Sistem Pendidikan Singapura (IG: xlr_july )

Sistem pendidikan Singapura level selanjutnya adalah perguruan tinggi. Murid yang sudah mengantongi ujian GCE O bisa mendapatkan beebrapa pilihan. Di antaranya adalah mendaftar ke perguruan tinggi junior atau politeknik.

Perguruan tinggi junior ( Junior College) ditempuh selama dua hingga tahun. Tujuan dari jenjang ini adalah mempersiapkan murid-murid untuk masuk ke dunia universitas. Sedang, politeknik menawarkan berbagai jurusan seperti teknik, ilmu pengetahuan bisnis, dan lain-lain. Kalau di Indonesia, level ini mungkin setara dengan diploma.

Setelah memenuhi syarat, baru murid bisa melanjutkan pendidikan Singapura ke jenjang universitas, yaitu pendidikan tingkat tersier. Baru deh disebut mahasiswa. Nah, beasiswa di Singapura yang bisa #SGB_Family kejar ada di jenjang ini juga.

Nah itulah sepintas informasi tentang sistem pendidikan Singapura. Jangan lupa juga cek Youtube SGB yang membahas tentang ini, ya. Gimana, tertarik untuk mengejar ilmu hingga ke Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial