fbpx

Apakah Bisa Terkena Covid-19 Dua Kali? Baca Penjelasan dari Sang Ahli

  • April 16, 2020
  • Dibaca 16 kali

Tak hanya Singapura, atau Indonesia yang sedang berperang melawan Covid-19. Hampir negara di seluruh dunia sedang menghadapi wabah yang sama. Hingga kini, hampir 2 juta kasus Covid-19 positif ditemukan di seluruh dunia. Meski banyak yang meninggal dunia, namun tak sedikit juga yang berhasil sembuh dan dinyatakan bebas dari coronavirus. Namun, apakah bisa terkena Covid-19 dua kali? Yuk baca penjelasan dari ahlinya di bawah ini.

Bagaimana Covid-19 Disembuhkan

ilustrasi pasien Covid-19 ( Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash )

Dilansir dari bbc.com, Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Dokter Spesialis Paru, Diah Handayani menjelaskan bahwa perbedaan virus ini dengan yang lainnya, Covid-19 memiliki virulensi atau kemampuan tinggi untuk menyebabkan penyakit yang fatal.

Hingga saat ini, obat Covid-19 masih dalam tahap uji coba. Namun penderita kasus positif Covid-19 masih bisa sembuh. Hal ini terbukti dari banyaknya pasien yang kembali sehat. Proses pengobatan yang dilakukan adalah terapi pendukung untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien. Seperti yang banyak dijelaskan, daya tahan dalam tubuh bisa melawan virus tersebut.

Apakah Bisa Terkena Covid-19 Dua Kali?

Covid-19 ( Photo by Fusion Medical Animation on Unsplash )

Dilansir dari independent.co.uk, Li QinGyuan, direktur pencegahan dan perawatan pneumonia di Rumah Sakit Persahabatan Jepang menyatakan bahwa para pasien yang telah terinfeksi Covid-19 mengembangkan antibodi, namun tidak jelas berapa lama perlindungan itu dapat berlangsung.

Li juga menjelaskan, “Namun pada individu tertentu, antibodi dapat bertahan lama. Bagi banyak pasien yang telah sembuh, ada juga kemungkinan untuk kambuh.”

Dr Peter Jung, Asisten profesor pediatri di University of Texas Medical School di Houston menyatakan, “Tidak ada yang tahu pasti, tetapi kebanyakan anak-anak kemungkinan mengembangkan setidaknya kekebalan jangka pendek terhadap virus corona spesifik yang menyebabkan Covid-19. Tetapi seperti halnya flu dapat bermutasi, demikian juga Covid-19, yang akan membuat seseorang rentan untuk terinfeksi kembali.”

Sedang CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegaha Penyakita) menjelaskan bahwa respon kekebalan tubuh terhadap Covid-19 belum bisa dipahami. Pasien yang terinfeksi MERS-Cov tidak mungkin terkena virus ini lagi setelah pulih. Namun, belum diketahui apakah perlindungan serupa akan diamati untuk pasien dengan Covid-19.

Untuk sementara, penelitian akan terus dilakukan untuk memahami apakah mungkin bagi seseorang akan terkena Covid-19 dua kali. Para ahli merekomendasikan mereka yang pernah terinfeksi untuk mengikuti langkah-langkah kebersihan yang dianjurkan. Termasuk mennjauhi orang yang sakit, sering mencuci tangan, dan menutup mulut dengan lengan bagian dalam saat batuk dan bersin.

Itulah penjelasand dari beberapa ahli tentang apakah mungkin pasien tekena Covid-19 dua kali. Pastikan #SGB_Family tetap menjaga kesehatan dan imun tubuh dengan baik, ya. Kalau dengan terpaksa harus ke luar rumah, lakukan protokol masuk rumah dengan aman. Semoga wabah ini cepat berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×