fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru April 13, 2020

Singapura Siapkan $9 Miliar untuk Bantu Rakyat!

Bagikan

Sudah bukan rahasia, Singapura dan seluruh negara di dunia sedang berperang melawan Covid-19. Bisnis melemah dan jutaan orang kehilangan pekerjaannya. Untuk itu, pemerintah Singapura tidak tinggal diam. Singapura siapkan $9 Miliar untuk bantu rakyat dan usaha-usaha yang sedang membutuhkan. Baca terus untuk informasi lebih lengkapnya.

Hampir Semua Masyrakat Menerima Bantuan

Dilansir dari straitstimes.com, Wakil Perdana Menteri, Heng Swee Keat menyatakan bahwa semua warga Singapura yang berusia 21 ke atas akan menerima bantuan sebesar $600. Bulan Februari 2020 lalu, pemerintah juga telah mengumumkan adanya bantuan $100 hingga $300 untuk setiap orang dewasa di Singapura.

Sedang, pada bulan Maret 2020, jumlahnya menjadi tiga kali lipat. Hal ini melihat keadaan tidak berubah menjadi lebih baik. Banyak bisnis yang merugi, tempat kerja yang ditutup. Jutaan orang kehilangan pekerjaannya. Pemerintah pun akan memberikan $300 hingga $900 yang akan diberikan dari bulan Agustus hinga September

$9 Miliar untuk Bantu Rakyat

Sumbangan dari pemerintah (unsplash)

Menteri Keuangan, Mr Heng juga mengumumkan bahwa $300 dari bantuan tersebut telah diajukan ke bulan April dan ditambah $300 lagi untuk Solidarity Payment. Bantuan ini akan membutuhkan dana sekitar $1.1 miliar yang harus disiapkan pemerintah.

Mr Geng juga merangkum langkah bantuan lain, tiga paket yang jika digabungkan berjumlah $59, 9 miliar untuk melawan Covid-19. “Ini adalah dukungan yang sangat signifikan, dan saya berharap bahwa bisnis melakukan bagian mereka dalam mempertahankan pekerja mereka, mempertahankan mereka, sehingga kita dapat muncul lebih kuat setelah ini,” jelas Mr Heng.

Mendaftarkan Rekening

Solidarity Budget (straitstimes.com)

Ada keterangan bahwa tidak semua memerlukan bantuan ini. Pembayaran $300 untuk setiap orang tua dengan setidaknya satu anak berusia 20 tahun ke bawah, dengan top up Kartu Pas $200 untuk warga Singapura berusia 50 tahun ke atas. Itulah beberapa syarat yang ditetapkan agar mendapat bantuan pemerintah.

Bagi mayoritas orang Singapura yang telah memberikan rincian rekening bank pada pemerintah, Solidarity Payment akan masuk ke dalam rekening paling lambat pada tanggal 14 April 2002. Sisanya akan menerima bantuan secara bertahap. Warga yang memenuhi syarat akan mulai menerima SMS pemberitahuan.


Bagi masyarakat yang berkecukupan, pemerintah juga menyediakan wadah untuk menyumbang. Badan amal di situs giving.sg atau Community Chest’s Courage Fund agar bisa langsung menyisihkan bantuan pada yang membutuhkan.

Pemerintah menyebutkan bahwa bantuan ini dimaksudkan agar perusahaan dan warga Singapura bisa fokus pada bagaimana memanfaatkan jumlah bantuan yang diterima untuk melewati masa-masa sulit. Semoga langkah mulia ini juga bisa diikuti oleh negara lain, ya. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial