fbpx

Khawatirkan Menularkan Covid-19, Pria Malaysia Lakukan Ini!

  • April 9, 2020
  • Dibaca 85 kali

Wabah Coronavirus ini tentu membuat khawatir banyak orang. Setiap harinya, tambahan pasien yang terinfeksi Covid-19 terus bertambah. Meski banyak hal sudah dilakukan pemerintah sebagai upaya penanganan, namun diri sendiri juga harus menjaga diri. Selain bisa mempraktekkan pencegahan agar tak tertular, diam di rumah agar mengurangi interaksi dengan orang lain yang mungkin terjangkit juga bisa menekan penyebaran Covid-19. Khawatir menularkan Covid-19, pria ini malah melakukan hal lain yang bikin heran. Baca terus ulasannya, ya. 

Baru Kembali dari Jepang

Alixson M (Facebook/Alixson)

Seorang warga Malaysia, yaitu Alixson Mangundok, 34 tahun baru saja kembali dari Jepang. Ia pun khawatir menularkan Covid-19 pada keluarga. Ia pun memilih tidak menggunakan kendaraan umum, atau membiarkan keluarganya menjemputnya. “Setelah mencapai Bandara Internasional Kota Kinabalu, saya diperiksa dan meskipun pejabat kesehatan mengatakan saya baik-baik saja dan tidak menunjukkan gejala virus, saya masih diminta untuk pergi ke Rumah Sakit Queen Elizabeth untuk pemeriksaan yang lebih menyeluruh,” jelas Alixson. 

Saat di rumah sakit, dokter memberitahunya untuk menjalani karantina sendiri di rumah. Sang dokter pun menyatakan bahwa ia tak diharuskan untuk memeriksakan diri di pusat karantina yang disediakan negara sambil menunggu tes Covid-19-nya keluar.

Pilihan Cara untuk Pulang

Alixson M (Facebook/Alixson)

Meski dinyatakan baik-baik saja, Alixson merasa khawatir menularkan Covid-19 kepada keluarga dan penumpang lainnya. Maka ia memutuskan untuk berjalan kaki menuju kotanya. “Tetapi kemudian saya diberitahu bahwa saya dapat menjalani karantina sendiri di rumah sehingga, untuk menghindari risiko bagi siapa pun, saya memutuskan untuk berjalan jauh ke Kota Marudu karena saya terbiasa berjalan kaki berkilo-kilometer jauhnya dari berburu dan bertani, ” dia berkata.

Dilansir dari straitstimes.com, Alixson bercerita bahwa ia memulai perjalanannya dari rumah sakit. Bapak dua anak ini sempat menyantap makan siang di rumah sakit dan membeli dua botol air mineral untuk bekal selama di perjalanan. 

Mendapat Teman Perjalanan Baru

Alixson and Hachiko arrived Kota Marudu (thestar.com)

Secara mengejutkan, ada anjing yang mulai mengikuti Alixson. Ia berpikir mungkin anjiing tersebut hanya mengikutinya sebentar. Namun ternyata, anjing yang kemudian diberi nama Hachiko itu terus menemaninya hingga sampai di kotanya. 

Mereka beristirahat di halte bus, melewati banyak penghalang jalan dan bertemu dengan teman-teman baru. Selama perjalanan, mereka harus menghadapi panas dan hujan, serta jalanan yang berbukit dan naik turun. Alixson pun bercerita bahwa polisi dan pasukan keamanan yang bertanya ke mana tujuannya, tak pernah percaya bahwa ia akan menuju Kota Marudu, sebelum akhirnya ia menunjukkan paspor dan surat-surat rumah sakit yang dimilikinya. Mereka pun menawarkan bantuan untuk mengantarkan, namun Alixson menolak karena ingin membawa Hachiko bersamanya dan tidak ingin menimbulkan risiko kesehatan bagi siapapun. 

Tidak Langsung Berkumpul dengan Keluarga

Kota Marudu (wikipedia.com)

Pada pagi tanggal 28 Maret 2020, ia sudah berada di dekat Kg Tandasan, Kota Belud, setengah jalan menuju Kota Marudu. Tak sengaja ia bertemu dengan saudara laki-lakinya yang kemudian memberitahu keluarga agar mengirim kendaraan untuk dinaikinya sendiri, dan sang anjing yang akhirnya dipeliharanya. 

“Saya tidak pergi menemui orang tua saya setelah mencapai Kota Marudu tetapi langsung pergi ke sebuah pondok kecil di pertanian karena itu akan lebih aman untuk semua orang,” katanya. Hasil tes Covid-19 pertamanya akhirnya keluar dengan hasil negatif. Ia masih harus tes kedua di rumah sakit kota Marudu. “Saya tidak akan beristirahat dan tidak akan bertemu keluarga saya sampai rumah sakit memberi saya konfirmasi bahwa saya bebas dari virus ini. Untuk saat ini, Hachiko dan saya menghabiskan waktu bersama di pondok,” tambahnya. Agar tak menularkan Covid-19 pada orang tua dan anaknya, ia memilih untuk lebih bersabar.

Beberapa orang melakukan apapun agar tidak menularkan Covid-19. Kita bisa menjaga diri juga dengan tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan darurat. Lebih sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan, serta kesehatan diri. Semoga wabah mereda dengan segera, ya. Siapa yang udah kangen traveling lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial