fbpx
Topik / Artikel
Tips April 09, 2020

Buat Masker Sendiri, Nggak Perlu Beli yang Harganya Selangit!

Bagikan

Masker adalah salah satu senjata di tengah perang melawan pandemi Covid-19 ini. Karena banyaknya permintaan, makser pun menjadi barang yang sangat langka. Bahkan, ketika ada yang jual, harganya pun menjadi sangat tak masuk akal. Kali ini, SGB bagi-bagi video di mana #SGB_Family bisa buat masker sendiri. Itung-itung, bisa jadi tambahan kegiatan saat di rumah saja. Sudah siap praktek?

Praktis Tanpa Jahit!

Seorang Youtuber ahli DIY (Do It Yourself), Lauren membagikan dua cara membuat masker sendiri di rumah. Sangat mudah dipraktekkan, bahkan bagi #SGB_Family yang nggak pernah mengenal menjahit. Yang pertama, kamu hanya butuh kain (bisa menggunakan bandana yang telah dicuci bersih) dan dua karet rambut.

Cara yang kedua membutuhkan kaos bekas, jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu hingga bersih. Cara yang ini membutuhkan jahitan sederhana, nggak perlu menggunakan mesin. Langsung praktekkan untuk buat masker sendiri, ya!

Gunakan Tisu

Cara buat masker sendiri tanpa menjahit juga ditunjukkan oleh Namu, youtuber lainnya yang cinta banget dengan fashion. Ia mengatakan bahwa kain katun adalah jenis terbaik yang bisa melindungi diri dari partikel-partikel di udara.

Ada juga cara untuk buat masker sendiri yang nggak kalah praktis dan langsung bisa dipraktekkan karena bahannya pasti ada di rumah #SGB_Family, yaitu tisu! Namu menunjukkan lewat videonya untuk menggunakan tisu dapur. Sangat mudah, bukan?

Mudah Dipraktekkan!

Jess Dang juga mengupload video buat masker sendiri yang sangat mudah dipahami. Meski membutuhkan jahitan, tapi bisa dilakukan dengan tangan. Jess Dang menunjukkan langkahnya secara detail, #SGB_Family pasti bisa mengikutinya dengan benar. Kamu hanya perlu baju lama yang sudah tidak dipakai. Ada dua macam masker yang bisa dibuat, semuanya ditunjukkan step by step. Video ini bahkan sudah ditonton lebih dari 1 juta kali, lho.

Masker Buatan Istri Dokter

Seorang dokter menjelaskan mengenai pentingnya menggunakan masker. Masyarakat yang buat masker sendiri di rumah akan sangat membantu untuk menjaga masker medis hanya untuk petugas kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat masker, di antaranya adalah bahan dan model.

Istri dari dokter Ryan menjelaskan bahwa material khusus akan jauh lebih aman. Cara ini mungkin sedikit lebih susah dibanding cara lainnya. Namun, keamanannya lebih terjamin. Pastikan membeli semua bahannya dengan cara online, ya. Jangan cari alasan untuk keluar rumah.

Itulah beberapa cara untuk buat masker sendiri di rumah. Menggunakan masker apapun lebih baik daripada tidak sama sekali. Ini bisa menjadi kegiatan untuk mengisi waktu di rumah dan alternatif agar nggak perlu buang uang untuk membeli masker di pasaran yang harganya udah nggak masuk akal. Jangan lupa untuk mencuci setiap kali setelah keluar rumah dan buang maskermu jika itu adalah sekali pakai. Gimana, sudah ada #SGB_Family yang buat masker sendiri di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial