fbpx

Hindari Tertular Covid-19 Saat Belanja Online, Begini Caranya!

  • April 8, 2020
  • Dibaca 106 kali

Beberapa negara sudah memberlakukan social distancing, lockdown, juga himbauan untuk diam di rumah saja. Berbagai cara juga dilakukan sebagai pencegahan agar tak tertular Covid-19. Berbelanja dan makan pun akhirnya dilakukan dengan cara online. Namun, apakah benar-benar bisa menghindarkan kita dari tertular? Dilansir dari edition.cnn.com, virus masih bisa tertinggal di permukaan kardus selama 24 jam, sedang di atas permukaan plastik hingga 3 hari. Begini cara yang bisa dilakukan agar tidak tertular Covid-19 saat belanja online. Langsung praktekkan, ya. 

Delivery Makanan

Delivery food ( Photo by Erik Mclean on Unsplash )

Karena social distancing, jadi nggak memungkinkan untuk mencari makan di luar. Alternatif lainnya yang bisa dilakukan adalah memesan makanan secara online. Namun, tetap ada kemungkinan makanan sudah tersentuh oleh seseorang yang memiliki virus. Cara yang bisa dilakukan untuk menghindari tertular Covid-19 dengan langsung mengganti wadah makanan menjadi piring atau mangkok pribadi. Jangan lupa langsung membuang sampahnya di luar rumah, ya. Pastikan juga tidak lupa mencuci tangan dengan sabun.

Pesan untuk Kurir

Pesan untuk kurir (freepik)

Jarak ideal yang diterapkan saat social distancing adalah 2-3 meter. Untuk mengurangi interaksi dengan kurir, #SGB_Family bisa berpesan untuk meletakkan makanan atau pesananmu di depan pintu. Hindari juga membayar dengan uang cash. Lebih baik isi dulu uang elektronik untuk menghindari bertukar uang dengan orang lain. 

Belanja Grosir

Belanja Grosir ( Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash )

Beruntunglah kita hidup di zaman serba dimudahkan teknologi. Belanja grosir pun nggak harus pergi ke supermarket atau pasar. Hal yang perlu dilakukan agar terhindar tertular Covid-19 saat belanja online kebutuhan sehari-hari adalah langsung mencucinya. Buang plastik atau tas yang digunakan. Selanjutnya adalah membersihkan belanjaan berbungkus plastik, kaleng, dan kardus dengan tisu basah beralkohol atau lap dengan sabun dan air. 

Sedang untuk sayuran, lakukan perlakuan khusus. Sebelum menyentuh sayuran, #SGB_Family wajib mencuci tangan. Kemudian bisa mencuci sayuran dengan air yang mengalir. Lalu bisa langsung menyimpannya di lemari es. Bisa juga #SGB_Family langsung memasaknya. Tenang saja, virus dipercaya akan hilang karena dalam proses pemasakan. 


Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menghindari tertular Covid-19 saat belanja online. Semoga wabah ini cepat berlalu, biar kita semua bisa berbelanja langsung dengan tenang, ya. Jangan lupa tetap di rumah dan menjaga kebersihan, serta kesehatan untuk memutus tali penularan. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial