Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...
Topik / Artikel
Berita Terbaru April 07, 2020

Siap-siap Kagumi Pink Supermoon Malam Ini, Jangan Sampai Terlewat!

Bagikan

Di tengah wabah Covid-19 ini, rasanya kita berhak akan sedikit kabar gembira atau keindahan yang bisa dinikmati. Anjuran di rumah saja, kerja pun dari rumah, menunda liburan mungkin menjadi hal menyebalkan. Tenang, ada Pink Supermoon malam ini yang keindahannya bisa dinikmati dari rumah. Yuk, baca keterangan lebih lanjutnya. 

Apa Sih Supermoon Itu?

Supermoon (IG: trinitywellness_ )

Supermoon atau bulan super adalah keadaan di mana bulan sedang penuh dan berada dalam posisi yang dekat banget dengan bumi. Secara spesifik, supermoon bisa juga merupakan bulan purnama. Namun, supermoon berjarak sekitar 10% dari bumi, lebih pendek dari lintasannya. Karenanya, bulan akan terlihat sangat besar dan terang.

Fenomena supermoon sebelumnya terjadi pada tahun 1955, 1974, 1992, dan 2005. Uniknya, supermoon sering dihubungkan dengan bencana alam, seperti gempa bumi, dan lain-lain. Namun, tenang saja. Pergerakan bulan tidak cukup kuat untuk mempengaruhi pergerakan tanah ataupun gunung. 

Kapan Bisa Melihat Pink Supermoon?

Supermoon (IG: vybesource )

Supermoon akan muncul untuk ketiga kalinya di tahun ini. Waktunya jatuh pada hari ini, Selasa 7 April 2020 dan Rabu 8 April 2020. Dilansir dari forbes.com, dinyatakan bahwa Super Snow Moon dan Super Worm Moon sudah terlihat, sehingga Super Pink Moon atau akan menjadi terbesar dan terbaik di tahun ini. 

Bulan ini akan terlihat sangat besar karena berada di titik cakrawala. Akan terlihat sangat berbeda dari bulan yang bisa kita lihat. Sangat indah! Siap-siap di sore hari dan waktu di mana bulan biasa muncul. Pink Supermoon akan muncul dan bisa dinikmati selama 20 menit. 

Di Mana Bisa Melihat Pink Supermoon?

Cari balkon atau lantai 2 ( Photo by Lukenn Sabellano on Unsplash )

Tenang saja, #SGB_Family nggak perlu ke luar rumah atau berada di lokasi tertentu. Bulan purnama bisa dinikmati di cakrawala timur. Cukup cari tempat tinggi, seperti lantai dua atau balkon rumah. Jika balkonmu bukan menghadap timur, tidak akan rugi. #SGB_Family bisa menikmati moonset pada esok pagi, 8 April 2020. Sama indahnya seperti saat terbit. 


Apakah benar-benar berwarna pink? Bulan purnama satu ini memiliki warna lebih pucat. Ada warna oranye, kemudian kuning, lalu akan terlihat putih, cerah, dan semakin terang. Coba lihat sendiri untuk tahu bagaimana warna sesungguhnya, ya. 

Kalau sampai ketinggalan bulan indah kali ini, #SGB_Family harus menunggu hingga 7 Mei 2020. Namun, jika ingin menanti Super Beaver Moon, yaitu yang paling terdekat sepanjang sejarah supermoon, itu akan terjadi di 25 November 2034. Nah, pastikan nggak kehilangan momen ini meskipun tetap di rumah saja, ya. Bisa untuk hilangkan stress juga!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...