fbpx

Buang Maskermu Sekarang Juga! Ini Alasannya!

  • April 7, 2020
  • Dibaca 9 kali

Bagaimana kabar #SGB_Family? Wabah Coronavirus ini memang sudah sangat menghantui. Ada banyak cara dilakukan demi menjaga diri agar tak terinfeksi virus Covid-19. Di antaranya adalah rajin mencuci tangan dengan sabun, juga menggunakan masker bila sakit atau keluar rumah. Namun, tahukah bahwa menggunakan masker ternyata juga nggak aman. Buang maskermu sekarang juga, khususnya untuk jenis yang sekali pakai. Baca lebih lanjut ntuk tahu tentang alasannya. 

Masker sudah langka ( Photo by engin akyurt on Unsplash )

Beraktivitas di tengah wabah pandemi Covid-19 ini sangat mengkhawatirkan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan sebagai pencegahan agar tidak terinfeksi adalah penggunaan masker. Banyak himbauan yang menyatakan bahwa masker digunakan bagi yang tidak sehat. Sehingga ketika batuk dan berbicara tidak menularkan droplet ke orang di sekitarnya. 

Namun, banyak yang menggunakan masker meskipun sehat. Mereka merasa lebih aman. Karena hal ini lah, permintaan masker di pasaran meningkat tajam. Produk ini menjadi susah dicari, saat ada pun harganya menjadi sangatlah mahal. 

Buang maskermu ( Photo by engin akyurt on Unsplash )

Ternyata menggunakan masker juga tak bisa menghindarkan kita semua dari virus Covid-19. Dilansir dari mothership.sg, sebuah penelitian dari University of Hong Kong (HKU) menyatakan bahwa Coronavirus masih dapat ditemukan di lapisan luar masker wajah setelah tujuh hari. Laporan ini diterbitkan dalam jurnal medis The Lencet pada tanggal 2 April 2020 kemarin. 

Stabilitas SARS-Cov-2, nama resmi dari Covid-19 ini ternyata dapat melekat pada baja dan plastik hingga empat hari lamanya. Namun, #SGB_Family bisa tenang, tim Hong Kong juga menemukan bahwa disinfektan rumah tangga biasa, termasuk pemutih baju, efektif dalam membunuh virus. 


Maka dianjurkan bahwa buang maskermu sekarang juga jika itu adalah jenis sekali pakai. Jangan lupa untuk menggunting atau merusak masker saat membuangnya, agar tidak dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab. Dan pastikan untuk mencuci masker setiap kali selesai dipakai ke luar rumah. Pastikan juga untuk membiasakan diri tidak menyentuh pintu, atau apapun yang sering tersentuh banyak orang. 

Lama virus pada permukaan benda ( Photo by Dimitri Karastelev on Unsplash )

Para peneliti juga menguji lama virus bisa tetap menular pada berbagai jenis permukaan suhu kamar. Para kertas tisu, virus bisa bertahan selama kurang dari tiga jam. Sedang pada kayu dan kain, seperti jas laboratorium, virus bisa hilang pada keesokan harinya. Perlu diperhatikan, virus bisa menempel pada gelas dan uang kertas, meski bisa hilang pada hari keempat. 

Nampaknya virus bisa bertahan lebih lama pada permukaan berbahan stainless steel dan plastik. Virus tidak akan hilang hingga hari ke tujuh. Nah, peneliti menyatakan masih ada tingkat infeksi yang terdeteksi pada lapisan luar masker wajah setelah tujuh hari.

Itulah alasan kenapa harus buang maskermu sekarang juga. Mencuci tangan masih dianjurkan sebagai hal yang paling utama dilakukan untuk tetap bersih. Karena seperti yang diketahui, tangan bisa membawa virus dari barang-barang yang tersentuh untuk masuk ke mata, mulut, hidung. Jangan malas jaga kesehatan dan kebersihan, ya. Semoga #SGB_Family tetap sehat dan semangat, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×