Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...
Topik / Artikel
Berita Terbaru April 04, 2020

Ramalan Nasib Pariwisata Setelah Serangan Covid-19, Cari Tahu Lebih Lengkap!

Bagikan

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak bisnis yang merugi di tengah serangan Covid-19 ini. Yang paling terlihat adalah anjloknya segala usaha di bidang pariwisata. Sebut saja maskapai yang harus membatasi jumlah penerbangan. Hal serupa terjadi pada bidang hospitality, tidak sedikit hotel yang akhirnya memilih tutup sementara karena tidak ada tamu yang datang. Yuk, lihat bagaimana ramalan nasib pariwisata setelah serangan Covid-19. Baca terus, ya. 

Hotel dan Akomodasi Lainnya

Ramalan Nasib Pariwisata – Hotel ( Photo by Melissa Walker Horn on Unsplash )

Di Indonesia sendiri, sudah hampir 1000 hotel yang memutuskan untuk tutup sementara. Biaya operasional harian sebuah hotel tentu tidak sedikit. Keputusan ini tentu lebih baik meski berat, karena tidak ada tamu yang datang. 

Dilansir dari edition.cnn.com, Jan Freitag, wakil presiden senior Lodging Insights untuk firma analisis perhotelan STR, menyatakan bahwa tarif hotel akan turun lebih banyak sebelum akhirnya kembali normal. Seperti yang pernah terjadi, di masa ketidakpastian besar pada tahun 2001 setelah serangan 9/11, dibutuhkan dua kali lebih lama untuk tarif kamar kembali normal. 

Sedang Christoper Anderson, profesor bisnis di Hotel School Cornell University di Itacha, New York menyatakan, bahwa setelah serangan Covid-19 ini mungkin wisatawan akan merasa tidak nyaman dengan pilihan penginapan alternatif. Selain karena komunikasi yang sulit dengn pengelola, ada juga standar kebersihan yang mungkin tidak baku. “Saya akan menginginkan keselamatan dan keamanan protokol pembersihan yang saya dapatkan dari penyedia penginapan yang sudah mapan,” kata Anderson

Kebersihan Menjadi Sangat Penting

Menjaga kebersihan properti ( Photo by The Honest Company on Unsplash )

Salah satu hal yang perlu mendapat perhatian lebih dalam pariwisata setelah serangan Covid-19 adalah tentang kebersihan. “Semua orang, apakah itu pesiar, penginapan atau hotel, harus mengubah cara mereka memantau dan membersihkan lingkungan yang berinteraksi dengan konsumen dan berkomunikasi yang kembali kepada para tamu untuk meningkatkan tingkat kenyamanan mereka,” kata Anderson.

Jan Freitag, wakil presiden senior Lodging Insights untuk firma analisis perhotelan STR juga menggarisbawahi tentang sanitasi, juga langkah-langkah baru perbaikan yang terlihat. Hotel perlu menunjukkan bahwa properti sangat bersih. “Apakah itu berarti pembersih tangan di mana-mana atau secara teratur mendesinfeksi ruangan, akan ada rejimen yang dikomunikasikan dengan jelas untuk memberitahu pelanggan, ‘inilah yang kami lakukan untuk membuat Anda tetap aman,”

Pesawat dan Transportasi Lainnya

Perjalanan dengan pesawat ( Photo by Jordan Sanchez on Unsplash )

Ramalan nasib pariwisata setelah serangan Covid-19 lainnya adalah tentang transportasi. Anderson menyatakan bahwa orang akan lebih nyaman bepergian dengan pesawat yang tidak penuh. “Jika kita benar-benar ingin membalikkan keadaan ini, maskapai harus terbang dengan kursi tengah kosong dan harga jauh lebih rendah dari yang kita miliki pada musim panas lalu,” jelasnya.

Beberapa maskapai juga mengumumkan rencana untuk menghilangkan beberapa layanan, seperti makanan dan minuman, juga petugas di tempat duduk tengah untuk mengurangi interaksi saat terbang. Ramalan nasib pariwisata satu ini akan terjadi berapa lama lagi ya kira-kira?

Anderson melihat bahwa perjalanan bisnis akan kembali pulih lebih cepat. Kemudian diikuti oleh perjalanan liburan di dalam negeri. Sedang, perjalanan luar pulau atau luar negeri cenderung menurun. 

Itulah beberapa ramalan pariwisata sesudah serangan Covid-19 dari sudut pandang para ahli. Yuk bekerja sama dengan tetap di rumah, menjaga jarak, dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri agar pandemi ini segera berakhir. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...