fbpx

Covid-19, Malaysia Gratiskan Internet, Ini Langkah Singapura

  • April 2, 2020
  • Dibaca 90 kali

Serangan wabah Covid-19 ini menimbulkan berbagai efek. Di antaranya adalah Malaysia lockdown, juga beberapa negara lainnya. Seperti di Singapura dan Indonesia, yang memberlakukan work from home. Karenanya, penggunaan internet pun meningkat tajam. Pemerintah pun mengambil tindakan yang lebih memudahkan masyarakatnya. Malaysia gratiskan internet, apa yang dilakukan negara lain? Baca terus untuk informasi lengkapnya. 

Malaysia (IG: Photo by Meimei Ismail on Unsplash )

Dilansir dari www.nst.com, Malaysia akan menyediakan penggunaan data internet gratis untuk pelanggan selama periode MCO (Movement Control Order) mulai 1 April 2020. Tan Sri Muhyidding Yassin, Perdana Menteri Malaysia menyatakan bahwa pemerintah mengalokasikan RM600 juta di bawah the Prihatin Rakyat Economic Stimulus Package. Perdana menteri juga menambahkan, “Terlepas dari itu, tambahan RM400 juta akan diinvestasikan untuk meningkatkan jangkauan jaringan dan kemampuan untuk menyediakan jaringan telekomunikasi dengan ketersediaan dan kualitas tinggi,”

Malaysia (IG: danielaagu16 )

Nggak cuma urusan internet, pemerintah Malaysia juga menyisihkan RM530 juta untuk diskon sebesar 15%-50% secara bertahan untuk listrik dengan batas maksimum 600 kilowatt per bulannya. Potongan ini berlaku mulai April 2020. 

Dilansir dari sbr.com.sg, salah satu provider Singapura yaitu SingTel mengumpulkan $2 juta untuk menyediakan paket khusus untuk konsumen dan UKM. Akan ada sekitar 18 badan aman dan perusahaan sosial yang menerimanya. Dana tersebut akan digunakan untuk memperluas paket layanan perawatan untuk membantu kelompok-kelompok rentan di masyarakat, serta untuk mendukung pekerja kesehatan garis depan dan sukarelawan. 

Mulai 1 April 2020 kemarin, provider ini juga menyediakan layanan gratis, mulai dari hiburan untuk masyarakat umum, hingga solusi bisnis untuk usaha kecil menengah. UKM yang menerapkan rencana kerja dari rumah, kerja jarak jauh, atau pengaturan tim terpisah akan mendapatkan enam bulan menggunakan alat secara gratis dan akses ke pasar elektronik di mana mereka bisa mendirikan toko online.

Nggak hanya itu, pertanggungan asuransi Covid-19 30 hari gratis berdasarkan penghasilan juga akan diperluas ke pelanggan, serta semua pelanggan seluler Singtel bisa menggunakan Whatsapp secara cuma-cuma. 

Itulah berita singkat mengenai langkah beberapa negara, Malaysia gratiskan internet, Singapura juga menyediakan bantuan untuk UKM. Semoga Indonesia dan negara lainnya juga melakukan langkah serupa. Demi kegiatan di rumah saja bisa lebih baik dan produktif. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial