fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru April 01, 2020

Indonesia dan Singapura Bantu Rakyat Kecil, Begini Caranya

Bagikan

Seluruh dunia sedang berjuang. Krisis yang disebabkan oleh Covid-19 tak hanya menyerang Cina, namun seluruh dunia. Berbagai bisnis gulung tikar, nggak sedikit mereka yang harus kehilangan pekerjaan. Pemerintah nggak tinggal diam. Indonesia dan Singapura bantu rakyat kecil dengan berbagai cara. Apa saja? Simak keterangannya di bawah ini, ya. 

Singapura Keluarkan Hukum Baru

Hawker Centre Singapore ( Photo by Sarthak Navjivan on Unsplash )

Dilansir dari straitstimes.com, hukum baru diusulkan untuk melindungi masyarakat atau perusahaan yang terganggu oleh Covid-19. Hukum baru ini akan diperkenalkan di Parlemen minggu depan. RUU Covid-19 (sementara) misalnya berupaya mencegah hotel atau perusahaan katering akan kehilangan setoran karena banyak acara yang ditunda. Ini bisa bantu rakyat kecil agar tidak bangkrut.

Ketika disahkan minggu depan, undang-undang tersebut juga akan mencegah pemilik tanah menghentikan sewa komersial karena kegagalan membayar sewa karena terpengaruh oleh Covid-19. Sebagai contoh, beberapa restoran harus berhenti beroperasi karena virus. Meskipun sewa menumpuk, namun jatuh tempo akan jatuh enam bulan kemudian.

Cara Singapura bantu rakyat kecil ini harus menggunakan arus kas sementara untuk menutup kerugian bisnis atau perorangan yang memungkinkan mereka akan kehilangan deposito atau aset mereka. Ini adalah salah satu cara Singapura bantu rakyat kecil. Beberapa pejabat bahkan sudah dipotong gajinya untuk menambah anggaran masyarakat sehingga bisa bantu rakyat kecil.

Indonesia Beri 6 Paket Bantuan

Token Listrik (IG: haluanriau.co )

Nggak hanya Singapura, Indonesia juga turun tangan bantu rakyat kecil. Dilansir dari cnbcindonesia.com, Jokowi menyiapkan 6 bantuan untuk mereka yang terdampak wabah Covid-19. Di antaranya adalah (1) Program Keluarga Harapan, (2) Kartu Sembako untuk 20 juta penerima dengan jumlah 200 ribu selama 9 bulan. (3) Kartu Pra Kerja dengan anggaran 20 triliun rupiah. (4) Diskon dan Gratis Tarif Listrik untuk 24 juta pelanggan selama 3 bulan ke depan. (5) Antisipasi Kebutuhan Pokok dengan anggaran 25 triliun untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan operasi pasar dan logistik. (6) Keringanan Pembayaran Kredit yang dikhususkan untuk pekerja informal, seperti ojek online, sopir taksi, dan lain-lain yang memiliki penghasilan harian. 

Presiden Indonesia, selain membantu rakyat kecil, Jokowi juga menegaskan bahwa kebijakan pemerintah dalam menghadapi Covid-19 ini fokus pada tiga hal, yaitu kesehatan masyarakat, kedua adalah persiapan jaring pengaman sosial agar mampu memenuhi kebutuhan pokok dan menjaga daya beli masyarakat. Ketiga adalah menjaga daya usaha. 

#SGB_Family semuanya jangan patah semangat. Yuk tetap optimis dan bersama-sama memerangi wabah ini dengan patuh pada himbauan pemerintah untuk tetap diam di rumah, jaga jarak dengan orang lain, dan yang pasti menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Semoga wabah ini cepat reda dan keadaan menjadi normal, ya. Ada amin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial