fbpx

Hindari Stress di Tengah Serangan Covid-19 dengan Cara Ini, Yuk Pratekkan!

  • March 31, 2020
  • Dibaca 14 kali

Virus Covid-19 nggak hanya menyerang Singapura, Indonesia dan negara-negara tetangga, namun juga seluruh dunia. Setiap hari, bahkan dalam setiap jam selalu ada berita terbaru mengenai perkembangan virus ini. Sayangnya, nggak semua berita mengabarkan hal baik, tak sedikit yang menceritakan kenaikan kasus pasien terinfeksi yang tajam, hingga kematian. Bisa bikin perasaan nggak enak, apalagi membacanya dalam keadaan panik. Tenang, #SGB_Family bisa hindari stress di tengah serangan Covid-19 dengan cara ini. Simak sampai habis, ya. 

Menikmati wangi kopi ( Photo by Clay Banks on Unsplash )

Dilansir dari theguardian.com, sebuah penelitian menyatakan bahwa emosi positif dapat membantu kita untuk menghilangkan efek negatif dari stress. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mensyukuri hal-hal kecil. Meskipun hanya berada di dalam rumah, masih ada banyak hal yang bisa membuat bahagia, perhatikan sekelilingmu. Wangi kopi, nikmatnya mandi air hangat, dan lain-lain. 

Kalau #SGB_Family memberi kesempatan otak untuk memproses rasa senang, maka hal itu akan meningkatkan serotonin, yaitu perasaan senang yang akan meningkatkan mood dan membuat #SGB_Family merasa tenang. 

Berkumpul dengan keluarga ( Photo by Paige Cody on Unsplash )

Kalau biasanya pulang ke rumah sudah malam, sedang pagi sudah harus berangkat ke kantor, maka Stay Home Notice, WFH (Working From Home) ini bisa menjadi kesempatan untuk menghangatkan hubungan. Bisa menikmati sarapan lebih tenang, punya banyak waktu untuk berbincang. 

Kegiatan di atas dapat meningkatkan oksitosin yang merupakan hormon yang mengikat seseorang untuk menjadi lebih tenang. Ketika hormon jenis ini meningkat, maka tubuh akan memerintahkan untuk mematikan kortisol, yaitu hormon yang membuat stress. 

Tetap jalani hari normal ( Photo by Nick Morrison on Unsplash )

Cara lain untuk hindari stress di tengah serangan Covid-19 ini adalah tetap sibuk. #SGB_Family bisa menjalani hari normal seperti biasanya. Bangun pagi, sarapan, lalu bekerja. Hanya saja kali ini tidak keluar rumah. 

#SGB_Family juga bisa menambah kegiatan dengan melakukan pekerjaan rumah. Dilansir dari channelnewsasia.com, Psikoterapis dari Mayo Clinic Health System yang berbasis di Amerika Serikat, Jennifer Wickham menyatakan, “Ini efektif untuk memberikan sesuatu kepada pikiranmu untuk dilakukan selain khawatir. Ini akan membantu mengurangi pengalaman Anda dari kecemasan dan stres yang dirasakan tubuh Anda dari kecemasan, ”

Jangan pantengin berita buruk (frepik.com)

Jennifer juga menyatakan, “Terkena informasi yang sama beberapa kali, terutama jika itu memicu kecemasan, dapat meningkatkan kecemasan orang dan bahkan menyebabkan trauma bagi sebagian orang.” Karenanya, Jennifer menyarankan untuk membatasi membaca atau menonton berita negatif sebagai salah satu cara untuk hindari stress di tengah serangan Covid-19 ini. 

Mengetahui perkembangan terbaru di tengah wabah seperti ini memang penting. Namun jangan sampai #SGB_Family terjebak dengan berita palsu. Selektiflah dalam memilih sumber berita. Kamu bisa berlangganan sumber berita resmi dari pemerintah. 

Sick young Caucasian woman covered with grey blanket sitting on bed with closed eyes, blowing nose with napkin. Illness, pain concept

Sebuah studi menyatakan, orang-orang yang sengaja terinfeksi virus influenza dan rhinovirus ternyata memiliki emosi lebih positif yang memungkinkan digunakan untuk melawan gejala-gejalanya. Orang yang memiliki sedikit emosi positif bisa 2,9 kali lebih beresiko terkena penyakit pernapasan. 

Selain itu, meningkatkan ketahanan tubuh juga nggak kalah penting. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita mengalami emosi positif di balik peristiwa stress, kita akan bangkit kembali dengan lebih cepat dan memiliki waktu “pemulihan kardiovaskular” yang lebih cepat, detak jantung akan lebih rendah dan tekanan darah akan stabil. 

Itulah beberapa yang bisa dilakukan #SGB_Family untuk hindari stress di tengah serangan Covid-19 ini. Jangan lupa untuk mematuhi anjuran pemerintah, diam di rumah, jaga jarak dengan orang lain, tetap sehat dan menjaga kebersihan. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan semua kembali normal. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×