fbpx

Bagaimana Covid-19 Menyerang Paru-paru, Seberapa Parah?

  • March 28, 2020
  • Dibaca 114 kali

Seluruh dunia sedang memerangi Coronavirus atau yang kini dikenal dengan nama barunya, Covid-19. Namun, apa sebenarnya yang diserang oleh virus ini? Apa efeknya untuk tubuh kita? Bagaimana cara Covid-19 menyerang paru-paru? Baca ulasan singkat di bawah ini untuk tahu bagaimana menghindarinya. 

Sebuah video 3D yang menunjukkan bagaimana Covid-19 menyerang paru-paru telah dirilis. Seorang pasien memiliki paru-paru yang sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, meski beberapa hari sebelumnya tidak menunjukkan gejala apapun. Video ini memperlihatkan kerusakan luas pada seorang pria berusia 59 tahun yang umumnya sehat, hanya memiliki tekanan darah tinggi, dijelaskan oleh Dr. Keith Mortman, kepala bedah toraks di Rumah Sakit Universitas George Washington. 

Dilansir dari cnn.com, karena menjadi sakit parah, pasien tersebut memerlukan ventilator untuk membantunya bernapas. Namun, pengaturan yang tinggi bahkan tidak cukup membantu. Ia juga membutuhkan mesin lain untuk memberikan oksigen pada darahnya. 

Paru-paru ( Photo by Robina Weermeijer on Unsplash )

Dr. Keith Mortman juga menjelaskan, “Ini bukan pasien diabetes berusia 70 tahun yang tertekan imunosupresan,” kata Mortman. “Selain tekanan darah tinggi, dia tidak memiliki masalah medis yang signifikan. Ini adalah orang yang mengurus bisnisnya sendiri dan mendapatkannya. Jika kita mengulang gambar 360VR sekarang, itu satu minggu kemudian, ada kemungkinan bahwa infeksi dan proses peradangan bisa lebih buruk. “

Area yang ditandai dengan warna kuning pada video adalah bagian yang terinfeksi dan meradang. Ketika paru-paru menemukan terinfeksi virus, organ akan mulai tertutup virus. Dari pemindaian, jelas terlihat bahwa yang terinfeksi bukan hanya sebagian dari paru-paru, sebaliknya yaitu meluas di kedua paru-paru, menunjukkan seberapa cepat dan agresif infeksi dapat bergerak, bahkan pada pasien yang lebih muda. 

Covid-19 menyerang paru-paru dan akibatnya adalah pernapasan yang terganggu. Dokter menjelaskan, “Masuk ke selaput lendir, dan kemudian ada di paru-paru. Cara tubuh mengendalikannya adalah dengan peradangan. Jadi anda mendapatkan proses inflamasi yang cukup kuat di paru-paru dalam upaya tubuh untuk mengendalikan infeksi.”

Peradangan mencegah paru-paru gagal memproduksi oksigen untuk darah dan menghilangkan karbon dioksida. Hal itu akan menyebabkan pasien terengah-engah, atau menghirup banyak udara untuk menyeimbangkan kadar oksigen dan karbon dioksida. 

3D render of a medical background showing virus cells in male figures lungs ( www.freepik.com)

Video bagaimana Covid-19 menyerang paru-paru ini juga menunjukkan bahwa informasi tentang gejala umum, seperti batuk dan sesak napas kadang tidak benar-benar terlihat sehingga bisa terdeteksi seseorang telah terinfeksi atau belum. Pada beberapa orang, kerusakan akan menjadi parah dan tidak dapat dipulihkan, sehingga sangat penting bahwa kita patuh pada nasehat tentang jaga jarak dan mengisolasi diri.

Himbauan dari WHO (IG: who)

Karena Covid-19 menyerang paru-paru, WHO menyatakan seorang perokok memiliki kesempatan lebih tinggi untuk terjangkit Covid-19. Selain karena kegiatan ini membuat tanganmu selalu berdekatan dengan mulut, memudahkan virus masuk ke dalam tubuh, perokok memiliki paru-paru yang tidak sehat. Hal lain yang perlu dihindari adalah shisha. Menggunakannya secara bergantian dengan orang lain tentu bisa menyebarkan virus dari satu orang ke orang lainnya. 

Setelah tahu bagaimana Covid-19 menyerang paru-paru dan seberapa parah, pastikan #SGB_Family selalu patuh pada himbauan untuk diam di rumah dan menjaga jarak dari orang lain. Jangan lupa untuk makan makanan bergizi dan berolahraga agar memiliki imun kuat untuk memerangi virus. Pastikan juga untuk tidak tertipu dengan obat Covid-19 palsu, ya. Semoga kita semua tetap sehat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial