fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru March 27, 2020

10 Berita Baik tentang Covid-19 dari Seluruh Dunia, Yuk Tetap Semangat!

Bagikan

Siapa yang udah kangen liburan lagi? Semua pasti nggak sabar bisa terbang ke destinasi impian, staycation di hotel bareng keluarga tercinta, atau siap-siap berjemur di pantai dengan sahabat. Waspada dengan wabah Covid-19 memang wajib, tapi jangan sampai kehilangan semangat bahwa badai pun pasti berlalu. Baca 10 berita baik tentang Covid-19 di bawah ini agar semangatmu tetap terjaga. Sudah sia? 

Ilustrasi tabung reaksi ( Photo by Bill Oxford on Unsplash )

Berita baik tentang Covid-19 yang ditunggu-tunggu adalah tentang obat yang bisa langsung menyembuhkan setiap pasien. Saat ini, delapan lembaga berbeda di Cina sedang mengerjakan lima jenis vaksin untuk memerangi virus. Dilansir dari South China Morning Post, “Menurut perkiraan kamu, bahwa pada bulan April, beberapa vaksin akan memasuki penelitian klinis atau digunakan dalam keadaan situasi darurat.” jelas Zheng Zhingwei, selaku Direktur Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi Komisi Kesehatan Nasional. Meski nantinya butuh sekitar 12-18 bulan untuk penyediaan vaksin yang bisa digunakan untuk umum, namun tetap bisa digunakan untuk keadaan darurat. 

Nggak cuma di Cina, sebuah tim ilmuwan Kanada akhirnya berhasil menumbuhkan salinan virus Corona. Hal ini bisa digunakan untuk membantu para ilmuwan mempelajari patogen yang nantinya bisa untuk mengembangkan pengujian, perawatan, pembuatan vaksin yang lebih baik. Semoga berita baik tentang covid-19 ini bisa menjadi awal mula dari harapan baik, ya.

Ilustrasi percobaan vaksin ( Photo by Hyttalo Souza on Unsplash )

Uji coba vaksin Moderna telah dimulai di Kaiser Permanente, di bawah Lembaga Penelitian Kesehatan Washington di Seattle. Para relawan sedang direkrut untuk mengambil bagian dalam uji klinis vaksin Covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari tentang keamanan vaksin dan bagaimana sistem kekebalan dalam menanggapinya, jelas Kaiser Permanente dalam postingan di website resminya. 

Berita baik tentang Covid-19 juga datang dari Australia. Pusat Penelitian Klinis Universitas Queensland dan para ilmuwan di dalamnya telah menemukan dua obat yang berbeda, di mana keduanya telah terdaftar dan tersedia di Australia. Obat ini juga berhasil menghilangkan penyakit dalam uji coba di tabung reaksi. 

Dilansir dari goodnewsnetwork.org, Kedua obat ini juga telah dicoba pada beberapa pasien Covid-19 pertama di Australia dan berhasil menghilangkan virus dan terjadi pemulihan total dari infeksi. Kini universitas sedang menguji coba nasional dengan obat-obatan untuk mengevaluasi kemanjuran dan toleransi masing-masing obat yang diberikan secara terpisah, juga yang bersamaan. 

Ilustrasi vaksin ( Photo by Kendal on Unsplash )

Berita baik tentang Covid-19 lainnya adalah datang dari www.express.co.uk, jika dibandingkan dengan SARS yang memiliki tingkat kematian hingga 11%, atau MERS dengan tingkat kematian mencapai 34%, Covid-19 hanya memiliki 1%. Meskipun kecil, tentu saja kehilangan orang yang dicintai tetap menyakitkan. Namun, pasien yang terinfeksi memiliki harapan tinggi untuk sembuh. Dr Shmerling menyatakan, “Perkiraan sekarang menunjukkan bahwa 99 orang yang terinfeksi Covid-19 akan pulih.”

Banyak berita yang menyatakan bahwa pasien dengan usia senja termasuk yang memiliki risiko tinggi. Namun, ternyata ada juga seorang nenek berusia 103 tahun yang berhasil sembuh dari Covid-19. Dilansir dari www.independent.co.uk, Zhang Guangfen berhasil mengalahkan serangan virus dalam tubuhnya setelah dirawat selama 6 hari di rumah sakit Wuhan.

Percaya nggak kalau masih banyak orang baik di dunia ini? Di luar negeri, Singapura, bahkan Indonesia masih banyak yang mau meluangkan waktu, tenaga, juga materi untuk membantu penanganan Covid-19. Deretan artis Korea Selatan yang menyumbangkan uang ratusan juta sempat menjadi berita terpanas. Para pejabat di Singapura rela memotong gajinya untuk para tenaga kesehatan, juga selebgram di Indonesia yang berhasil menggalang dana hingga 2 miliar rupiah untuk membantu penanganan wabah coronavirus ini. Benar-benar berita baik tentang Covid-19, bukan? 

Polusi udara (goodnewsnetwork.org)

Dilansir dari goodnewsnetwork.org, pembacaan satelit tingkat polusi udara di Cina dan Italia di mana sebagai wilayah yang mengalami serangan Covid-19 paling parah ternyata menunjukkan penurunan tingkat polusi udara yang signifikan. Beberapa laporan memperkirakan bahwa karantina di Cina telah menyelamatkan lebih dari 100 juta metrik ton emisi karbon dioksida dari memasuki atmosfer, setara dengan apa yang dihasilkan oleh Chili dalam setahun. 

Bunga ( Photo by Megan Markham on Unsplash )

Berita baik tentang Covid-19 lainnya adalah munculnya sikap tolong menolong. Seperti yang diketahui, hampir semua bisnis mengalami penurunan yang tajam. Namun, masih banyak yang mau mengulurkan tangan untuk sesama. Banyak berita yang mengumumkan beberapa rumah sakit terus kedatangan sumbangan makan siang atau snack. Dilansir dari elle.com, bahwa ada seorang pria misterius yang memborong seluruh bunga di sebuah toko hanya beberapa jam sebelum seluruh toko dipaksa tutup untuk menekan penyebaran Coronavirus atau Covid-19. Langsung bikin hati hangat, ya. 

Meski harus tetap waspada, namun deretan berita baik tentang Covid-19 di atas bisa membuat hati hangat dan tetap bersemangat. #SGB_Family bisa mengambil hikmah dari gerakan social distancing ini dengan lebih dekat dengan keluarga. Bisa juga mulai mendekatkan diri, kembali berkomunikasi dengan sahabat dan teman lama yang selama ini terlupakan karena kesibukan. 

Untuk sementara, patuhi pemerintah, menjaga kesehatan dan kebersihan diri juga sudah membantu untuk tidak memperparah penyebaran virus ini. Semoga berita baik tentang Covid-19 terus berdatangan hingga akhirnya tak ada lagi berita duka. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial