Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...
Topik / Artikel
Berita Terbaru March 26, 2020

Orang Indonesia Didenda Ratusan Juta di Singapura Karena Bawa Tunai, Bagaimana Aturannya?

Bagikan

Sudah bukan rahasia kalau Singapura dikenal sebagai negara dengan seribu macam aturan dan denda. Ada denda merokok sembarang, bahkan #SGB_Family bisa kena denda jika mengunyah permen karet. Berita terbaru, ada orang Indonesia didenda ratusan juta karena membawa uang tunai saat keluar masuk Singapura. Bagaimana sih aturan tentang hal satu ini? Baca keterangan lengkapnya di bawah ini, ya. 

Ilustrasi uang ( Photo by Roman Synkevych on Unsplash )

Dilansir dari mothersipsg.com, pada tanggal 25 Maret 2020 kemarin, seorang pria Indonesia didenda ratusan juta dan dihukum karena gagal menunjukkan laporan tentang perpindahan uang sebesar S$ 3,16 juta di antara 13 maret 2018 dan 28 November 2019 ke dalam dan luar Singapura. Polisi menemukan Hengky membawa berbagai mata uang lebih dari S$120.000. Hengki harus dijatuhi hukuman dan denda sebesar S$30.000 atau lebih dari 337 juta rupiah. 

Download formulisnya di website resmi (www.police.gov.sg)

Sejak tanggal 1 September 2014 lalu, sudah diberlakukan peraturan tentang membawa uang tunai. Disebutkan di website resmi Immigration & Checkpoints Authority Singapore bahwa jika memasuki dan meninggalkan Singapura dengan mata uang fisik atau surat berharga dengan nilai total melebihi S20.000), harus mengisi formulir NP727. Kemudian mengirimkan formulir pada Custom Red Channel saat masuk Singapura dan di konter imigrasi saat berangkat dari Singapura. Hal ini berlaku untuk semua turis dan semua warga Singapura. Pastikan #SGB_Family kalau nggak akan mengikuti jejak orang Indonesia didenda di Singapura ini.



Barang yang dilarang ( Photo by M Azharul Islam on Unsplash )

Banyaknya aturan di Singapura membuat negara ini aman untuk dikunjungi siapa saja. Bahkan untuk solo traveler perempuan yang baru pertama kali mencari pengalaman dengan liburan ke luar negeri. Ada beberapa hal lagi yang nggak boleh dibawa masuk ke Singapura, lho? Di antaranya adalah narkoba dan obatan terlarang, obat-obatan dengan bahan psikotropika, minuman keras, rokok dan sejenisnya, pemantik atau revolver, permen karet, kembang api atau petasan, dan banyak lagi lainnya. 

Pastikan #SGB_Family mencari tahu tentang Singapura di website SGB atau Instagram sebelum berkunjung. Nggak mau kan senasib seperti pria Indonesia didenda ratusan juta di atas. Selain itu, ada banyak informasi menarik, juga update tentang apa yang hits di Negeri Singa. Siapa nih yang nggak sabar berkunjung kembali ke Singapura? Mau ke mana dulu nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...