Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...
Topik / Artikel
Berita Terbaru March 16, 2020

Stay Home Notice di Singapura dari ASEAN, Termasuk Indonesia!

Bagikan

Beberapa negara yang sebelumnya tak terdampak Covid-19, belakangan mulai terkena imbasnya. Termasuk Indonesia, kenaikan jumlah kasus yang terjadi cukup tinggi. Hal ini membuat Singapura mengambil beberapa tindakan tegas yang baru, termasuk aturan STAY HOME NOTICE bagi warga dan turis dari negara ASEAN, termasuk Indonesia. Apa saja? Baca informasi lengkapnya di bawah ini. 

Aturan Stay Home Notice (channelnewsasia.com)

Dilansir dari channelnewsasia.com, Departemen Kesehatan menyatakan bahwa mulai hari ini, Senin 16 Maret 2020, pada pukul 11.59pm, pemerintah bakalan memberlakukan STAY HOME NOTICE selama 14 hari bagi warga Singapura atau turis yang telah melakukan perjalanan dari negara ASEAN (termasuk Indonesia), Jepang, Swiss dan Inggris. Selain warga dan turis, aturan ini juga berlaku bagi pemegang izin jangka panjang, pengunjung jangka panjang. 

Namun Stay Home Notice ini nggak berlaku bagi yang menggunakan penyebrangan lewat laut dan darat. Khususnya untuk pekerja. Menteri Perdagangan dan Industri Chan Chun Sing mengatakan bahwa, “Pekerja Singapura dan Malaysia yang berpergian antara Singapura dan Malaysia setiap hari masih dapat melakukannya.”

Hotel ( Photo by Rhema Kallianpur on Unsplash )

Bagi #SGB_Family yang ingin berkunjung ke Singapura harap diperhatikan. Jika dalam waktu dekat telah berada di negara ASEAN ( di antaranya adalah Brunei, Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand), Jepang, Swiss, atau Inggris harus tinggal di rumah selama 14 hari, mereka harus menjalani Stay Home Notice. Mereka juga harus menunjukkan pemesanan hotel selama waktu tersebut atau tempat tinggal keluarga di Singapura. Selain itu, para warga Singapura atau turis yang berasal dari negara-negara di atas mungkin akan dilakukan tes untuk pengujian Covid-19, meskipun nggak menampakkan gejala apapun. 

Tambahan untuk yang memiliki sejarah perjalanan dari negara ASEAN, harus menyerahkan surat keterangan sehat kepada pihak Imigrasi sebelum bepergian. Pengajuan tersebut harus disetujui oleh MOH Singapura sebelum tanggal liburan, ya. Persetujuan tersebut nantinya juga membutuhkan verifikasi oleh petugas Imigrasi dan ICA di Singapura. Jika memaksa langsung datang, #SGB_Family bisa ditolak masuk Singapura, lho. 

Update Kasus Coronavirus di Singapura (channelnewsasia.com)

Sekitar 14 pasien baru ditemukan kemarin, tanggal 15 Maret 2020, menjadikan jumlah kasus Covid-19 di Singapura mencapai 226 orang. Di antaranya, 121 pasien masih dirawat di rumah sakit. Sedang, sejumlah 105 pasien sudah sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit. 

Jumlah pasien Coronavirus di Singapura

Dilansir dari channelnewsasia.com, Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa dari 14 kasus terbaru, 9 di antaranya diimpor dari negara lain. Karenanya, Singapura akhirnya mengambil tindakan tegas. Sebelumnya, pemerintah bahkan memberi larangan masuk bagi warga Singapura atau turis yang memiliki sejarah perjalanan ke Italia, Prancis, Spanyol, dan Jerman. 

Singapore Airline (IG: singaporeair )

Bagi #SGB_Family yang sudah berencana liburan di Singapura dan ingin membatalkan atau mengubah tanggal, ada kabar gembira nih. Singapore Airlines bakalan menghapus biaya untuk rebooking untuk tiket yang dibeli pada atau sebelum tanggal 15 Maret hingga 31 Mei 2020. Jadi, #SGB_Family bisa bebas batalin, nih. Nggak akan kepotong, deh! Selain Singapore Airlines, aturan ini juga berlaku untuk SilkAir. 

Singapore Airlines juga mengumumkan bahwa mereka bakalan menangguhkan penerbangan ke kota-kota Eropa, termasuk Milan, Barcelona, Paris, Munich, dan Frankfurt. Untuk keterangan lebih lengkap, #SGB_Family bisa cek di website Singapore Airlines

Itulah beberapa update mengenai Covid-19 di Singapura. Semoga keadaan buruk ini cepat berlalu, sehingga himbauan Stay Home Notice juga lekas dihilangkan. Kita semua pun bisa menikmati Singapura seperti biasanya. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Get Latest Updates!
EMAIL
Secure and Spam free...