fbpx

Denda Merokok Singapura Mencapai 4000 Pelanggar di 2019!

  • January 22, 2020
  • Dibaca 260 kali

Singapura adalah negeri dengan seribu aturan. Setuju, tidak? Namun justru karena itulah negeri ini sangat aman, bersih, dan teratur. Bikin siapa pun betah! Namun ternyata, meski dikenal punya aturan yang sangat ketat, tahun 2019 lalu masih dikeluarkan sekitar 4000 tiket untuk denda merokok Singapura, khususnya di Orchard Road. Wah, banyak juga, ya. Yuk, baca ulasan lengkapnya!

4000 Tiket Denda Dilarang Merokok di 2019

Cukup mengejutkan, ada kisaran 4000 tiket denda merokok di Orchard Road, Singapura, pada tahun 2019 lalu. Pada tanggal 17 Januari 2020 lalu, Badan Lingkungan Nasional di Singapura menyampaikan hal ini. Sekitar 26 % tiket dikeluarkan untuk wisatawan. Hmm, pastikan #SGB_Family bukan salah satu turis yang nggak bisa mematuhi aturan negara yang sedang dikunjungi, ya. 



Orchard Road: Zona Bebas Rokok

Orchard Road (IG delia)

Di Orchard Road sendiri baru ditetapkan sebagai Zona Tanpa Rokok mulai Januari 2019 lalu. Meski begitu, masih disediakan sekitar 50 area merokok yang berbentuk kotak kuning atau tempat khusus. Ada masa toleransi selama tiga bulan sebelum denda benar-benar diterapkan. Dari sekitar 700 tiket, jumlahnya menjadi 14 tiket sehari pada bulan Mei. Wah, cukup berhasil, ya. 

Orchard Road (IG: minhhang2206)

Sejak aturan baru ini diberlakukan, Orchard Road pun tampak lebih bersih. Para pengunjung yang bukan perokok pun merasa jauh lebih nyaman. Sedang, perokok mulai memathui dan menyalakan puntungnya di dalam area merokok yang telah ditetapkan. Hal ini disampaikan oleh Steven Goh, Direktur Eksekutif Asosiasi Bisnis Orchard Road


Dideteksi dengan Video Analytic

No Smoke Zone (Pic: National Environment Agency )

Bagaimana Badan Lingkungan Nasional (NEA) mendekteksi adanya perokok yang nakal? NEA mengerahkan petugas di beberapa titik. Nggak cuma itu, ada juga kamera yang digunakan untuk memantau titik panas di daerah sepanjang Zona Bebas Rokok. Ke depannya, direncanakan bisa menggunakan teknologi yang lebih canggih. 

Percobaan menggunakan video analityc yang telah dilaksankan selama dua minggu ini ternyata memberikan hasil yang cukup memuaskan. Teknologi ini terbukti memiliki akurasi hampir 80%. Hal tersebut juga disampaikan oleh NEA. Percobaan di lokasi lainnya juga bakalan dilaksanakan. Nah, sebagai traveler bijak dan pintar, jangan coba-coba sembunyi atau melanggar denda merokok Singapura ini, ya.

Peta Wisata Bebas Rokok

Peta Zona Bebas Rokok di Orchard Road (National Environment Agency )

Seperti yang dijelaskan di atas. Sekitar 26% tiket denda merokok Singapura dikeluarkan untuk wisatawan. Pemerintah pun melakukan perbaikan dalam penyampaian informasi. Stiker-stiker diganti warna menjadi biru yang bisa ditemukan di sepanjang jalan Orchard Road. Informasi juga bisa ditemukan di tempat lainnya. 

Nggak perlu khawatir, ke depannya informasi mengenai Zona Bebas Rokok juga bakalan ditampilkan di peta wisata yang didistribusikan oleh Singapore Tourism Board. Jadi nggak ada alasan untuk kita semua nggak patuh dan pura-pura nggak tahu, ya. 

#SGB_Team yakin nih kalau #SGB_Family nggak termasuk dari 4000 tiket denda dilarang merokok di Singapura. Benar, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial