fbpx
Topik / Artikel
Tips December 19, 2019

Mau Berobat di Singapura, Perhatikan Alasan dan Tips Berikut Ini Ya

Bagikan

Sudah bukan rahasia kalau banyak warga Indonesia yang memilih berobat di Singapura. Ternyata nggak cuma sekadar punya uang lebih, ada banyak alasan kenapa berobat di Negeri Singa bisa menjadi pilihan.

Di antaranya adalah dokter yang ahli, peralatan canggih dengan teknologi terbaik, juga tarif yang sama. Bagi #SGB_Family yang berencana membawa keluarga tercinta berobat di Singapura, perhatikan tips berikut ini, ya. 

Siapkan Surat Rujukan

Medical History (unsplash.com)

Sebelum berangkat berobat di Singapura, #SGB_Family wajib menyiapkan surat rujukan dari rumah sakit dan dokter di Indonesia. Surat ini lah yang bakalan memudahkan #SGB_Family saat memulai proses pengobatan. Surat rujukan tersebut biasanya berisi keterangan kondisi kesehatan terbaru, riwayat penyakit, obat yang biasa digunakan, dan lain-lain. 

Surat lain yang juga perlu disiapkan adalah hasil rontgen, USG, MRI, juga tes darah lainnya. Jika semua sudah ada, dokter di Singapura pun tak perlu mengulang tes yang sama dan melanjutkan ke proses pengobatan selanjutnya.


Pilih Dokter dan Rumah Sakit

Memilih rumah sakit (unslplash.com)

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum #SGB_Family berobat di Singapura adalah memilih dokter dan rumah sakit. Beberapa rumah sakit di Singapura dikenal memiliki fasilitas perawatan kesehatan berkualitas tinggi dan paling efisien di dunia. Bahkan ada rumah sakit yang berada di nomor tiga terbaik dunia. 

#SGB_Family bisa memilih rumah sakit umum yang dijalankan seperti rumah sakit swasta. Kini ada kurang lebih 16 RS Umum, seperti Alexandra Hospital, Changi General Hospital, dan lain-lain. Ada juga rumah sakit pribadi yang biasanya lebih mahal dan tidak ada subsidi untuk pasiennya. Contoh rumah sakit pribadi adalah Medishield Life. 

Sebelum memilih rumah sakit, siapkan dulu anggarannya lalu memilih tempat yang sesuai. Paling murah adalah rumah sakit umum, terlebih jika harus rawat inap sehingga #SGB_Family bisa berhemat. 

Siapkan Dokumen Penting Lainnya

Siapkan paspor dan dokumen lain (unsplash.com)

Setelah menemukan rumah sakit yang untuk berobat di Singapura, hal lain yang perlu disiapkan adalah dokumen dan tiket perjalanan. #SGB_Family bakalan mendapat jadwal berobat, sehingga bisa membeli tiket. Siapkan dokumen pribadi seperti paspor dan file kesehatan. Jangan lupa untuk membuat salinannya dan membawanya juga. Tips lainnya adalah menempatkan surat-surat penting di tas yang mudah dijangkau. 



Mencari Tempat Tinggal Sementara

Mencari tempat menginap (unsplash.com)

Jika ternyata proses berobat di Singapura yang #SGB_Family harus dengan rawat inap, maka harus menemukan tempat tinggal untuk sementara. Setelah mementukan rumah sakit, #SGB_Family bisa mencari tempat menginap seperti hotel yang jaraknya terjangkau. 

Hal ini penting karena bakalan sering bolak-balik untuk menjaga keluarga yag sakit. Ada juga beberapa rumah sakit yang menyediakan tempat menginap untuk keluarga pasien, namun biasanya harganya jauh lebih mahal daripada hotel. 


Alasan Berobat di Singapura

Banyak dokter ahli (unsplash)

Pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi menjadi salah satu alasan terpenting untuk mencoba berobat di Singapura. Negeri Singa ini memang terus mengembangkan metode kesehatannya, termasuk pengobatan untuk penyakit kanker yang nggak ada di negara lain. 

Alasan lain adalah kualitas dokter dan staf medis yang sangat terampil. Dokter dan ahli staf di Singapura telah menjalani pelatihan berskala Internasional di Amerika Serikat dan negara Eropa Barat. Perawatan lengkap juga ditawarkan, dari kanker, transplantasi organ, bedah tulang, hingga kecantikan. 

Itulah beberapa informasi dan tips untuk berobat di Singapura. Apakah ada #SGB_Family yang berpengalaman membawa keluarga tersayang berobat di Singapura? Yuk bagi pengalamannya dengan #SGB_Team.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial