fbpx
Topik / Artikel
Tips December 18, 2019

Ini Pilihan Transportasi di Singapura, Baca Juga Caranya

Bagikan

Sebagai salah satu negara favorit untuk dikunjungi, Singapura memanjakan warga dan para wisatawannya dengan menyediakan fasilitas transportasi yang murah dan aman. #SGB_Family nggak perlu khawatir, liburan di Negeri Singa pasti nyaman. Mau ke mana pun, aksesnya sudah disediakan. Nah, agar makin cerah bayangan sebelum berangkat liburan, yuk baca dulu apa saja pilihan transportasi di Singapura dan bagaimana caranya. 

Bus

Bus di Singapura (unsplash.com)

Pilihan transportasi di Singapura yang pertama bisa dipilih adalah Bus. #SGB_Family bakalan melihat banyak halte bus atau bus stand yang berjarak sekitar 300 meter hingga 500 meter antara yang satu dengan lainnya. #SGB_Family bisa memilih turun di halte terdekat dengan destinasi. 

Ada beberapa hal yag harus diperhatikan saat memilih transportasi satu ini. Yang pertama adalah #SGB_Family harus naik dari pintu depan dan menggunakan pintu belakang saat turun dari bus. Membayar bisa digunakan dengan kartu Ez Link, jangan lupa di-tap sebelum turun sehingga potongan saldo akan sesuai dengan jarak yang ditemupuh. 

#SGB_Family juga bisa membayar dengan uang tunai. Jangan lupa menyiapkan uang pas karena sistemnya dimasukkan ke dalam kotak dan nggak diberi kembalian. Biasanya tarif bus adalah $1. 


MRT

MRT Singapura (unsplash.com)

Pilihan transportasi di Singapura lainnya yang nggak kalah nyaman adalah MRT. #SGB_Family bisa mulai naik MRT dari Bandara Changi, stasiunnya ada di Terminal 2 dan Terminal 3. Sebelum naik, coba perhatikan peta MRT yang biasanya ada di mesin tiket. Kalau mau lebih cepat, #SGB_Family bisa download saja. 

#SGB_Family bisa membeli tiket di mesin dengan pecahan uang S$ 5 atau membayarnya dengan kartu kredit. #SGB_Team menyarankan memakai EZ-Link atau Singapore Tourist Pass dengan saldo di dalamnya. Jadi lebih praktis, deh. 

Cari pintu dengan tanda anak panah hijau lalu tap kartu, tunggu sampai pintu terbuka. #SGB_Family harus mengingat harus turun di stasiun mana, pastikan teman atau keluarga yang ikut lainnya juga paham. Perlu diingat, di dalam MRT tidak diperbolehkan makan dan minum, ya. Pastikan mendahulukan orang yang keluar dari MRT untuk lewat lebih dulu. Saat di stasiun, perhatikan pintu keluar (exit) yang terdekat dengan destinasimu. 



Taksi Konvensional

Taksi Konvensional (unsplash.com)

Ada juga taksi konvensional sebagai pilihan transportasi di Singapura. Apakah aman? Aman banget, tenang saja. Bahkan pernah ada penumpang yang tak sengaja meninggalkan uangnya dalam jumlah besar, tetap bisa kembali pada sang pemilik. Naik taksi di Singapura juga nggak perlu nego, karena mereka menggunakan argo yang pas. Aturan lainnya, satu mobil taksi maksimal diisi untuk 4 orang dewasa.

Beberapa kisaran tarif, dari Changi ke Orhcard biasanya Bugis, biasanya kena S$ 19, ke Sentosa sekitar S$ 25. Harga biasanya akan naik 25% persen di jam-jam sibuk. Untuk menggunakan transportasi di Singapura jenis ini, #SGB_Family hanya perlu menghubungi operator dan bakalan ada mesin yang menjawab. #SGB_Family harus tahu kode pos posisi pemesan, lalu bakalan ada taksi yang menjemput. 

Beberapa perusahaan taksi yang bisa #SGB_Family hubungi:

  • Comfort Transportation / City Cab (65) 6552 1111
  • Premier Taxis Pte Ltd (65) 6476 8880
  • Maxi Cab (65) 6535 3534
  • SMRT Taxis (65) 6369 8888

Taksi Online

Taksi Online (unsplash.com)

Bagi #SGB_Family yang lebih suka menggunakan taksi online, nggak perlu khawatir. Ada juga kok di Singapura. Penggunaannya juga nggak jauh berbeda. Bahkan #SGB_Family bisa menggunakan aplikasi yang sama. Jika ingin membayar secara tunai, jangan lupa untuk menyiapkan uang Dollar Singapura, ya.

Ada beberapa aturan ketat. Jika sedang bersama keluarga, terutama dengan anak kecil, #SGB_Family harus memesan taksi online untuk family. Bedanya, armada transportasi di Singapura untuk keluarga ini sudah disediakan baby dan toddler seat di dalamnya. 



Nah itulah beberapa transportasi di Singapura yang bisa dipilih. Mau keliling, naik bus dan MRT bakalan lebih seru. Kalau cuma keliling di dekat hotel, taksi online bisa lebih murah. Gimana, siap liburan di Negeri Singa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial