fbpx

Kenapa Bisa Ada Little India di Singapura, Ini Sejarahnya

  • December 16, 2019
  • Dibaca 373 kali

#SGB_Family yang doyan belanja dan foto-foto pasti akrab dengan Little India. Sesuai namanya, kawasan ini dipenuhi oleh orang India, khususnya bangsa Tamil. Ada banyak hal menarik yang bisa ditelusuri di sini. Namun, apakah #SGB_Family pernah penasaran dengan sejarah Little India di Singapura? #SGB_Team udah kumpulin informasinya, nih.

Sebelum Dikenal Sebagai Little India

Little India zaman dulu (www.straitstimes.com)

Sebelum dikenal dengan nama Little India, distrik ini ternyata lebih akrab dengan nama Serangoon. Mungkin karena lokasinya yang berada di sebelah timur Singapore River, yaitu di seberang kawasan Chinatown. Berlokasi di sekitar sungai, membuat perdagangan ternak pernah menjadi bisnis yang berarti di kawasan ini. 

Sudah bukan rahasia, Singapura adalah negeri yang sangat teratur. Namun, Little India di Singapura ini lebih mirip dengan India aslinya. Hal ini termasuk dengan konstruksi jalan dan sanitasi. Tatanan daerah dan bentuk bangunannya pun juga mirip dengan kota di India. Bikin lupa kalau sedang di Singapura, kan? 


Favorit Bangsa Eropa

Little India

Little India di Singapura adalah distrik favorit Bangsa Eropa. Hal ini dikarenakan adanya pacuan kuda. Banyak yang menghabiskan waktu untuk menikmati pertunjukan kuda dan berbincang dengan koleganya. 

Seiring berjalannya waktu, distrik ini dipenuhi oleh orang India yang diperkerjakan sebagai pengurus pacuan kuda, penggembala ternak, sampai pengolahan batu bata. Meski kawasan ini tetap ramai, namun #SGB_Family sudah nggak bakalan menemukan warga yang bekerja sebagai penggembala ternak. Little India di Singapura kini lebih dikenal sebagai surga belanja dan kuliner. 


Kaya Akan Budaya

Deepavali di Little India (www.asiaone.com)

India dikenal dengan banyaknya upacara dan acara budaya. Sama halnya dengan Little India di Singapura. Segala perayaan umat Hindu, dirayakan secara besar-besaran di sini. #SGB_Family bisa memasukkan deretan kuil indah ke dalam daftar destinasi yang dituju. Salah satunya adalah Kuil Sri Veeramakaliamman. 

#SGB_Family jangan melewatkan melihat acara Deepavali (Lebarannya orang India) dari dekat. Biasanya diadakan antara bulan Oktober hingga November. Nggak perlu jauh-jauh ke India, deh.


Apa yang Bisa Dilakukan di Litle India

Kuliner di Little India (www.pergidulu.com)

Kalau dulunya dikenal dengan area yang memiliki ternak dan pacuan kuda, kini Little India di Singapura adalah destinasi untuk belanja dan jelajah kuliner. #SGB_Family bisa menemukan banyak tempat makan dengan menu India atau Timur Tengah. Cobain Indian Prata yang makin mantap dicocol dengan kari. Coba berburu kuliner di Tekka Centre, makanannya mulai S$4 saja.

Little India di Singapura juga terkenal dengan surga belanja. Tidak sedikit wisatawan yang berburu oleh-oleh murah dan unik di sini. Ada Mustafa Centre yang buka 24 jam. #SGB_Family bisa berburu barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, sampai sabun dan coklat di sini. 

Nah itu dia sejarah singkat tentang Litle India di Singapura. Nggak cuma foto-foto, #SGB_Family juga bisa berkunjung sambil mengenang kisah lamanya. Bagaimana, ada yang belum ke Litle India?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×