fbpx

Random Check di Imigrasi Singapura, Begini Cara Amannya!

  • December 10, 2019
  • Dibaca 1224 kali

Bukan rahasia kalau Singapura adalah negeri dengan seribu aturan yang ketat. Namun, karena itulah Negeri Singa ini sangat aman dan nyaman. Semuanya teratur, bikin siapapun yang datang jadi betah. Salah satu aturan yang sering terjadi adalah random check di imigrasi Singapura. Seperti namanya, kejadian ini sangat random, tidak ada waktu khusus. Agar #SGB_Family tetap aman, yuk baca informasi dari #SGB_Team di bawah ini.

Lokasi Random Check

Bandara Changi Imigrasi (israilrahmatullah.files.wordpress.com)

Sering bepergian atau bahkan berkali-kali ke Negeri Singa, bukan berarti #SGB_Family bakalan selalu lolos dari random check. Tidak ada pemberitahuan awal atau kasus khusus, pemeriksaan ini memang benar bisa terjadi kapan saja, dan menimpa siapa pun. 

Beberapa #SGB_Family mungkin ada yang pernah terkena random check imigrasi di Bandara Changi, saat berkunjung dengan menggunakan pesawat. Namun, #SGB_Family yang datang dengan kapal ferry, seperti wisatawan dari Batam pun kadang tak luput dari random check di pelabuhan. 


Penyebab Random Check

Bawa banyak barang ( corymahlke )

Namanya juga random, hal ini kadang terjadi tanpa alasan khusus. Namun, ada juga yang dilakukan karena berdekatan dengan penutupan acara besar, seperti F1 yang terjadi beberapa tahun lalu. Maka pengecekan di bandara dan pelabuhan lebih diperketat.

Alasan lain mengapa #SGB_Family bisa terkena random check imigrasi di Singapura adalah nama yang hanya satu kata. Hal ini biasanya mengundang kecurigaan tersendiri bagi para petugas imigrasi. Menggunakan pakaian yang aneh atau membawa barang yang terlalu banyak juga biasanya mengundangmu untuk diundang masuk ruang panas imigrasi 


Tips Saat Terkena Random Check

Ilustrasi Tiket (rebeccaelizabethp.wordpress.com)

Tenang saja, informasi ini juga dilengkapi tips bagaimana tetap aman saat melewati random check imigrasi di Singapura. Pertama, pastikan #SGB_Family jangan panik, ya. Kalau santai, #SGB_Family bakalan bisa menjawab semua pertanyaan petugas imigrasi dengan baik dan benar. 

Kedua, siapkan semua berkas. Di antaranya adalah tiket pulang, voucher hotel tempat menginap, kartu identitas lainnya yang penting, juga perizinan kerja atau belajar di Singapura. Ketiga, terakhir namun nggak kalah penting adalah menyiapkan kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris. Nggak ada salahnya mempelajari kalimat percakapan dasar untuk mempermudah proses tanya jawabmu. 

Nah itulah beberapa hal tentang #SGB_Family perlu tahu. Ngga ada alasan kan untuk takut berkunjung ke Negeri Singa? Jadi kapan nih angkat-angkat koper lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×