fbpx

Cicipi Dessert Khas Singapura, Rasakan Sendiri Otentiknya!

  • December 4, 2019
  • Dibaca 302 kali

Liburan di Negeri Singa nggak akan sempurna kalau belum mencicipi dessert khas Singapura. Memanjakan lidah dan perut juga bisa menjadi agenda utama saat berada di sini. Nggak cuma ice cream sandwich yang terkenal itu, masih ada banyak jajanan yang sangat menggoda untuk dicicipi langsung. Mau tahu apa saja? #SGB_Family jangan lupa catat, ya

Popiah

Popiah (sifted.halalfoodhunt.com)

Apakah #SGB_Family pernah mendengar tentang popiah? Dessert khas Singapura satu ini kalau di Indonesia dikenal dengan nama lumpia. Mirip, tapi nggak sama. Popiah memiliki kulit basah, tidak digoreng. Cara penyajiannya pun dipotong-potong, lalu dimakan dengan garpu atau sendok.

Jika di Indonesia, lumpia memiliki isian rebung, dicampur dengan daging-dagingan. Berbeda dengan popiah yang biasanya diisi dengan bengkuang . Ukurannya pun lebih besar. 

OLD LONG HOUSE POPIAH
Mulai dari $4
#01-03 Kim Keat Palm Market and Food Centre, 22 Lorong 7 Toa Payoh, 310022
Toa Payoh

Kaya Toast

Kaya Toasst (www.seriouseats.com)

Mungkin #SGB_Family bisa menemukan roti bakar di  mana pun. Namun yang disuguhkan dengan selai srikaya pilihan istimewa, paling enak dicoba langsung di Singapura. Selai terbuat dari telur, gula, santan, juga daun pandan. Nggak sedikit pula yang menjadikan jajanan ini sebagai salah satu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Singapura. 

Kaya Toast biasanya digunakan untuk sarapan. #SGB_Family juga bisa mencobanya. Salah satu merk yang bisa dituju untuk mencicipi ini adalah Ya Kun Kaya Toast yang sudah banyak cabangnya. Mampir, ya!

YA KUN KAYA TOAST
Mulai dari $2
#@United Square, 101 Thomson Rd, #B1-38
Paragon, 290 Orchard Rd, B1
Far East Square, 18 #01-01 China St, dll

Orh Nee

Orh Nee (photos.edu.pl)

#SGB_Family suka makanan manis? Nah, kalau begitu wajib coba Orh Nee. Dessert khas Singapura satu ini juga dikenal dengan nama Teochew. Merupakan pasta ubi yang biasanya banyak digunakan untuk pesta pernikahan Cina di Negeri Singa.

Makanan ini rasanya manis, karena pasta disajikan dengan sirup gula yang dimasak dengan lemak babi. Orh Nee bakalan semakin pas disantap dengan kacang dan labu. Penasaran dengan rasanya? #SGB_Family bisa mencoba di beberapa tempat. Salah satunya adalah Ren Ren Desert. 

REN REN DESSERT
Mulai dari $3
#B1-23 Siglap Centre, 55 Siglap Rd, Singapura 455871
Dakota

Tang Yuen

Tang yuen (www.thermos.com.sg)

Kalau di Indonesia, Tang Yuen dkenal dengan nama ronde. Sup hangat kacang ini juga berisi bola-bola kenyal yang diisi kacang. Namun, belakagan sudah banyak variasi baru. Selain diberi taburan wijen yang wangi, ada juga yang diberi isian green tea. Meski terlihat mirip, namun Tang Yuen sedikit berbeda dengan sup manis tradisional Cina. 

Ada banyak kios yang menjual dessert khas Singapura satu ini. Salah satunya adalah Zhen Jie Dessert.

SHEN JIE DESSERT AH BALLING
Mulai dari $4
#02-113 Amoy Street Food Centre, 7 Maxwell Road, 069111
Tanjong Pagar

Cheng Tng

Cheng Tng (therantingpanda.com)

Semangkuk kuah manis dari tebu, dengan isian kurma merah, sagu, jelly, jamur, juga kelengkeng bakalan menjadi penutup mulut yang menyegarkan. Cheng Tng adalah makanan penutup khas Cina ini merupakan persembahan klasik yang wajib diburu. Pas dinikmati saat panas, ataupun dingin. 

#SGB_Family bisa mencicipinya di tempat berikut:

AH BALLING PEANUT SOUP
Mulai dari $2
01-75, Golden Mile Food Centre, 505 Beach Road
Nicoll Highway

Itulah beberapa dessert khas Singapura yang wajib dicoba. Apakah ada lainnya yang sudah #SGB_Family coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×